DAKWAH DINAMIS DI ERA MODERN (Pendekatan Manajemen Dakwah)

NUR ALHIDAYATILLAH

Abstract


Dakwah dinamis merupakan kegiatan dakwah yang dilakukan dengan penuh semangat, menyesuaikan dengan kondisi atau permasalahan yang terjadi dalam masyarakat. Dakwah dinamis tidak bersifat statis karena persoalan umat saat ini begitu kompleks. Dakwah dinamis bisa dilakukan dengan memanfaatkan media teknologi dan informasi yang mendominasi kegiatan manusia saat ini. Dakwah dinamis dilakukan dengan melihat keadaan masyarakat yang sebenar-benarnya (berdasarkan kondisi yang nyata) dan mencari metode baru yang lebih menarik dan tepat untuk dilakukan dalam kegiatan dakwah. Dakwah dinamis merupakan kegiatan yang mendorong pencapaian kemajuan dunia namun tetap berlandaskan agama. Dakwah bukan hanya mengaji, tetapi juga berkaitan dengan kebutuhan hidup duniawi dan bisa memanfaatkan teknologi sebagai media dalam berdakwah. Dakwah juga bertujuan untuk menyiapkan umat yang sejahtera secara duniawi, sekaligus memiliki moralitas agama.


Keywords


Dakwah Dinamis, Era Modern, Manajemen Dakwah

Full Text:

PDF

References


Asep Muhidin, Dakwah Dalam Perspektif Al-Qura’an: Studi Kritis Atas Visi, Misi Dan Wawasan, (Bandung: Pustaka Setia, 2002).

Ali Alatas, Tatanan Politik Dunia Abad 21” Dalam Indonesia Abad 21; Di Tengah Kepungan Perubahan Global, Jakarta: Kompas, 2000.

Awis Karni, Dakwah Islam dan Dinamika Masyarakat, Padang: The Minangkabau Fundation, 2005.

Asmuni Syukir, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, 1983.

Bukhari, Dakwah Humanis Dengan Pendekatan Sosiologis-Antropologis, Jurnal Al-Hikmah 4, 2012.

Didin Hafidhuddin, Dakwah Aktual, Jakarta: Gema Insani Pres, 2000.

Edy Suandi Hamid, et al, Rekonstruksi Gerakan Muhammadiyah Pada Era Multi Peradaban, Cet. I; Yogyakarta: UII Press, 2000.

Elly M. Setiadi, et, al, Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar Edisi Ke Dua, Jakarta: Kencana, 2010.

Hadis Arbain Annawawi No 34. Digital Versi 10.

Jalaluddin Rahmat, Islam Aktual, Cet. IX; Bandung: Mizan, 1996.

-----------------------. Ilmu Dakwah Dan Kaitannya Dengan Ilmu-Ilmu Lain, Semarang, Seminar, 1990.

Haedar Nashir, “Pendekatan Budaya Dalam Dakwah”, Majalah Bingkai: 25 Rabiulawal-9 Rabiulakhir 1432 H.

Mas’oed Abidin, Problematika Dakwah Hari Ini dan Esok, Padang: Pustaka Mimbar Minang, 2008.

Muhammad Harfin Zuhdi, Dakwah Dan Dialektika Akulturasi Budaya, Jurnal: Religia, April 2012, Vol. 15 No. 1.

Muslim, Shahih Muslim, Juz 1. Bab Iman

Syulrianto, Dakwah Kultural: Kasus Penyebaran Islam Di Jawa, Fakultas Dakwah IAIN Sunan Kalijaga: Jurnal Dakwah No, 4 Januari-Juni 2002.

Soerjanto Poespowardojo “Pengertian Local Genius Dan Relevansinya Dalam Modernisasi” Dalam Kepribadian Budaya Bangsa (Local Genius), Ayotrohaedi (Ed.) Jakarta: Pustaka Jaya, 1986.

Piotr Sztompka, Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: Prenada Media, 2004.

Yasraf Amir Pialiang, Sebuah Dunia Yang Dilipat; Realitas Kebudayaan Menjelang Millenium Ketiga dan Matinya Posmodernism, Bandung: Mizan, 1998.

Kmkm Media, Edisi No.39. Tahun X. November 1995 M. /Jumadil Akhir 1416 H.

http://Kompasiana.com, Kegiatan Dakwah di Lokalisasi oleh KH. Khoiron Syu’aeb, 17 Juni 2015 06:03:40, diunduh 20 Desember 2015, 06.30 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v41i2.4658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board :

LPPM Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. HR. Soebrantas KM. 15,5 Panam - Pekanbaru

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/index

Creative Commons LicenseAn-Nida by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats