Hubungan antara Komitmen Organisasi dan Budaya Organisasi dengan Kinerja Guru SD Metta Maitreya Pekanbaru

Yadi Sutikno, Sonika Sonika, Rida Jelita

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja guru SD Metta Maitreya masih tergolong belum professional, dipeorleh nilai di bawah KKM, dan kurangnya komitmen organisasi guru terhadap sekolah, serta kurangnya tanggungjawab guru dalam bekerja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komitmen organisasi dan budaya organisasi dengan kinerja guru SD Metta Maitreya Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi penelitian adalah 24 guru SD Metta Maitreya Pekanbaru sehingga sampelnya 24 orang. Instrumen pengumpulan data berbentuk kuisioner atau angket. Angket kinerja, komitmen organisasi, dan budaya organisasi sudah diuji validitas dan reliabilitas. Pengujian normalitas data dilakukan dengan uji Kolmogorov Smirnov. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi ganda dengan menggunakan taraf α = 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Komitmen Organisasi (X1) dan Budaya Organisasi (X2) dengan Kinerja Guru (Y) secara bersama-sama dengan persamaan regresi Y ̂  = 81,388 + 0,295X1 + 0,466X2, koefesien korelasi sebesar 0,570. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk perbaikan kinerja, komitmen organisasi dan budaya organisasi SD Metta Maitreya Pekanbaru. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja dapat ditingkatkan melalui peningkatan komitmen organisasi dan budaya organisasi secara simultan.


Keywords


Komitmen Organisasi, Budaya Organisasi, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Wijaya, C., & Rifa'I, M. (Ed). 2016. Dasar-Dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing.

Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hayati, R., Arafat, Y., & Sari, A. P. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2).

Farid, A., Haerani, S., Hamid, N., & Reni, A. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas di Makassar. Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 2(2), 89-99.

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 17(02).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi 2010). Jakarta: Rineka Cipta.

Armstrong, M. (1994). Performance management key strategies and practical guidelines. Saxon Graphics Ltd, Derby.

Atmazaki. (2013). Penilaian Alternatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: UNP Press.

Colquitt, J., Lepine, J. A., Wesson, M. J., & Gellatly, I. R. (2011). Organizational behavior: Improving performance and commitment in the workplace (Vol. 375). New York, NY: McGraw-Hill Irwin.

Fithri, F. (2018). Hubungan antara Budaya Organisasi dengan Kinerja Guru di MTs Negeri 1 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Irawan, P. (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: STIA LAN Press.

George, J. M., Jones, G. R., & Sharbrough, W. C. (2005). Understanding and managing organizational behavior. Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.

Luthans, F. (2002). Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Company.

Mangkunegara, A. P., & Prabu, A. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Meyer, J. P., & Allen, N. J. (1997). Commitment in the workplace: Theory, research, and application. Sage.

Mishan. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Sibolga. Jurnal Bisnis dan Manajemen Eksekutif, Vol. 1 No. 2.

Muliyardi. (2002). Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: FMIPA UNP.

Mutmainah, E. A. T. (2013). Noermijati. 2013 “. Organizational Culture, Leadership Style Influence on Organizational Commitment and Performance of Teachers.”. International Journal of Business and Behavioral Sciences, 3(10), 54-65.

Nawawi, H. (2006). Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nugroho, A. P., & Haryanto, A. T. (2019). The Role of Job Characteristics and Professional Commitment to Tenure and Performance (Study of Teachers in Public High Schools in Solo Raya). Journal of Indonesian Science Economic Research, 1(1), 26-31.

Pasolong, H. (2008). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasinal No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putriana, L., Umar, H., & Riady, H. (2015). The impact of organizational culture on job satisfaction, organizational Commitment and job Performance: Study on Japanese Motorcycle Companies in Indonesia. Int J Edu Res, 3, 103-14.

Rees, D., & McBain, R. (2007). People Management: Teori dan Strategi (Tantangan dan Peluang). Jakarta: Penerbit Kencana, Terjemahan.

Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Schuler, R. S., & Jackson, S. E. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia Menghadapi Abad ke 21. Jakarta: Erlangga.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Razak, A. (2008). Riset Pengajaran: Deskripsi, Eksposisi, dan Argumentasi. Pekanbaru: Autografika.

Wahyuni, D. U., Christiananta, B., & Eliyana, A. (2014). Influence of organizational commitment, transactional leadership, and servant leadership to the work motivation, work satisfaction and work performance of teachers at private senior high schools in Surabaya. Educational Research International, 3(2), 82-96.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Wirawan. (2007). Budaya dan Iklim Organisasi: Teori dan Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Wirawan. (2014). Kepemimpinan , Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2001). Organizational Behavior, 9th Edition. Halida, Sartika, D.(penerjemah). Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i3.10873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.