author guidelines

PEDOMAN PENULISAN

 

Ketentuan Umum

  1. Naskah yang dikirimkan belum pernah diterbitkan yang dinyatakan dengan surat pernyataan dalam form terlampir.
  2. Naskah merupakan hasil penelitian, analisis kebijakan atau gagasan dengan topik yang aktual dengan lingkup peternakan.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Naskah dalam bahasa Indonesia ditulis mengikuti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
  4. Penyerahan naskah dalam bentuk cetakan (hard copy)  dan dalam bentuk disket (soft copy) atau file elektronik
  5. Jadwal penerbitan adalah bulan Februari dan September
  6. Penulis yang naskahnya dimuat diharuskan membayar Rp 250.000,00  dan berlangganan Jurnal Peternakan selama satu tahun

 

Standar Penulisan

Penulisan naskah dalam Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris diketik dengan proses pengolah kata MS Word atau versi sebelumnya, jenis huruf Book Antiqua, spasi tunggal, maksimal 15 halaman kertas A4 (210 x 297 mm).   Ukuran bingkai (frame) manuskrip : kiri 2.5 cm, kanan 2.5 cm, atas 2.5 cm, bawah 2.5 cm.

 

Tata Cara Penulisan Naskah

  1. Judul artikel ukuran 14, cetak tebal (bold), rata tengah (align center), spasi tunggal, singkat, jelas, padat dan tepat, menggambarkan hasil kajian yang hendak dikomunikasikan.
  2. Nama Penulis tanpa gelar akademik, ukuran huruf 11, cetak tebal (bold)

Ikuti dibawahnya dengan afiliasi, ukuran huruf 10, cetak miring, disertai alamat lengkap untuk korespondensi, termasuk telepon, fax dan  e-mail.             

  1. Abstrak dalam bahasa Inggris, maksimal 250 kata, ukuran huruf 9, spasi tunggal.  Abstrak ditulis secara utuh untuk menggambarkan esensi naskah dan mengandung semua kata kunci
  2. 4.     Keywords  maksimal 10 kata, ukuran huruf 8, cetak miring disusun alfabetis dari kiri ke kanan.
  3. Tubuh laporan ditampilkan dengan format justifikasi (rata kanan-kiri), ukuran huruf 11. Sitasi dalam teks menurut Author-year system.

Secara utuh, tubuh laporan kajian mengandung unsur-unsur sebagai berikut:

? Artikel Hasil Penelitian memuat : Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima kasih (jika perlu), dan Daftar Pustaka (bila ada).

? Artikel Tinjauan (Review) memuat : Pendahuluan, Pokok-Pokok Pikiran yang dijadikan bahan Analisis

  1. Pendahuluan ditulis secara efisien dan dan menggambarkan latar belakang, tujuan dan pustaka yang mendukung
  2. Materi dan Metode (hasil penelitian) ditulis secara lengkap dan rinci sehingga penelitian tersebut sangat memungkinkan diulang oleh peneliti lain, terutama hal-hal yang menyangkut bahan, penarikan contoh, prosedur, desain penelitian dan pengolahan data
  3. Hasil dan pembahasan memuat hasil yang diperoleh serta interpretasi yang dikaitkan dengan hasil penelitian sebelumnya
  4. Kesimpulan ditulis secara ringkas dan menggambarkan substansi hasil penelitian yang diperoleh

10. Tabel, telah padu dalam teks, ukuran huruf 10.

  1. Tabel harus memberikan informasi yang jelas, utuh dan bersifat independen (dapat dibaca jelas walau tanpa teks)
  2. Huruf kapital hanya digunakan pada awal kata pertama judul, diletakkan di atas tabel dan beri nomor urut
  3. Garis pemisah dibuat dalam bentuk horizontal (mendatar) terdiri atas 3 baris yaitu dua pada bagian atas (judul kolom) dan satu pada penutup tabel serta tidak diperkenankan menggunakan garis vertikal
  4. Penulisan keterangan signifikansi data secara statistik menggunakan kalimat “superskrip berbeda pada baris/kolom yang sama menunjukkan berbeda nyata/sangat nyata (P<0,05)/(P<0,01)
  5. Setiap singkatan yang digunakan dalam tabel selalu diberi keterangan di bawah tabel

 

      Contoh tabel :

      Tabel 3. Pengaruh proses pengolahan dan lama penyimpanan pakan terhadap kadar air (%)

Proses Pengolahan

Lama Penyimpanan (minggu)

Rataan A

0

2

4

6

A0

13,20a

14,91c

13,34a

13,29a

13,69a

A1

14,32b

14,21b

13,16a

13,13a

13,71a

A2

15,49d

15,33d

13,41a

13,47a

14,42b

Rataan B

14,34b

14,82c

13,30a

13,30a

 

Keterangan  : Superskrip yang berbeda pada baris atau kolom yang berbeda menunjukkan pengaruh yang berbeda sangat nyata (p<0,01)

                                 A0 = tanpa perlakuan

                                 A1 = pengukusan selama 45 menit          

                                 A2 = penyemprotan 5% air panas

11. Gambar dan Grafik

  1. Gambar dan grafik telah padu dalam teks, ukuran huruf 10.
  2. Huruf kapital hanya digunakan pada awal kata pertama judul, diletakkan di bawah gambar dan beri nomor
  3. Ukuran gambar dan grafik harus dapat terbaca dengan jelas jika ukurannya dikecilkan hingga 50%
  4. Grafik yang berbentuk kolom dibuat dalam bentuk 2 dimensi dengan isian berupa arsiran dan tidak berupa solid atau warna blok

 

 

12. Tata nama latin 2 atau 3 kata (dicetak miring) digunakan untuk tanaman, hewan, serangga, mikroorganisme dan penyakit.  Nama lengkap kimia digunakan untuk persenyawaan pada penyebutan pertama kali.  Nama umum atau generik dapat pula digunakan.

13. Satuan pengukuran dipakai Sistem Internasional (SI)

14. Penulisan angka desimal dalam bentuk tabel untuk bahasa Indonesia dipisahkan dengan koma (,) untuk bahasa Inggris dengan titik (.)

15. Pustaka

  1. Daftar Pustaka disusun secara alfabetis, ukuran huruf 10.
  2. Manuskrip yang sedang dalam persiapan (in preparation) atau telah dikirim  (submitted ) untuk publikasi, pengamatan yang tidak dipublikasi, komunikasi pribadi dan lain sebagainya tidak dimasukkan dalam daftar pustaka tetapi hanya diacu dalam teks (pengarang, tahun).
  3. Pengutipan pustaka dari internet hanya diperbolehkan dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan, seperti jurnal, instansi pemerintah atau swasta.  Penulisan pustaka dari internet agar mencantumkan tanggal pengambilan data tersebut
  4. Daftar pustaka memuat nama pengarang yang merujuk dalam naskah, disusun menurut abjad pengarang dan tahun penerbitan. 
  • o Penulisan pustaka berupa buku dicantumkan semua nama penulis, tahun, judul buku, penerbit dan kota tempat terbit.
  • o Penulisan naskah berupa jurnal dicantumkan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume, nomor publikasi dan halaman. 
  • o Artikel dalam buku dicantumkan nama penulis, tahun, judul tulisan, editor, judul buku, penerbit dan tempat.

Beberapa contoh penulisan sumber acuan :

Buku

AOAC.  2005. Official Methods of Analysis of AOAC International.  18th ed.  Assoc.  Off. Anal.  Chem., Arlington.

Mattjik, A.A., & M. Sumertajaya.  2002.  Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab.  Jilid I. Edisi ke-2.  Institut Pertanian Bogor (IPB) Press. Bogor.

Jurnal

Retnani, Y., N. Hasanah, Rahmayeni dan  L. Herawati. 2010. Uji sifat fisik ransum ayam broiler bentuk pellet yang ditambahkan perekat onggok melalui proses penyemprotan air. Agripet. 11 (1) : 13-18.

Hermon, Suryahadi, K.G. Wiryawan, dan S. Hardjosoewignjo. 2008. Nisbah sinkronisasi suplai N-protein dan energi dalam rumen sebagai basis formulasi ransum ternak ruminansia. Media Peternakan. 31 : 186-194.

Artikel dalam Buku

Sulandari, S., M.S.A. Zein, S. Paryanti, & T. Sartika.  2007.  Taksonomi dan Asal Usul Ayam Domestikasi.  Dalam : K. Dwyanto & S.N. Prijono (Eds).  Keragaman Sumber Daya Hayati Ayam Lokal Indonesia : Manfaat dan Potensi.  Edisi Pertama.  LIPI Press. Jakarta. Hal 7-24.

Tesis/Disertasi

Yani, A.  2007.  Analisis dan simulasi distribusi suhu udara pada kandang sapi perah menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD).  Tesis. Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Sumiati.  Rasio molar asam fitat : Zn untuk menentukan suplementasi Zn dan enzyme phytase dalam ransum berkadar asam fitat tinggi.  Disertasi Bogor. Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Internet

Wysong. 2006. Rationale for Enzyme Supplementation. http://www.wysong.net/PDFs/Enzyme.pdf. 14 Agustus 2006.