Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Literasi dan Karakter Siswa Pada Tema 9 Materi Energi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pekanbaru

Suryani Suryani, Alfiah Alfiah, Mas'ud Zein, Zubaidah Amir MZ

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jarang media pembelajaran yang dilengkapi dengan permasalahan untuk mengajarkan peserta didik dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter sesuai jati diri bangsa Indonesia serta membantu peserta didik dalam meningkatkan literasi peserta didik. Maka, perlu adanya media atau multimedia pembelajaran untuk meningkatkan  literasi dan nilai-nilai karakter yang dirancang sesuai kebutuhan, potensi sumber daya dan kondisi lingkungan masing-masing peserta didik. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada atau tidaknya pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap literasi sains pada Tema 9 materi Energi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pekanbaru; 2) ada atau tidaknya pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap karakter peserta didik pada Tema 9 materi Energi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pekanbaru; dan 3) ada atau tidaknya pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap literasi sains dan karakter peserta didik pada Tema 9 materi Energi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Pretest-Postest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2019/ 2020 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pekanbaru. Data yang dikumpulkan melalui teknik tes dan angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji independent t-test dan uji Mann Whitney dengan bantuan Program SPSS versi 23.00 for Windows. Kesimpulan dari hasil penelitian: 1) ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap literasi sains pada Tema 9 materi Energi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pekanbaru. Jadi, kemampuan literasi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kemampuan literasi siswa pada kelas eksperimen; 2) ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap karakter peserta didik pada Tema 9 materi Energi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pekanbaru. Jadi, karakter siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kemampuan literasi siswa pada kelas eksperimen; dan 3) ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap literasi sains dan karakter peserta didik pada Tema 9 materi Energi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pekanbaru. Maka, literasi dan karakter siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kemampuan literasi siswa pada kelas eksperimen

Keywords


Multimedia Interaktif; Literasi Sains; Karakter Peserta Didik; Materi Energi

Full Text:

PDF

References


Abadi, P. R., & Hanif, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Blog Terhadap Prestasi Belajar IPS-Sejarah Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sukomoro Kabupaten Magetan. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 5(02), 60-98, http://doi.org/10.25273/ajsp.v5i02.887.

Aina, J. K., & Philip, Y. J. (2013). Imperative of environment in science learning. Open ScienceJournal of Education, 1(1), 1-6.

Arisman, A., & Permanasari, A. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Praktikum dan Demonstrasi Multimedia Interaktif (MMI) dalam Pembelajaran IPA Terpadu untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa, Jurnal EDUSAINS, 7(2), 179-184,

https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1676

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital: Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

Darmawa, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Darmawan, D. (2013). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Gunawan, G., Harjono, A., & Imran, I. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 118-125,

https://doi.org/10.15294/jpfi.v12i2.5018.

Hanim, F., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 752-757, http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6246.

Herlinah, H. (2014). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada STMIK Handayani Makassar. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 18(3), 241-253.

Johansyah, J. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Islam; Kajian dari Aspek Metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 85-103.

Joyce E. A Russel. (2012). Human Research Management AN Ekperimental Approch Internasional Edition. Singapore: Mc Graw Hill Inc.

Kusnandar. (2007). Guru Profesional Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo.

Latip, A., & Permanasari, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa SMP Pada Tema Teknologi. Edusains, 7(2), 160-171, https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1761.

Mansur, M. (2011). Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Akasara.

Mardianto. (2014). Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Massey, S. R. (2015). The Multidimensionality of Children's Picture Books for Upper Grades. English Journal, 104(5), 45-58.

McLuckie, J., Rodrigues, S., Taylor, N., & Williamson, G. (2007). Scientific Literacy, E-Literacy and Illiteracy: The Interaction between Two Pupils and One Simulation. Science Education International, 18(1), 5-14.

Muhtadi, A. (2006). Penanaman nilai-nilai agama islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1, 50-61.

Mukhibat, M. (2012). Reinventing nilai-nilai Islam, budaya, dan Pancasila dalam pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 247-265, https://doi.org/10.14421/jpi.2012.12.247-265.

Nair, S. M., & Sinasamy, R. P. (2017). Patriotism among Secondary School Students and Its Relationship with their Interests towards Learning History. Asian Journal of Education and Training, 3(2), 110-117, http://10.20448/journal.522.2017.32.110.117

Nasution, L. H. (2013). Analisis Literasi Informasi Pengguna Perpustakaan Universitas Sumatera Utara. Disertasi, tidak diterbitkan, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Cetakan keduabelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Nuzulia, I. F. (2015). Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Integral di Kelas Xii MAN Darussalam Aceh Besar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Peluang, 4(1), 73-81.

Prabowo, A., & Sidi, P. (2010, November). Memahat Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. In Proceeding of The 4th International Conference on Teacher Education: Join Conference UPI & UPSI Bandung, 4, 165-177.

Reddi, U. V., & Mishra, S. (2003). Educational multimedia. A handbook for teacher-developers. New Delhi: CEMCA.

Romdhoni. (2013). Al Qur’an dan Literasi. Jakarta: Literatur Nusantara.

Rukiyati, R., Sutarini, Y. C. N., & Priyoyuwono, P. (2014). Penanaman nilai karakter tanggung jawab dan kerja sama terintegrasi dalam perkuliahan ilmu pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, (2), 213-224, https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2797

Rusman, D. K., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rajawali Pers.

Setyawan, I. A., & Pd, S. (2018). Kupas Tuntas Jenis dan Pengertian Literasi. Gurudigital. id. Yogyakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardjo. (2006). Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154-163, http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195.

Syahbrudin, J. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter sebagai upaya Peningkatan Nilai-Nilai Karakter dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Computer Engineering, Science and System Journal, 3(1), 7-13, https://doi.org/10.24114/cess.v3i1.8322.

Taufiq, T., & Masitoh, M. (2011). Efektivitas Pembelajaran IPA Kelas Tinggi Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru SD, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA Universitas Lampung, 1-13.

Wells, G. (1987). Apprenticeship in literacy. Interchange, 18(1-2), 109-123.

Winarno, A. (2009). Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran Panduan Lengkap Untuk Pendidik den Praktisi Pendidikan. Jakarta: Genius Prima Media.

Yanti, C. O. D., Anggraini, F., & Darwanto, D. (2019). Media Pembelajaran Matematika Interaktif Dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Siswa, Prosiding SEMNASFIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cirendeu, 201-206.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i2.11792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.