Penerjemahan Al-Qur’an: Proses Penerjemahan al-Qur’an di Indonesia

Egi Sukma Baihaki

Abstract


Penerjemahan al-Qur’an dalam sejarahnya mengalami proses yang cukup panjang, misalnya dari persoalan kewenangan atau legitimasi penerjemah, hukum menerjemahkan, ditambah lagi dengan kehadiran terjemahan yang dibuat oleh para Orientalis membuat banyak perbedaan di antara para ulama dalam menyikapi penerjemahan al-Qur’an di berbagai wilayah. Penolakan terhadap penerjemahan al-Qur’an juga sempat ada di Indonesia. Tapi, meskipun sempat ditolak, pada akhirnya penerjemahan al-Qur’an di Indonesia tetap berlangsung hingga sekarang. Proses penerjemahan itu sendiri memiliki berbagai dimensi mulai dari keterlibatan sastra dan penggunaan bahasa daerah dalam menerjemahkan al-Qur’an

Keywords


Terjemah Harfiyah; Terjemah Tafsiriyah; Terjemah Maknawiyah; dan Ulum al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Abbas, Sirajuddin. Sorotan Atas Terjemah Qur’an H.B. Jassin. Jakarta: Pustaka Tarbiyah, 1979.

Aceh, Abu Bakar. Sejarah Al-Qur’an. Solo: Ramadhani, 1986.

Adam, Muchtar. Ulum Al-Qur’an: Studi Perkembangan Pesantren Al-Qur’an (Sebuah Pengantar Ulum Al-Qur’an). Bandung: Makrifat Media Utama, t.th.

al-Alusy, Jalal al-Din bin al-Thahir. Ahkam Tarjamah al-Qur’an al-Karim. Beirut: Dar Ibn Hazm, 1429 H/2008 M.

al-Dzahabi Muhammad Husein. Al-Tafsir wa al-Mufassirun. Kairo: Maktabah Wahbah, t.th.

al-Jurjani, ‘Ali bin Muhammad. Al-Ta’rifat. Ed. ‘Alwi Abu Bakar Muhammad al-Saqqaf. Jakarta: Dar al-Kutub al-Islamiyyah, 1433 H/2012 M.

al-Mayabdi, Muhammad Fakir. Qawaid al-Tafsir Baina asy-Syi'ah wa as-Sunnah. T.t: Markaz al-Tahqiqat wa al-Dirasat al-'Ilmiyyah al-Tabi' li al-Majma' al-'Alami li Tarqib Baina al-Madzahib al-Islamiyyah, t.th.

al-Qaththan, Manna. Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an. Kairo: Maktabah Wahbah, t.th.

al-Suyuthi, Jalaluddin. Al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an. T.t: Dar al-Fikr, 1370 H/1951 M.

al-Syathir, Muhammad Mushtofa. al-Qaul al-Sadid fi Hukmu Tarjamah al-Qur’an al-Majid. Kairo: Mathba’ah al-Hijazi, 1355 H/1936 M.

al-Zarqani, Muhammad ‘Abd al-‘Adzim. Manahi al-‘Irfan fi ‘Ulum al-Qur’an. Ed. Fawwaz Zamarli. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Arabi, 1415 H/1995 M.

Ash-Shaabuuniy, Muhammad Ali. Studi Ilmu Al-Qur’an. Terj. dari bahasa Arab oleh Aminuddin. Bandung: Pustaka Setia, 1991.

Ash-Shiddieqy, Teungku M. Hasbi. Tafsir Al-Bayan: Tafsir Penjelas Al-Qur’anul Karim. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2012.

-----. Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an/Tafsir. Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

Bakry, Oemar. Polemik H. Oemar Bakry dengan H.B. Jassin tentang Al-Qur’anul Karim Bacaan Mulia. Jakarta: Mutiara, 1979.

-----. Tafsir Rahmat. Jakarta: Mutiara, 1984.

Diponegoro, Mohammad. Pekabaran Puitisasi Terjemahan Juz A’mma. Bandung: Kiblat, 2004.

Faizin, Hamam. “Percetakan Al-Qur’an dari Venesia hingga Indonesia,” Jurnal Esensia Vol. XII No. 1 Januari (2011): 141-144.

Federspiel, Howard. M.. Kajian Al-Qur’an di Indonesia. Terj. dari bahasa Inggris, Popular Indonesian Literatur of The Quran, oleh Tajul Arifin. Bandung: Mizan, 1996.

Gusmian, Islah. Khazanah Tafsir Indonesia: Dari Hermeneutika hingga Ideologi. Jakarta: Teraju, 2003.

-----, “Bahasa dan Aksara Tafsir Al-Qur'an di Indonesia dari Tradisi, Hierarki hingga Kepentingan Pembaca,” Jurnal Tsaqafah Vol. 6. No. 1 April (2010).

Hakim, Abdul. “Al-Qur’an Cetak di Indonesia: Tinjauan Kronologis Pertengahan Abad ke-19 hingga Awal Abad ke-20,” Jurnal Suhuf. Vol. 5. No. 2. (2012).

Hanafi, Muchlis. M. “Problematika Terjemahan Al-Qur’an Studi pada Beberapa Penerbitan Al-Qur'an dan Kasus Kontemporer,” Jurnal Suhuf, Vol. 4, No. 2, (2011).

Ichwan, Moch. Nur. “Negara Kitab Suci dan Politik Terjemah Resmi Al-Qur’an di Indonesia. Dalam Sadur Sejarah Terjemah di Indonesia dan Malaysia. Ed. Henri Cambert-Loir. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2009.

Indriati, Anisah. “Kajian Terjemah Al-Qur’an (Studi Tarjamah al-Qur’an Basa Jawi “Assalam” Karya Abu Taufiq S),” Maghza Vol. 1. Januari-Juni (2016).

Izzan, Ahmad. ‘Ulûmul Qurân: Telaah Tektualitas dan Kontekstualitas Alquran. Bandung: Humaniora, 2011.

Johns, Anthony H. “Tafsir Al-Qur’an di Dunia Indonesia – Melayu: Sebuah Penelitian Awal.” Terj. dari bahasa Inggris, The Quranic Exegesis in the Malay-Indonesian World: An Introduction Survey, oleh Syahrullah Iskandar. Jurnal JSQ Vol. 1 No. 3 (2006).

Lukman, Fadhli. “Studi Kritis atas Teori Tarjamah Al-Qur’an dalam ‘Ulum al-Qur’an.” Jurnal Al-A’raf Vol XIII No. 2 Jul-Desember (2016).

Makrifat, M. Hadi. Sejarah Al-Qur’an. Terj. dari bahasa Arab, Tarikh Al-Qur’an, oleh Thoha Musawa. Jakarta: Al-Huda, 2007.

Mandzur, Ibn. Lisan al-‘Arab. Kairo: Dar al-Hadis, 1434 H/2013.

Mustaqim, Abdul. Metode Penelitian Al-Qur’an dan Tafsir. Yogyakarta: Idea Press, 2015.

Nurtawab, Ervan. Tafsir Alqur’an Nusantara: Tempo Doeloe. Jakarta: Ushul Press, 2009.

Riddel, Petter G. Menerjemahkan Al-Qur’an ke dalam Bahasa-bahasa di Indonesia. Dalam Sadur Sejarah Terjemah di Indonesia dan Malaysia. Ed. Henri Cambert-Loir. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2009.

Rusmana, Dadan dan Yayan Rahtikawati. Tafsir Ayat-Ayat Sosial Budaya: Tafsir Maudhu’I terhadap Ayat-Ayat Al-Qur’an yang Berkaitan dengan Budaya, Sejarah, Bahasa, dan Sastra. Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Shihab, M. Quraish. Kaidah Tafsir: Syarat, Ketentuan, dan Aturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2015.

Suma, Muhammad Amin. Ulumul Qur’an. Jakarta: Rajawali Pers , 2013.

Syamsu, Nazwar. Koreksi Terjemahan Al-Qur’anul Karim Bacaan Mulia – HB Jassin. Padang: Maktabah Saadiyah, 1978.

Taufikurrahman. “Kajian Tafsir di Indonesia.” Jurnal Mutawâtir Vol. 2. No. 1. Januari-Juni (2012).

Thalib, Muhammad. Koreksi Tarjamah Harfiyah Al-Qur’an Kemenag RI: Tinjauan Aqidah, Syariah, Mu’amalah, Iqtishadiyah. Yogyakarta: Ma’had An-Nabawy, 2012.

Ushama, Thamem. Metodologi Tafsir Al-Qur’an (Kajian Kritis, Objektif, dan Komprehensif. Jakarta: Riora Cipta, 2009.

Usmani, Ahmad Rofi’. Jejak-jejak Islam: Kamus Sejarah dan Peradaban Islam dari Masa ke Masa. Yogyakarta: Bunyan, 2016.

Yusuf, Kadar M.. Studi Alquran. Jakarta: Amzah, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jush.v25i1.2339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Jurnal Ushuluddin Indexed By:

     

Alamat Redaksi:

 Whatsapp (Direct Chat)

Fakultas Ushuluddin UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: jurnal.ushuluddin@uin-suska.ac.id

ejournal: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ushuludin



Lisensi Creative Commons
Jurnal Ushuluddin is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats