WHEN RELIGION APPROACHES SCIENCE; An Interpretation of Ziauddin Sardar's Integrative Islamic Education Thought
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Muhammad Zainal. 2016. Paradigma Islam Dalam Pembangunan Ilmu Integralistik: Membaca Pemikiran Kuntowijoyo. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.
al-Faruqi, Ismail R. 1984. Islamisasi Ilmu Pengetahuan,. Bandung: Pustaka.
al-Faruqi, Ismail Raji. 2003. Islamisasi Pengetahuan,. Bandung: Pustaka.
Anggoro, Taufan. 2019. “Tafsir Alquran Kontemporer: Kajian Atas Tafsir Tematik-Kontekstual Ziauddin Sardar.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis 3, no. 2. https://doi.org/10.29240/alquds.v3i2.1049.
Arbi, Munzir Hitami, Helmiati, and Imam Hanafi. 2018. “MODEL PENGEMBANGAN PARADIGMA INTEGRASI ILMU DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.” PROFETIKA, Jurnal Studi Islam 20, no. 1: 1–15.
Arif, Mahmud. 2006. “Epistemologi Pendidikan Islam: Kajian Atas Nalar Masa Keemasan Islam Dan Implikasinya Di Indonesia.” Disertasi.
Arifuddin, Arifuddin. 2015. “Konsep Integrasi Ilmu Dalam Pandangan Ismail Raji Al-Faruqi.” SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 3, no. 1. https://doi.org/10.21093/sy.v3i1.239.
Assya’bani, Ridhatullah. 2017. “EKO-FUTUROLOGI: Pemikiran Ziauddin Sardar.” Dialogia 15, no. 2. https://doi.org/10.21154/dialogia.v15i2.1193.
Damanuri, Aji. 2013. “SHARI‘AH SEBAGAI METODOLOGI PROBLEM SOLVER Catatan Atas Pemikiran Ziauddin Sardar.” Justicia Islamica 10, no. 1. https://doi.org/10.21154/justicia.v10i1.141.
Fahmi, Izzuddin Rijal, and Muhamad Asvin Abdur Rohman. 2021. “NON-DIKOTOMI ILMU: INTEGRASI-INTERKONEKSI DALAM PENDIDIKAN ISLAM.” AL-MIKRAJ : Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN: 2745-4584) 1, no. 2. https://doi.org/10.37680/almikraj.v1i2.750.
Hadiwiyono, Harun. 1996. Sari Sejarah Filsafat Barat II. Yogyakarta: Kanisius.
Hanafi, Imam. 2012. “Basis Epistemologi Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1. https://doi.org/10.14421/jpi.2011.11.19-30.
Hassan, Fuad. 1996. Pengantar Filsafat Barat. Jakarta: Dunia Pustaka.
Idris, Saifullah. 2020. “Islam Dan Krisis Lingkungan Hidup (Prespektif Sayyed Hossein Nasr Dan Ziauddin Sardar).” Islam Dan Krisis Lingkungan Hidup 8.
Ismail, Ismail, and Mukhlis Mukhlis. 2017. “Dari Islamisasi Ilmu Menuju Pengilmuan Islam: Melawan Hegemoni Epistemologi Barat.” Ulumuna 17, no. 1. https://doi.org/10.20414/ujis.v17i1.174.
Kuntowijoyo. 2008. Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi. Bandung: Mizan.
Madjid, Nurcholish. 2001. Kaki Langit Peradaban. Jakarta: Paramadina.
Masrika. 2023. “Perkembangan Ilmu Di Baghdad(Abbasiyah) Dan Andalusia(Umayyah).” NIHAIYYAT: Journal of Islamic Interdisciplinary Studies 2, no. 2.
Ma’zum, Nanda Darojatul Ulya, Fenti Erlinda, and Helmi Syaifuddin. 2021. “Praktik Ekonomi Syariah Dalam Konsep Pemikiran Ziauddin Sardar.” Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking 5, no. 2. https://doi.org/10.35448/jiec.v5i2.10073.
Mujahidin, Mujahidin. 2019. “Hubungan Sosial Budaya Islam Dan Kristen (Periode Pertengahan Dan Modern).” AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya 1, no. 1. https://doi.org/10.35905/almaarief.v1i1.779.
Muniron. 2011. Epistemologi Ikhwan As-Shafa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munjahid, Munjahid. 2020. “KEBIJAKAN PENDIDIKAN KHALIFAH AL-MA’MUN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAJUAN ILMU PENGETAHUAN.” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 6, no. 2. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i2.152.
Nizar, Samsul. 2009. Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Sekarang. Jakarta: Kencana.
Putra, Aris Try Andreas. 2020. “KONSEP PEMIKIRAN ISMAIL RAJI AL FARUQI (Dari Tauhid Menuju Integrasi Ilmu Pengetahuan Di Lembaga Pendidikan).” Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 6, no. 1. https://doi.org/10.31332/zjpi.v6i1.1827.
Rahman, Fazlul. 1985. Islam Dan Modernitas; Tantangan Transformasi Intelektual. Bandung: Pustaka.
Rusli. 2004. “Islam Dan Lingkungan Hidup: Meneropong Pemikiran Ziauddin Sardar.” Majalah Hermeneia Pasca UIN Sunan Kalijaga 3, no. 2.
Sa’dan, Masthuriyah. 2015. “ISLAMIC SCIENCE, NATURE AND HUMAN BEINGS: A DISCUSSION ON ZIAUDDIN SARDAR’S THOUGHTS.” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 23, no. 2. https://doi.org/10.21580/ws.2015.23.2.278.
Sardar, Ziauddin. 2000. Jihad Intelektual : Merumuskan Parameter-Parameter Sains Islam. Surabaya: Risalah Gusti.
———. 2003. Reader, Islam Postmodernism and Other Futures. London: Pluto Press.
———. 2005. Islam Tanpa Syariat; Menggali Universalitas Tradisi. Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu.
———. 2015. Kembali Ke Masa Depan,. Jakarta: Serambi.
———. 2014. Ngaji Qur’an Di Zaman Edan: Sebuah Tafsir Untuk Menjawab Persoalan Mutakhir. Jakarta: Serambi.
Shiraishi, Takashi. 1997. Zaman Bergerak; Radikalisme Rakyat Di Jawa 1912 – 1926. Jakarta: Grafitri Pers.
Steenbring, Karel A. 1986. Pesantren, Madrasah, Sekolah ; Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES.
Suminto, Aqib. 1986. Politik Islam Hindia Belanda. Jakarta: LP3ES.
Suprayogo, Imam. 2005. “Membangun Integrasi Ilmu Dan Agama.” In Integrasi Ilmu Dan Agama: Interpretasi Dan Aksi, edited by Zainal Abidin Bagir. Bandung: Mizan.
Taufik, Muhammad, and Muhammad Yasir. 2017. “MENGKRITISI KONSEP ISLAMISASI ILMU ISMAIL RAJI AL-FARUQI: Telaah Pemikiran Ziauddin Sardar.” Jurnal Ushuluddin 25, no. 2. https://doi.org/10.24014/jush.v25i2.3830.
Wan Daud, Wan Mohd Nor. 1998. The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad Naquib Al-Attas An Exposition of the Original Concept of Islamization. Malaysia: ISTAC Kuala Lumpur.
Wiwaha, Kurnia Sari. 2018. “EPISTIMOLOGI PARADIGMA ISLAM : ( Studi Pemikiran Ziauddin Sardar ).” Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya 3, no. 1.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jush.v31i2.26682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ushuluddin Indexed By:
Alamat Redaksi:
Fakultas Ushuluddin UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru
E-mail: jurnal.ushuluddin@uin-suska.ac.id
ejournal: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ushuludin
Jurnal Ushuluddin is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.