طرق تعليم المفردات في مهارة الكلام
Abstract
Metode pengajaran adalah tingkat perencanaan program yang bersifat menyeluruh yang berhubungan erat dengan langkah-langkah penyampaian materi pelajaran secara procedural, tida saling bertentangan dan tidak bertentangan dengan pendekatan. Degan kata lain metode adalah langkah-langkah umum tentang penerapan teori-teori yang ada pada pendekatan tertentu. Dalam tingkatan ini diadakan pilihan-pilihan tentang ketrampilan – ketrampilan khusus mana yang harus diajarkan, materi-materi apa yang harus disampaikan, dan bagaimana urutannya. Terlihat disini bahwa metode jauh lebih operasional dari pendekatan. Seorang pengajar bahasa yang menganut pendekatan tertentu ia memiliki kebebasan menciptakan beragam metode sesuai dengan situasi kondisi terjadinya kegiatan belajar mengajar. Yang penting dicatat bahwa metode yang dilahirkan dan digunakan tidak bertentangan dengan pendekatan yang dianut. Dalam pembelajaran bahasa Arab terdapat ragam metode yaitu : metode kaidah dan terjemah, metode langsung, metode audiolingual, metode membaca, metode gabungan. Dalam pembelajaran bahasa Arab mufrodat merupakan unsure bahasa, mufrodat juga salah satu unsure yang penting dalam membentuk kemahiran berbicara. Pembelajaran mufrodat bisa digunakan beragam metode. Disini misalnya dengan menggunakan metode langsung. Melaui metode ini seorang pengajar langsung menggambarkan mufrodat yang akan disampaikan. Missal kosa kataسبورة, قلم, كراسة, guru langsung menujuk benda yang ada tersebut, dan juga mengajarkan bagaimana cara mempraktekannya dalam bentuk kemahiran berbahasa. Bisa juga dengan dilanjutkan dengan metode gabungan. Metode ini maksudnya bukan menggambungkan semua metode, tetapi hanya bersifat kondisional saja. Metode ini dibutuhkan sesuai dengan tujuan pembelajaran, sifat materi pelajaran, kemampuan belajar dan kondisi guru. Adapun pijakan metode gabungan ini ada enam macam yaitu : setiap metode pengajaran bahasa asing memiliki kelebihan. Tidak ada metode yang sempurna tetapi semuanya memiliki kelemahan dan kelebihan. Setiap metode memiliki latar belakang, karekteristik, dasar pikiran dan peruntutan yang berbeda. Tidak ada satu metodepun yang sesuai dengan semua tujuan. Hal yang penting dalam mengajar adalah member perhatian kepada pelajar dan kebutuhannya. Yang terakhir setiap guru bahasa asing diberi kebebasan untuk menggunakan langkah-langkah atau teknik-teknik dalam menggunakan metode pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan.
Full Text:
Full PaperReferences
دكتور فتحى على يونس, دكتور محمد عبد الرؤوف الشيخ, المرجع في تعليم اللغة العربية للأجانب, مكتبة وهبة, القاهرة
الدكتور جورت الركابي, طرق تدريس اللغة العربية, دار الفكر, سورية
عبد العزيز بن ابراهيم العصلي, أساسيات تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى, الرياض, 1423ا
فخر الدين القلا وجبرائيل بشارة : التربية عامة, في أصول التدريس, دار الفكر, سري
دكتور حسن شحاتة, تعليم اللغة العربية بين النظ
Refbacks
- There are currently no refbacks.
J/E/A/L/T ISSN 2407-0998 (Print) | ISSN 2407-1005 (Online)
Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sultan Syarif Kasim Riau
JL. KH. Ahmad Dahlan No. 94 Pekanbaru
28128 PO BOX 1004
HP. 0852-4896-2008 Fax. (0761) 858832 Telp 0761-562223
Email : jealt@pusat-bahasa.info
Journal of English and Arabic Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jealt.