Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Putri Permata Sari, Zubaidah Amir MZ

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation ). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Rambah Samo, Kab. Rokan Hulu, Riau. Subjek penelitian ini adalah para ahli yang bersala dari dosen, guru dan siswa SMPN 2 Rambah Samo. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Jenis data yang digunakan berupa data kuntitatif dan kualitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dinyatakan dalam kategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 98,45%. Berdasarkan uji kepraktisan, LKS berbasis Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 97,08%. Berdasarkan hasil posttest diperoleh nilai  sebesar 4,64 dan nilai  pada taraf signifikan 5% sebesar 1,73 maka  >  atau 4,64 > 1,73. Sehingga  diterima dan  ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) yang telah dikembangkan ini memiliki dampak terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa MTs iskandar muda Batam. Jurnal Phytagoras, 6(2), 179–180.

Astari, T. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDkelas IV. Jurnal Pelangi, 9(2).

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan lembar aktivitas siswa berbasis penemuan terbimbing pada materi segitiga. Journal for Research in Mathematics Learning, 2(2), 179–181.

Febriannie, V. R., & Kurniati, A. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model student facilitator and explaining (SFAE) pada materi matriks untuk siswa SMA. Journal for Research in Mathematics Learning, 4(2), 123–134.

Herawaty, D. (2018). Model pembelajaran matematika realistik yang efektif untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2).

Irwanti, H., & Zetriuslita, Z. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Journal for Research in Mathematics Learning, 4(2), 103–112.

OECD. (2018). PISA 2018 Result: What Students Know and Can Do.

Permendikbud. (2016). Standar Isi Mata Pelajaran Matematika untuk Semua Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Wajib. Permendikbud.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Dian Rakyat.

Putranto, S., & Dhoruri, A. (2017). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) pada materi perbandingan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) bagi siswa SMP kelas VII sesuai kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains FMIPA UNY.

Siahaan, T. M. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan realistic mathematics education. Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 50–57.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Susanti, S., & Nurfitriani, M. (2018). Pengaruh model realistic mathematic education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 3(2), 115–122.

Tarigan, D. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i3.14024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter