Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Darul Ulum Kabupaten Kubu Raya

Muhamad Tisna Nugraha, Andewi Suhartini, Nurwadjah Ahmad EQ, Anwar Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada pesantren khalaf. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan pelaksanaan pendidikan karakter yang berlaku di pondok pesantren khalaf. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain penelitiannya berupa studi kepustakaan (library research). Sedangkan untuk instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan datanya adalah berupa dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter yang dikembangkan di pondok pesantren khalaf terdiri atas 18 nilai-nilai karakter, antara lain:1) religius, 2) jujur, 3) toleransi, 4) disiplin, 5) kerja keras, 6) kreatif, 7) mandiri, 8) demokratis, 9) rasa ingin tahu, 10) semangat kebersamaan, 11) cinta tanah air, 12) menghargai prestasi, 13) bersahabat atau komunikatif, 14) cinta damai, 15) gemar membaca, 16) peduli lingkungan, 17) peduli sosial, dan 18) tanggungjawab. Sedangkan untuk pelaksanaannya dilakukan melalui proses pengajian dan kultur budaya pesantren Selain itu, pendidikan karakter di pondok pesantren khalaf dilakukan melalui proses pembelajaran dan pengembangan diri baik yang terdapat dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.


Keywords


Pendidikan Karakter & Pesantren Khalaf

Full Text:

PDF

References


Fauzan. 2017. Urgensi Kurikulum Integrasi di Pondok Pesantren dalam Membentuk Manusia Berkualitas. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/3097. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen. Vol. 6, No. 2.

Gatot Krisdiyanto, Mufklikha, Elly Elvina Sahara & Chairul Mahfud. 2019. Sistem Pendidikan Pesantren dan Tantangan Modernitas. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/337. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 15. No. 1.

Husna Nashihin. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Semarang: CV. Pilar Nusantara Semarang.

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 117 tahun 2014 tentang Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah.

Mujamil Qomar. 2007. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Muhamad Tisna Nugraha. 2015. Revitalisasi Pendidikan Akhlak Mulia dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa di Perguruan Tinggi Agama Islam. http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/raheema/article/view/531. Raheema. Vol 2. No. 2.

Muhamad Tisna Nugraha. 2019. Rekonsiliasi Nilai-Nilai Kepahlawanan serta Internalisasinya dalam Pendidikan Islam. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/article/view/2371. Vol. 8, No. 2.

Muhamad Tisna Nugraha. 2019. Sejarah Pendidikan Islam: Memahami Kemajuan Peradaban Islam Klasik hingga Modern. Yogyakarta: Diandra.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.

Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Rihlatu; Khoiriyah, Ali Imron, Ahmad Munif & Lathifah Munawaroh. 2017. Penguatan Kampung Santri Untuk Pengembangan Masyarakat Sadar Hukum di Wilayah Mangkang Kota Semarang. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/dimas/article/view/2429. Dimas. Vol. 17. No. 2.

Rusydi Syahara. 2001. Krisis Moral dan Krisis Identitas: Kendala dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi.Simposium dan Lokakarya Internasional II: Globalisasi dan Kebudayaan Lokal: Suatu Dialektika Menuju Indonesia Baru. Padang: Universitas Andalas.

Samsudin. 2019. Tantangan Lembaga Pendidikan Pesantren di Era Disrupsi. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/cois. Proceeding Conference on Islamic Studies. Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University Semarang.

Sukiyat. 2020. Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren.

Yulia Citra. 2012. Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/795/666. Vol 1, no 1. 23.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i3.11294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.