Urgensi Pendidikan Multikultural, Pendidikan Segregasi dan Pendidikan Inklusi di Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Maksum dan Luluk Yunan Ruhendi, Paradigma pendidikan Universal di Era Modern dan Post-Modernisme, Yogyakarta: IRCiSod, 2004.
D.J. Skeel, Elementary Social Studies: Challenge for Tomorrow’s World, New York: Harcount Brce College Publishers, 1995.
Driyarkara, Tentang Pendidikan, Jakarta: Kanisius 1980.
H.A.R. Tilaar, Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional, Jakarta: Grasindo.2004.
James Banks, Multiethnic Education: Theory and Practice, 3rd ed. Boston; Allyn and Boston, 1994.
James Banks, Teaching Strategies For Ethnic Studies, Newton: Allyn and Bacon, 1984.
M. Ainul Yaqin, Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, (Yogyakarta: Pilar Media, 2005), hlm. 3. Lihat juga Ainurrofiq Dawam, EMOH” Sekolah: Menolak “Komersialisasi Pendidikan” dan “Kanibalisme Intelektual” Menuju Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Inspeal Ahimsakarya Press, 2003..
Maslikhah, Quo Vadis Pendidikan Multikultural: Reconstruksi Sistem Pendidikan berbasis Kebangsaan, Surabaya: JP Books,. 2007.
Mulyono Abdurrahman, “Landasan Pendidikan Inklusi dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan LPTK”, Makalah dalam Pelatihan Buku Ajar bagi Dosen Jurusan PLB, Yogyakarta, 26 Agustus 2002.
Parsudi Suparlan, “Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural,” Makalah. Disampaikan pada Simposium Internasional Bali ke-3, Jurnal Antropologi Indonesia, Denpasar Bali, 16-21 Juli 2002.
Pernyataan Salamanca Konferensi Dunia Tentang Pendidikan Anak Berkelainan, 1994.
Sunardi, Pelayanan Pendidikan Medis dan Sosial Bagi Semua Penyandamng Cacat Secara Terpadu (Surakarta: Lembaga Penelitian UNS, UNS Press, 2002.
Sopan-Shevin, M., ”Why Gifted Students Belong in the Inclusive Schools”, Educational Leadership, 1995.
Stoub, D. dan Peck C.A., ”What are the Outcame for Non Disable Student?”, Educational Leadership, 1995.
Tien Supartinah, Psikologi Anak Luar Biasa Surakarta: UNS Press, 1995.
Will, Kymlicka, “Mitsunderstanding Nationalism” dalam Theorizing Nationalism, ed. R. Beiner, Albany: State University of New York, 1999.
Zahara Idris, Dasar-dasar Kependidikan, Padang: Angkasa Raya. 1987.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i3.11776
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.