The Reform Movement of KH. Wahid Hasyim: Da’wah Management and the Transformation of Islamic Education in Indonesia

M. Fahmi Ashari, Derysmono Derysmono, Muhammad Rozan Fikri

Abstract


KH. Wahid Hasyim was a key figure in the reform of Islamic education and da’wah management in Indonesia. This study aims to explore the reform movement of KH. Wahid Hasyim in the context of da’wah management and the transformation of Islamic education in Indonesia. This research employs a qualitative approach by analyzing various literature sources on the educational and managerial policies introduced by KH. Wahid Hasyim, as well as his contributions to the modernization of pesantren. The findings indicate that KH. Wahid Hasyim implemented modern management principles in the administration of Islamic education and da’wah. He integrated religious education with general knowledge, such as foreign languages, to equip students with the necessary skills to face contemporary challenges. The reforms carried out at Madrasah Nizamiyah, including curriculum modifications and teaching method improvements, led pesantren toward a more modern educational system that aligns with societal needs. His policies, such as mandating religious education in public schools, reflect his commitment to the advancement of Islamic education in Indonesia. KH. Wahid Hasyim’s contributions to Islamic education can also be seen in his efforts to develop educational institutions, such as LP Ma'arif NU, which now oversees more than 6,000 educational institutions across Indonesia. With an inclusive approach rooted in the values of tolerance, his educational reforms not only emphasized academic excellence but also focused on character development, preparing students to navigate global challenges.


Abstrak: KH. Wahid Hasyim merupakan salah satu tokoh penting dalam pembaharuan pendidikan Islam dan manajemen dakwah di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali gerakan pembaharuan KH. Wahid Hasyim dalam konteks manajemen dakwah dan transformasi pendidikan Islam di Indonesia yang diusungnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis berbagai sumber kepustakaan mengenai kebijakan pendidikan dan manajerial yang diperkenalkan oleh KH. Wahid Hasyim, serta bagaimana kontribusinya dalam modernisasi pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KH. Wahid Hasyim menerapkan prinsip-prinsip manajemen modern dalam pengelolaan pendidikan Islam dan dakwah. Wahid mengintegrasikan pendidikan agama dengan pengetahuan umum, seperti bahasa asing, untuk mempersiapkan santri menghadapi tantangan zaman. Pembaharuan yang dilakukan di Madrasah Nizamiyah, termasuk perubahan kurikulum dan metode pengajaran, membawa pesantren menuju pendidikan yang lebih modern dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Kebijakan-kebijakan yang diterapkan, seperti mewajibkan pendidikan agama di sekolah umum, menunjukkan komitmennya terhadap perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. Kontribusi KH. Wahid Hasyim dalam dunia pendidikan Islam dapat dilihat melalui upayanya dalam mengembangkan lembaga pendidikan, seperti LP Ma’arif NU, yang kini memiliki lebih dari 6000 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia. Dengan pendekatan inklusif dan berbasis pada nilai-nilai toleransi, pendidikan yang dibentuk tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter yang dapat menghadapi tantangan global.


Keywords


Reform movement; KH. Wahid Hasyim; Da’wah management; Transformation of Islamic education.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Saebani, Beni, and Hasan Basri. Ilmu Pendidikan Islam. 3rd ed. Bandung: Pustaka Setia, 2016.

Akbar, Aulia, and Arman Adiviani Bahari. “Kontribusi Gagasan Wahid Hasyim Dan Fatimah Mernisi Terhadap Rekontruksi Pendidikan Agama Islam.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 6, no. 5 (2024)

Al Qasam, Arvaddin Hamasy. “Peran Wahid Hasyim Dalam Pendidikan Islam : Pembaharuan Pesantren Sampai Kelahiran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.” Sai Bumi: Jurnal Loka Diklat Keagamaan 1, no. 2 (2023)

Atjeh, Aboebakar. Sejarah Hidup KH. A. Wahid Hasyim. Jombang: Pustaka Tebuireng, 2015.

Bruinessen, Martin Van. Kitab Kuning Pesantren Dan Tarekat : Tradisi-Tradisi Islam Di Indonesia. Bandung: Mizan, 1995.

Daulay, Saripuddin, and Rasyid Anwar Dalimunthe. “Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia (Komparasi Pengalaman Organisasi Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama).” Fitrah: Journal of Islamic Education 2, no. 2 (December 30, 2021)

Dea, Leli Fertiliana, M. Saidun Anwar, Choirudin Choirudin, Muhammad Yusuf, and Apri Wahyudi. “Building Early Childhood Character through KH. Wahid Hasyim Education Model at RA Ma’arif Metro.” Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak 6, no. 2 (December 31, 2020)

Fadhilah, Asyifa Nur, Agus Mulyana, and Andi Suwirta. “Peranan K . H . Abdul Wahid Hasyim Dalam Pembaharuan Pendidikan Islam Di Pesantren.” INSANCITA: Journal of Islamic Studies in Indonesia and Southeast Asia 5, no. 1 (2020)

Fadillah, Muti’ah, and Resti Okvani Kartika. “Pendidikan Holistik Islam Perspektif KH . Abdul Wahid.” Bustanul Ulum Journal of Islamic Education 2, no. 1 (2024).

Firdaus, Aisyah, Azizah Hanum O. K, and Usiono Usiono. “Eksplorasi Wawasan Pedagogis KH. Abdul Wahid Hasyim: Tinjauan Sistematis Terhadap Literatur Pendidikan.” Journal of Comprehensive Science (JCS) 3, no. 11 (November 18, 2024)

Hamdy, Muhammad Kholis. “Peran LP Ma’arif Nahdlatul Ulama bidang pendidikan; perspetkif ilmu kesejahteraan sosial” (2009). Accessed March 4, 2025. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/27573.

Haq, Samsul, and Maragustam Siregar. “Konsep Peserta Didik Dalam Pemikiran Abdul Wahid Hasyim.” Shaf: Jurnal Sejarah, Pemikiran dan Tasawuf 2, no. 1 (2024).

Hasibuan, Mara Ongku. “Wahid Hasyim Dan Toleransi Beragama Dalam Piagam Jakarta 22 Juni 1945.” Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam 2, no. 2 (2021)

Khairiyah, Yustifa Tariful Mujiana. “Peran K.H. Abdul Wahid Hasyim Dalam Pendidikan Dan Pengaruhnya Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan 2, no. 1 (2022)

Khoir, Mulyanto Abdulloh, Aulia Arsinta, and Ikke Fitriana Nugrahini. “Kontribusi KH. Abdul Wahid Hasyim Dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal Al-Abshor: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 3 (2024)

Masyhuri, Aziz. Hasil Keagamaan Nahdhatul Ulama. Surabaya, 1997.

Mpayang, Putri Rizki, Aulia Novemy, and Dhita Surbakti Anggi. “Peran Wahid Hasyim Dalam Pendidikan Nahdlatul Ulama Di Indonesia Pada Tahun 1940-1949.” FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah 9, no. 1 (2020)

Mughni, Syafiq Akhmad. “Pemikiran K.H. Abdul Wahid Hasyim Tentang Pembaharuan Pendidikan Islam.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2013.

Mukhlison Effendi, and Sulistyorini. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Di Lembaga Pendidikan Islam.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 2, no. 1 (2021)

Munir, Muhammad, and Wahyu Ilaihi. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana, 2021.

Musaropah, Umi. “Pendidikan Kebangsaan Dalam Pesantren Perspektif Abdul Wahid Hasyim.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-IIlmu Keislaman 9, no. 1 (2019)

Muvid, Muhamad Basyrul. “The Modernization of Madrasah in the Millenial Era of KH Abdul Wahid Hasyim Perspective.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 32, no. 2 (July 25, 2021)

Nasrullah, Bahaking Rama, and Andi Achruh. “Nahdlatul Ulama, Tokoh Dan Kegiatannya Dalam Dunia Pendidikan.” Nizam: Jurnal Islampedia 2, no. 1 (2023)

Parman, Ismail, and Adi Maulana Rachman. “Penerapan Sistem Reward Dan Punishment Dalam Perspektif Konsep Mashlahah.” Glossary : Jurnal Ekonomi Syariah 1, no. 2 (2023)

Rahman, Albar, and Junanah. “Wahid Hasyim: Revitalisasi Kemanusiaan Dan Kebangsaan Berbasis Nilai-Nilai Ke-Islaman.” Jurnal Mahasiswa FIAI-UII, at-Thullab 5, no. 1 (2023)

Rohmah, Siti Nur. “Pemikiran Pendidikan Islam Menurut K.H. Abdul Wahid Hasyim.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019.

Santoso, Moh Hadi. “Pembaharuan Sistem Pendidikan Pesantren Menurut KH. Abdul Wahid Hasyim.” AVATARA, e-jurnal Pendidikan Sejarah 3, no. 3 (2015).

Septialana, Chaitul Wahid, and Deni Hermawan. “Pemikiran Wahid Hasyim Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dengan Dunia Modern.” Islamika: Jurnal Agama, Pendidikan, dan Sosial Budaya 14, no. 1 (2020)

Sholikhah, Ana Rodhiyatus, and Muqowim. “Pemikiran Pendidikan Menurut Kh. Abdul Wahid Hasyim.” Cakrawla: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial 6, no. 1 (2022)

Supriyono, Siti Kusrini, Muhammad Ansori, Ahmad Yusuf, Noor Hafidl, Ziaul Khaq, and Muchamad Nuryadi. Katalog Dalam Terbitan (KDT) Perpustakaan Nasional Indonesia. Semarang: Asna Pustaka, 2021.

Syahriman, Agung, and Agus Mulyana. “Peranan Kh. Abdul Wahid Hasyim Dalam Pemerintahan Indonesia Tahun (1945-1953).” FACTUM 8, no. 01 (2019).

Syaiful, Ach. “Konsep Pendidikan Islam KH. A. Wahid Hasyim.” Jurnal Kariman 07, no. 01 (2019)

Umiarso, and Asnawan. “KH. Abdul Wahid Hasyim Pembaru Pesantren : Dari Reformasi Kurikulum, Pengajaran Hingga Pendidikan Islam Progresif.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 13, no. 2 (2018)

Z, Rijal Mumazziq, and Ahmad Khubby Ali Rohmad. “Becoming an Indonesian Muslim: The Idea of Religious Nationalism K.H. Ahmad Wahid Hasyim 1945-1953.” DINIKA : Academic Journal of Islamic Studies 6, no. 2 (January 27, 2022)

“KH Wahid Hasyim : Dari Pesantren Untuk Bangsa.” Last modified 2013. Accessed September 20, 2023. https://ipnujatim.or.id/kh-wahid-hasyim-dari-pesantren-untuk-bangsa/.

“Tentang Ma’arif.” Lembaga Pendidikan Ma’raif Nahdlatul Ulama. Last modified 2022. Accessed September 21, 2023. https://maarif.nu.or.id/page/tentang-maarif.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v48i2.26398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board :

LPPM Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. HR. Soebrantas KM. 15,5 Panam - Pekanbaru

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/index

Creative Commons LicenseAn-Nida by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats