THE CONCEPT OF MOTION IN MULLÂ ṢADRÂ’S PHILOSOPHY: AN ONTOLOGICAL UNDERSTANDING OF THE HUMAN SOUL’S DEVELOPMENT

Cecep Zakarias El Bilad

Abstract


Artikel ini akan membahas konsep gerak dalam perspektif filsafat Mullâ Ṣadrâ dan aplikasinya dalam memahami perubahan-perubahan pada diri manusia, baik secara fisik maupun mental. Secara esensial, sesuatu itu tersusun atas substansi dan aksiden. Setiap sesuatu juga bergerak atau berubah. Di sini para filsuf berdebat tentang bagaimana sebuah gerak bisa terjadi. Apakah gerak terjadi hanya pada aksiden sesuatu tersebut seperti warna, bentuk, bobot, posisi, dan lain sebagainya, ataukah pada keduanya? Mullâ Ṣadrâ menyakini bahwa ketika sesuatu bergerak, gerak tersebut terjadi baik di tataran substansi maupun aksidennya. Bahkan, dari keduanya substansilah yang merupakan sumber. Gerak pada aksiden bersumber dari gerak substansi. Dalam filsafat Ṣadrâ, pembahasan tentang gerak terkait erat dengan kajian ontologi. Artikel ini akan mencoba menelusuri definisi dan latar ontologis gerak. Ini adalah riset kepustakaan. Data yang terkumpul akan dianalisis secara interpretatif untuk menjelaskan perubahan-perubahan gradual pada alam semesta khususnya pada diri manusia. Ditemukan bahwa jiwa merupakan substansi manusia yang berbeda dari substansi entitas-entitas lain di alam semesta. Jiwa adalah pijakan eksistensial bagi aksiden manusia, yakni tubuhnya, untuk menopang keberadaannya. Semua aktivitas tubuh digerakkan oleh jiwa dan semua perubahan yang dialaminya dari waktu ke waktu adalah efek dari dari perubahan-perubahan pada jiwa. Tanpa jiwa, tubuh hanyalah seonggok daging yang akan terurai


Keywords


Gerak; Eksistensi; Substansi; Aksiden; Jiwa

Full Text:

PDF

References


Burnet, John. Early Greek Philosophy. London: A&C Black, 1920.

Chittick, William C. “Ebno'I-'Arabi's Doctrine of the Oneness of Being Ebno'l-'Arabi's Doctrine of the Oneness of Being.” SUFI 4.

Kalin, Ibrahim. “Sadr al-Din Shirazi (Mulla Sadra) (b. 1571-1640),” accessed from http://www.cis-ca.org/voices/s/sadra.htm, on January 31, 2018.

Kamal, Muhammad. “Dressing after Dressing: Ṣadrâ’s Interpretation of Change.” Open Journal of Philosophy, SciRes, http://dx.doi.org/10.4236/ojpp.2013.31009, Vol. 3, no. 1 (2013).

Kaukua, Jari. Self-Awareness in Islamic Philosophy: Avicenna and Beyond. Cambridge: Cambridge University Press, 2015.

Khamenei, S.M. Mullâ Sadrra’s Trancendent Philosophy. Teheran: SIPRIn, 2004.

Muṭahharî, Murtaḏâ. Durûs Falsafiyyah fî Syarḥ al-Manẕûmah: Juz 2. Lebanon: Shams al-Mashreq for The Cultural Services, 1994.

Nasr, Seyyed Hossein. Sadr al-Din Syirazi and His Transcendent Theosophy. Tehran: Imperial Iraian Academy of Philosophy, 1979.

-------. Three Muslim Sages. New York: Caravan Books, 1997.

Rahman, Fazlur. The Philosophy of Mullâ Ṣadrâ. Albany: SUNY Press, 1975.

Reza Akbarian. “Trans-Substantial Motion and Its Philosophical Consequences,” accessed from http://www.mullasadra.org/new_site/English/Paper%20Bank/Ontology/trans-sustantial%20%20Motion%20@.htm, on January 31, 2018.

Rifâî, Abd al-Jabbâr ar-. Durûs fî al-Falsafah al-Islâmiyyah: Syarh Tauḏîḥî li Kitâb Bidâyah al-Ḥikmah. Iran: Muassasah al-Hudâ lî an-Nasyr wa at-Tauzî’, 2000.

-------. Mabâdi’ al-Falsafah al-Islâmiyyah: Juz 1. Beirut: Dâr al-Hâdî, 2001.

Ṣadrâ, Mullâ. al-Ḥikmah al-Mutaʻâliyyah fî Al-Asfâr al-‘Aqliyyah al-Arba’ah. Juz 1, 3, 8 & 9. Beirut: Dar al-Iḥyâ al-Turats al-‘Arabi, 1981.

Shameli, Abbas A. “the Soul-Body Problem in Islamic Philosophical Psycology,” in Christian Kanzian, Muhammad Legenhausen (Eds.), Soul: A Comparative Approach. Frankfrut: Ontos Verlag, 2010.

Sina, Ibn. al-Syifâ (al-Thabi’iyyât), Jil. 1. Qom: Maktabah Ayatullah Mar’asyî, 1404 H.

-------. al-Mabda wa al-Ma’âd. Teheran: McGill University, 1984.

Ṭabâṭabâî, Muḥammad Ḥussein. Bidâyah al-Ḥikmah, Qom: Muassasah an-Nasyr al-Islami, t.th.

Tirmidzȋ, al-Ḥakȋm at-. Bayân al-Farq baina al-Ṣadr wa al-Qalb wa al-Fuâd wa al-Lubb, Ardan: al-Markaz al-Malikȋ li al-Buẖȗts wa ad-Dirâsah al-Islâmiyyah, 2009.

Walid, Khalid al-. Perjalanan Jiwa Menuju Akhirat: Filsafat Eskatologi Mullâ Ṣadrâ. Jakarta: Ṣadrâ Press, 2012.

Yousef, Mohamed Haj, Ibn ‘Arabi – Time and Cosmology. London: Routledge, 2008




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jush.v26i1.4224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Jurnal Ushuluddin Indexed By:

     

Alamat Redaksi:

 Whatsapp (Direct Chat)

Fakultas Ushuluddin UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: jurnal.ushuluddin@uin-suska.ac.id

ejournal: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ushuludin



Lisensi Creative Commons
Jurnal Ushuluddin is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats