Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Literasi dan Karakter Siswa Pada Tema 9 Materi Energi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pekanbaru
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abadi, P. R., & Hanif, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Blog Terhadap Prestasi Belajar IPS-Sejarah Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sukomoro Kabupaten Magetan. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 5(02), 60-98, http://doi.org/10.25273/ajsp.v5i02.887.
Aina, J. K., & Philip, Y. J. (2013). Imperative of environment in science learning. Open ScienceJournal of Education, 1(1), 1-6.
Arisman, A., & Permanasari, A. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Praktikum dan Demonstrasi Multimedia Interaktif (MMI) dalam Pembelajaran IPA Terpadu untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa, Jurnal EDUSAINS, 7(2), 179-184,
https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1676
Binanto, I. (2010). Multimedia Digital: Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.
Darmawa, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Darmawan, D. (2013). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Gunawan, G., Harjono, A., & Imran, I. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 118-125,
https://doi.org/10.15294/jpfi.v12i2.5018.
Hanim, F., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 752-757, http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6246.
Herlinah, H. (2014). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada STMIK Handayani Makassar. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 18(3), 241-253.
Johansyah, J. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Islam; Kajian dari Aspek Metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 85-103.
Joyce E. A Russel. (2012). Human Research Management AN Ekperimental Approch Internasional Edition. Singapore: Mc Graw Hill Inc.
Kusnandar. (2007). Guru Profesional Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo.
Latip, A., & Permanasari, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa SMP Pada Tema Teknologi. Edusains, 7(2), 160-171, https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1761.
Mansur, M. (2011). Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Akasara.
Mardianto. (2014). Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Massey, S. R. (2015). The Multidimensionality of Children's Picture Books for Upper Grades. English Journal, 104(5), 45-58.
McLuckie, J., Rodrigues, S., Taylor, N., & Williamson, G. (2007). Scientific Literacy, E-Literacy and Illiteracy: The Interaction between Two Pupils and One Simulation. Science Education International, 18(1), 5-14.
Muhtadi, A. (2006). Penanaman nilai-nilai agama islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1, 50-61.
Mukhibat, M. (2012). Reinventing nilai-nilai Islam, budaya, dan Pancasila dalam pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 247-265, https://doi.org/10.14421/jpi.2012.12.247-265.
Nair, S. M., & Sinasamy, R. P. (2017). Patriotism among Secondary School Students and Its Relationship with their Interests towards Learning History. Asian Journal of Education and Training, 3(2), 110-117, http://10.20448/journal.522.2017.32.110.117
Nasution, L. H. (2013). Analisis Literasi Informasi Pengguna Perpustakaan Universitas Sumatera Utara. Disertasi, tidak diterbitkan, Universitas Sumatera Utara, Medan.
Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Cetakan keduabelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Nuzulia, I. F. (2015). Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Integral di Kelas Xii MAN Darussalam Aceh Besar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Peluang, 4(1), 73-81.
Prabowo, A., & Sidi, P. (2010, November). Memahat Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. In Proceeding of The 4th International Conference on Teacher Education: Join Conference UPI & UPSI Bandung, 4, 165-177.
Reddi, U. V., & Mishra, S. (2003). Educational multimedia. A handbook for teacher-developers. New Delhi: CEMCA.
Romdhoni. (2013). Al Qur’an dan Literasi. Jakarta: Literatur Nusantara.
Rukiyati, R., Sutarini, Y. C. N., & Priyoyuwono, P. (2014). Penanaman nilai karakter tanggung jawab dan kerja sama terintegrasi dalam perkuliahan ilmu pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, (2), 213-224, https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2797
Rusman, D. K., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rajawali Pers.
Setyawan, I. A., & Pd, S. (2018). Kupas Tuntas Jenis dan Pengertian Literasi. Gurudigital. id. Yogyakarta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhardjo. (2006). Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154-163, http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195.
Syahbrudin, J. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter sebagai upaya Peningkatan Nilai-Nilai Karakter dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Computer Engineering, Science and System Journal, 3(1), 7-13, https://doi.org/10.24114/cess.v3i1.8322.
Taufiq, T., & Masitoh, M. (2011). Efektivitas Pembelajaran IPA Kelas Tinggi Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru SD, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA Universitas Lampung, 1-13.
Wells, G. (1987). Apprenticeship in literacy. Interchange, 18(1-2), 109-123.
Winarno, A. (2009). Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran Panduan Lengkap Untuk Pendidik den Praktisi Pendidikan. Jakarta: Genius Prima Media.
Yanti, C. O. D., Anggraini, F., & Darwanto, D. (2019). Media Pembelajaran Matematika Interaktif Dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Siswa, Prosiding SEMNASFIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cirendeu, 201-206.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i2.11792
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.