Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Sains Matematika dan Statistika adalah jurnal berskala nasional yang mencakup kajian ilmu matematika dan statistika. Jurnal ini menaruh perhatian pada persoalan metamatika murni, matematika terapan, statistika dan aktuaria. Topik yang dibahas dalam jurnal menaruh perhatian secara khusus, namun tidak terbatas pada:

  1. Matematika murni, topik mengenai analisis, aljabar dan terapannya.
  2. Matematika terapan, topik mengenai riset operasi, pemodelan matematika dan teori kendali.
  3. Statistika, topik mengenai statistika matematika dan terapannya.
  4. Aktuaria, topik mengenai matematika aktuaria, matematika ekonomi dan terapannya.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Daftar Isi

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal Sains Matematika dan Statistika menerapkan proses peer review, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Semua artikel yang dikirimkan ke Jurnal Sains Matematika dan Statistika akan direview secara tertutup (blind review) oleh para mitra bebestari, pada umumnya, setiap artikel akan direview oleh satu sampai dua orang reviewer.
  2. Tanggapan dari para mitra bestari ini akan dijadikan landasan bagi tim editor untuk menentukan apakah suatu artikel dapat diterima (accepted), diterima apabila direvisi (accepted with major/minor revision), atau ditolak (rejected).
  3. Setiap artikel akan di review tentang kebaharuan penelitian, metode, pengaruh kepada pengembangan ilmu pengetahuan, kesimpulan dan daftar pustaka
  4. Suatu artikel ditolak untuk dimuat disebabkan oleh berbagai pertimbangan, diantara artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup sains matematika dan statistika, sisi ilmiah tulisan tersebut kurang memadai untuk digolongkan dalam suatu tulisan ilmiah, kesalahan metodologi yang mendasar, atau dikarenakan penulis menolak untuk melakukan saran perbaikan yang diberikan oleh reviewer tanpa dasar yang logis.
  5. Semua artikel yang dikirim akan diperiksa unsur plagiasinya menggunakan perangkat lunak (software) anti plagiarisme (PaperRater dan smallseotools).

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.