Upaya Implementasi Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Arinta Indah Ramadhani, Rian Vebrianto, Abu Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk menjabarkan upaya implementasi integrasi nilai Islam dan sains pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini yakni pencarian literatur baik artikel dan jurnal internasional maupaun nasional terkait upaya pengintegrasian nilai-nilai islam dalam pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif, dengan harapan data yang diperoleh dapat komperhensif dan mendalam. Beberapa langkah yang dilakukan diantaranya mengumpulkan literatur, membaca dan mencatat kemudian membandingkan literatur untuk kemudian diolah dan menghasilkan kesimpulan. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berasal dari textbook, jurnal, artikel ilmiah, literature review yang berisikan tentang konsep yang diteliti. Hasil penelitian yang diperoleh adalah guru Madrasah Ibtidaiyah dapat melakukan upaya implementasi integrasi nilai Islam dan IPA pada materi, metode, kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran

Keywords


Integrasi; Nilai Islam; Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agus, P. (2012). Nalar Ayat-ayat Semesta: Menjadikan Al-Quran basis konstruksi Ilmu Pengetahuan. Bandung; Mizan Pustaka.

Ali, M., & Luluk, Y. R. (2004). Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post Modern. Mencari Visi Baru atas Realitas Baru Pendidikan Kita. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Atmadi, A., & Setiyaningsih, Y. (2000). Transformasi Pendidikan Memasuki Milenium Ketiga. Yogyakarta: Kanisius.

Bagir, Z., A. (2010). Integrasi Imu dan Agama. Bandung: Mizan Pustaka.

Darmadji, A. (2014). Ranah Afektif Dalam Evaluasi Pendidikan Agama Islam, Penting Tapi Sering Terabaikan. EL TARBAWI, 8(1), 13-25.

Daud, M. N. W. (2003). Budaya ilmu: Satu penjelasan. Singapura: Pustaka Nasional Pte. Ltd.

Djazari, M., & Sagoro, E. M. (2011). Evaluasi prestasi belajar mahasiswa Program Kelanjutan Studi Jurusan Pendidikan Akuntansi ditinjau dari IPK D3 dan asal perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9(2).

Drajat, Z. (1984). Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Hadiningsih, E. R. (2009). Keefektifan metode penemuan terbimbing dan metode pemberian tugas terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas 8 Sekolah menengah pertama negeri Di kecamatan ngawi kabupaten ngawi Tahun pelajaran 2008/2009 (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University).

Hartono. (2011). Pendidikan Integratif. Purwokerto: STAIN Press.

Hasanah, N. (2015). Dampak Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di Kota Salatiga. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 445-466.

Hayati, M., Nurhasnawati. (2014). Desan Pembelajaran. Pekanbaru: CV. Mutiara Sumatra.

Hidayat, F. (2015). Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu: Harmonisasi Islam dan Sains dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 299. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.42.299-318

Husaini, A. (2005). Wajah Peradaban Barat: dari Hegemoni Kristen ke Dominasi Sekular Liberal. Jakarta: Gema Insani Press.

Hornby, A. S., & Cowie, A. P. (1994). Oxford advanced learner's dictionary (Vol. 1430). Oxford: Oxford university press.

Jamaluddin. (2015). Pembelajaran Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kartanegara, M. (2007). Mengislamkan Nalar: Sebuah Respons terhadap Modernitas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Khoirudin, A. (2017). Sains Islam berbasis nalar ayat-ayat semesta. At-Ta'dib, 12(1), 195-217.

Kholifah, N. (2018). Menanamkan Nilai-Nilai Religius (Agama) Dalam Pembelajaran Ipa (Sains) di Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding, STITNU Al Hikmah Mojokerto.

Laurenty, F., Rahmad, M., & Yennita. (2018). Application of Learning by Science Integration and Religion Approach to Increase Students Motivation Physics Learning. Physics Education Study Program University of Riau University of Riau, 1–9.

Markaban. (2006). Model Pembelajaran IPA. Dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta. Depdiknas Pusat pengembangan dan Penataran Guru IPA.

Mas’ud, A. (2002). Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik; Humanisme Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Gama Media.

Mulyadi, K. (2005). Integrasi Ilmu Sebuah Rekonstruksi Holistic. Bandung: Mizan.

Muspiroh, N. (2016). Integrasi nilai islam dalam pembelajaran IPA (perspektif pendidikan islam). Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, 28(3), 484-498.

Mustaqim, M. (2015). Pengilmuan Islam dan Problem Dikotomi Pendidikan. Jurnal Penelitian, 9(2), 255. https://doi.org/10.21043/jupe.v9i2.1321

Nisa, A. Z. A. L. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMA Islam Teladan (IT) Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto (Doctoral dissertation, IAIN).

Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Putro, H. P. W. dan W. D. (2019). Tantangan Metode Penelitian Interdisipliner Dalam Pendidikan Hukum Indonesia. Fakultas Hukum, Universitas Airlangga, 31, 402–418.

Rahman, M. H. (2020). Analisis Ranah Psikomotor Kompetensi Dasar Teknik Pengukuran Tanah Kurikulum SMK Teknik Konstruksi dan Properti. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(1), 53-63.

Ramadanti, E. C. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1053-1062.

Sanusi, A. (2015). Sistem Nilai. Bandung: Nuansa Cendikia.

Saripudin, P. (2018). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Sains (IPA) di Sekolah Dasar Negeri Sadamantra Kuningan. Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(2), 48.

Sumantri, E. (2007). Pendidikan Nilai Kontemporer. Bandung: Program studi PU UPI.

Sunhaji. (2016). Pembelajaran Tematik Integratif Pendidikan Agama Islam dengan Sains. Yogyakarta: Pustaka Senja.

Suwarna. (2002a). Pendidikan Budi Pekerti melalui Strategi Belajar Mandiri. Makalah Seminar.

Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1).

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Zain, Z., & Vebrianto, R. (2017). Integrasi Keilmuan Sains Dan Islam Dalam Proses Pembelajaran Rumpun IPA. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (SNTIKI) 9, 18–19.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i3.11727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.