Penulis

Halaman ini berisi tentang panduan bagi penulis yang ingin mensubmit jurnalnya ke jurnal JSMS untuk di publikasikan, diantaranya :

Pengiriman Artikel :

  1. Naskah harus diserahkan secara daring (online) melalui Open Journal Systems (OJS) pada website ini. Kami tidak menerima penyerahan naskah melalui alamat surat elektonik kami. Silakan untuk membaca panduan sebagaimana yang dijelaskan pada panduan penulis di website ini.
  2. Penulis harus melampirkan Surat Pernyataan Klirens Etik (sesuai dengan Perka LIPI 08/E/2013). Format surat tersebut bisa diunduh DISINI.
  3. Keputusan akhir diterima atau tidaknya naskah akan disampaikan melalui OJS.

Penyerahan secara daring (online) :

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

Jika belum memiliki nama pengguna (username) dan kata sandi (password) untuk Jurnal Sains Matematika dan Statistika maka ke registrasi

                               

Jika telah memiliki nama pengguna (username) dan kata sandi (password) untuk Jurnal Sains Matematika dan Statistika maka ke login untuk melakukan unggah (upload) artikel

                               

Tugas dan tanggung jawab penulis :

  1. Penulis memastikan bahwa yang masuk dalam daftar penulis memenuhi kriteria sebagai penulis.
  2. Penulis bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi dari artikel.
  3. Penulis menyatakan asal sumberdaya (termasuk pendanaan) baik secara langsung atau tidak langsung.
  4. Penulis menjelaskan keterbatasan-keterbatasan dalam penelitian.
  5. Penulis segera menanggapi komentar yang dibuat oleh para mitra bestari secara profesional dan tepat waktu.
  6. Penulis menginformasikan kepada editor apabila akan menarik kembali artikelnya.
  7. Jika ada kesalahan dalam artikel, penulis segera memberitahukan kepada editor atau penerbit.
  8. Penulis membuat pernyataan bahwa artikel yang diserahkan untuk diterbitkan adalah asli dan belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain.

Proses Peer Review :

Jurnal Sains Matematika dan Statistika menerapkan proses peer review, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Semua artikel yang dikirimkan ke Jurnal Sains Matematika dan Statistika akan direview secara tertutup (blind review) oleh para mitra bebestari, pada umumnya, setiap artikel akan direview oleh satu sampai dua orang reviewer.
  2. Tanggapan dari para mitra bestari ini akan dijadikan landasan bagi tim editor untuk menentukan apakah suatu artikel dapat diterima (accepted), diterima apabila direvisi (accepted with major/minor revision), atau ditolak (rejected).
  3. Setiap artikel akan di review tentang kebaharuan penelitian, metode, pengaruh kepada pengembangan ilmu pengetahuan, kesimpulan dan daftar pustaka
  4. Suatu artikel ditolak untuk dimuat disebabkan oleh berbagai pertimbangan, diantara artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup sains matematika dan statistika, sisi ilmiah tulisan tersebut kurang memadai untuk digolongkan dalam suatu tulisan ilmiah, kesalahan metodologi yang mendasar, atau dikarenakan penulis menolak untuk melakukan saran perbaikan yang diberikan oleh reviewer tanpa dasar yang logis.
  5. Semua artikel yang dikirim akan diperiksa unsur plagiasinya menggunakan perangkat lunak (software) anti plagiarisme (PaperRater dan smallseotools).

Biaya :

Setiap artikel yang dikirim ke Jurnal Sains Matematika dan Statistika tidak dibenakan biaya apapun (gratis) baik untuk proses pengiriman artikel, proses peer-review, editing dan publikasi.