Pemikiran Syuhudi Ismail tentang Paradigma Hadis Tekstual dan Kontekstual: Sebuah Tinjauan Umum

Muhammad Nasrulloh, Doli Witro

Abstract


Pemaknaan hadis terus menggeleding dan menjadi isu sentral. Tujuan reinterpretasi makna hadis adalah guna menghidupkan kembali pesan-pesan Rasulullah s.a.w. dan mengimplementasikan hadis sesuai dengan makna semestinya. Syuhudi Ismail berusaha menggambarkan bahwa tafsir hadis bisa dilakukan secara tekstual dan kontekstual. Tekstual mengindikasikan terapan makna hadis berlaku secara universal. Sementara terapan makna kontekstual mengindikasikan makna secara lokal dan temporal. Kajian demikian harus memahami bagaimana peran dan fungsi Rasulullah s.a.w. dalam memberikan hadis. Perbedaan latar belakang posisi dan fungsi Rasulullah s.a.w. dalam memberikan hadis dapat mempengaruhi aktualitas dan generalisasi hadis. Nilai historisitas hadis menjadi kunci bagaimana semestinya arah makna hadis perlu dibawa. Buku Syuhudi Ismail menyuguhkan berbagai macam ciri apakah hadis itu perlu ditafsiri secara tekstual atau kontekstual. Beliau memaparkannya langsung dengan memberikan contoh-contoh terkait yang relevan dan kualitas sanad hadisnya telah teruji. Secara umum buku beliau menghadirkan sesuatu yang baru bagi pengkaji hadis agar memahami makna yang terkandung dengan memperhatikan berbagai macam aspek agar dapat menuju makna hadis berikut terapannya sesuai apa yang diharapkan oleh Rasulullah s.a.w.

Keywords


Muhammad Syuhudi Ismail, Hadis Tekstual, Hadis Kontekstual

Full Text:

PDF

References


Ahimsa-putra, Heddy Shri. “FENOMENOLOGI AGAMA: Pendekatan Fenomenologi Untuk.” Walisongo 20, no. 2 (2012): 271–304. https://doi.org/10.21580/ws.20.2.200.

Ahmad. Musnad Ahmad. Beirut: Muassasatur Risalah, 2002.

Al-Amidi, Abi Hasan Saifuddin. Abkarul Afkar Fi Usulid Din, Juz 5. Beirut: Darul Kutub Ilmiah, 2002.

Al-Jauzi, Jamaluddin. Kasyful Musykil Min Sahihain, Juz 3. Riyadh: Darul Watan, n.d.

Al-Manawi, Zainuddin. Faidul Qadir. Mesir: Dar Tijari Kubra, n.d.

Al-Muti’i, Muhammad Buhit. Al-Jawab As-Syafi Fi Ibahati Taswir. Beirut: Darul Kutub Ilmiah, n.d.

Al-Qurtubi. Imamah. Beirut: Darul Ihya’ Turats, n.d.

An-Nimiri, Abu Amr. Al-Istidzkar, Juz 2. Beirut: Darul Kutub Ilmiah, 2000.

Ardiansyah, Syarbaini Tanjung, and Idris Siregar. “Kritik Konteksualisasi Pemahaman Hadis.” At-Tahdis 1, no. 2 (2017): 46–69. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/attahdits/article/download/712/782.

As-Suyuti. Asybah Wa Nadzair. Beirut: Darul Kutub Ilmiah, n.d.

Ash-Shiddieqy, Hasbi. Sejarah Dan Pengantar Ilmu Hadis. Jakarta: Bulan Bintang, 1999.

At-Tahtawi, Ali Ahmad. Hukmu Taswir Min Mandzuril Islami. Beirut: Darul Kutub Ilmiah, n.d.

AW, Liliek Channa. “Memahami Makna Hadis Secara Tekstual Dan Kontekstual.” ULUMUNA 15, no. 2 (December 30, 2011): 391–414. https://doi.org/10.20414/ujis.v15i2.205.

Bakar, Abu, and Al-Iraqi. Tarhu Tasrib, Juz 8. Beirut: Darul Fikr al-Arabi, n.d.

Bukhari. Shahih Bukhari. Beirut: Darul Kutub Ilmiah, 2003.

Hajar, Ibnu. Fathul Bari, Juz 10. Beirut: Darul Kutub Ilmiah, n.d.

———. Fathul Bari, Juz 13. Beirut: Darul Kutub Ilmiah, 1999.

———. Fathul Bari, Juz 3. Beirut: Darul Makrifat, n.d.

Hambal, Ahmad bin. Tabaqatul Hanabilah, Juz 1. Beirut: Darul Fikr, n.d.

Harwi, Ali al-Mala. Mirqatul Mafatih Syarah Misykatul Masabih, Juz 3. Beirut: Darul Fikr, 2002.

Ilyas, Fithriady, and Ishak Bin Hj. Suliaman. “Muhammad Syuhudi Ismail (1943-1995); Tokoh Hadith Prolifik,Ensklopedik Dan Ijtihad.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 17, no. 1 (2017): 1–33. https://doi.org/10.22373/jiif.v17i1.1604.

Ilyas, Hamim. “Pemahaman Hadis Secara Kontekstual (Telaah Terhadap Asbâb Al-Wurûd).” Kutub Khazanah, no. 2 (1999).

Ismail, Syuhudi. Hadis Nabi Yang Tekstual Dan Kontekstual. Jakarta: Bulan Bintang, 2009.

———. Metodologi Penelitian Hadis Nabi. Jakarta: Bulan Bintang, 2007.

Kandu, Muhammad Ishaq. Manhaj Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani Fil Akidah. Riyadh: Maktabah Rusydu, n.d.

Khaldun, Ibnu. Muqaddimah Ibnu Khaldun. Beirut: Darul Kutub Ilmiah, n.d.

Mawardi. Ahkamus Sultaniyah. Beirut: Darul Kutub Ilmiah, n.d.

Misbahul, Khoir. “Pemikiran Dan Mazhab Ekonomi Islam Kontemporer.” Balance Economics, Bussiness, Management and Accounting Journal 7, no. 12 (2010): 15–26.

Muslim. Shahih Muslim. Beirut: Darul Kutub Ilmiah, 2004.

Nawawi. Syarah Nawawi, Juz 18. Beirut: Darul Ihya’ Turats, n.d.

———. Syarah Nawawi Ala Shahih Muslim, Juz 1, n.d.

———. Syarah Nawawi Ala Shahih Muslim, Juz 7, n.d.

Qayyim, Ibnu. I’lamul Muqiin, Juz 5. Jeddah: Dar Ibnu Jauzi, n.d.

Razikin, Muchsin Asti Baidatul, and Junaidi Abdul Munif. 101 Jejak Tokoh Islam Indonesia. E-Nusantara, 2009.

Suryadi, Suryadi. “Pentingnya Memahami Hadis Dengan Mempertimbangkan Setting Historis Perspektif Yūsuf Al-Qaraḍawī.” Jurnal Living Hadis 1, no. 1 (2016): 29–50. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2016.1067.

Taimiah, Ibnu. Syarah Akidah Wasatiyah. Madinah: Jami’ah Islamiah, 2001.

Tasbih, Tasbih. “Urgensi Pemahaman Kontekstual Hadis (Refleksi Terhadap Wacana Islam Nusantara).” Al-Ulum 16, no. 1 (June 5, 2016): 81–102. https://doi.org/10.30603/au.v16i1.33.

Tirmidzi. Sunan Tirmidzi. Beirut: Darul Kutub Ilmiah, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v46i1.19226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board :

LPPM Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. HR. Soebrantas KM. 15,5 Panam - Pekanbaru

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/index

Creative Commons LicenseAn-Nida by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats