Bentuk Kerukunan Umat Beragama Dalam Kitab-kitab Tafsir Indonesia; Telaah Makna Tahiyyah Pada QS. An-Nisa’ Ayat 86

Alvita Niamullah

Abstract


Menjaga kedamaian dan keharmonisan masyarakat yang kehidupan sosialnya multikultural seperti Indonesia tidaklah mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Salah satu pijakan dasar menjaga kedamaian dan keharmonisan antar masyarakat berangkat dari semangat Al-Quran yang menjadi tuntunan umat manusia.  Tahiyyah  dalam Q.S. An-Nisa : 86 dapat dijadikan salah satu contoh sikap moderat dalam menjalin hubungan antar masyarakat, termasuk juga umat beragama. Dalam menguraikan isi artikel, peneliti menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa riset kepustakaan (library research) sebab peneliti melihat penafsiran para mufasir Indonesia yang menafsirkan Q.S. An-Nisa’: 86 tersebut. Dari analisis terhadap pemikiran mufasir di Indonesia seperti  Abdurrauf As-Singkili, Hasbi Ash-Shiddieqy, Hamka hingga Quraish Shihab, peneliti menemukan bahwa kata tahiyyah ditafsiri sebagai bentuk penghormatan terhadap orang lain terlepas dari latar belakang yang ia bawa, tidak memandang suku, ras, agama dan budaya. Mereka menafsiri kata tahiyyah sebagai pengucapan salam terhadap orang lain, namun secara garis besar kata tahiyyah ialah bentuk penghormatan yang dapat berupa isyarat, ucapan maupun perbuatan. Jika ia mendapatkan penghormatan, maka penghormatan tersebut perlu dibalas dengan yang lebih baik, atau yang sepadan dengan yang didapatkan, terlepas penghormatan itu dari sesama muslim ataupun non muslim. Setidaknya, dengan adanya penghormatan ini seseorang dapat menjalin interaksi sosial dengan baik.

Keywords


Urgensi, Media Sosial, Dakwah

Full Text:

PDF

References


Amrullah, Haji Abdul Malik Abdul Karim. Tafsir Al-Azhar Jilid 2. Singapura: Kerjaya Printing Industries, 1990.

Arofah, Ajeng. Membangun Moderasi Beragama. Jakarta Selatan: Rumah Pribadi, 2020.

As-Singkili, Abdurrauf bin ’Ali. Tafsir Tarjumanul Mustafid Bag. Pertama, 1963.

Ash-Shiddieqy, Muhammad Hasbi. Tafsir An-Nur Jilid 1. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra, 1961.

Baehaqi. Pesantren Gen-Z; Re-Aksentuasi Nilai Moderasi Beragama Pada Lembaga Pendidikan. Sleman: Penerbit Deepublish, 2022.

Devi, Dwi Ananta. Toleransi Beragama. Semarang: ALPRIN, 2020.

Falah, Zainul. Tafsir Di Media Online; Kajian Penafsiran Al-Quran Di Situs Muslim.or.Id Dan Islami.Co. Bogor: Guepedia, 2020.

Hanafi, Muchlis M. Moderasi Islam: Menangkal Radikalisasi Berbasis Agama. Jakarta: Ikatan Alumni al-Azhar dan Pusat Studi al-Qur‘an, 2013.

Hefni, Wildani. “Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital : Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Jurnal Bimas Islam 13, no. 1 (2020). https://jurnalbimaislam.kemenag.go.id/jbi/article/download/182/142/739.

Kementerian Agama RI. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. “Moderasi.” Accessed June 10, 2022. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/moderasi.

Lestari, Gina. “Bhinnekha Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia Di Tengah Kehidupan Sara.” Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 28, no. 1 (2015).

Prasetiawati, Eka. “Menanamkan Islam Moderat Upaya Menanggulangi Radikalisme Di Indonesia.” Jurnal Fikri 2, no. 2 (2017).

Shihab, Muhammad Quraish. Tafsir Al-Misbah; Kesan, Pesan Dan Keserasian Al-Quran Jilid 2. Vol. 2. Jakarta: Lentera Hati, 2015.

Suharto, Babun. Moderasi Beragama: Dari Indonesia Untuk Dunia. Bantul: LKiS, 2019.

Syahri, Akhmad. Moderasi Beragama Dalam Ruang Kelas. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2017.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v46i1.19246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board :

LPPM Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. HR. Soebrantas KM. 15,5 Panam - Pekanbaru

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/index

Creative Commons LicenseAn-Nida by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats