TOLERANSI; Sebuah Konsep Psikologi

Muhammad Zein Permana, Putri Riyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali konsep toleransi secara mendalam dari perspektif psikologis dengan menggunakan pendekatan grounded theory. Saat membicarakan mengenai toleransi, seakan hanya terbatas dari satu sudut pandang ataupun konteks yang spesifik baik itu agama, budaya, maupun sosial dan tidak dapat dikaitkan dengan hal lain diluar itu sehingga membuatnya sulit dijelaskan dengan cakupan yang lebih luas dan menyeluruh. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani. Hasil analisis data melalui proses coding yang dilakukan mengungkap bahwa toleransi melibatkan kemampuan seseorang untuk menghargai, menghormati, memberikan kebebasan, berusaha memahami, dan memaklumi perbedaan dengan dirinya serta menerima hal tersebut tanpa diskriminasi, bahkan melakukan perbuatan baik dalam interaksi sosialnya. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan teori baru tentang toleransi dari perspektif psikologis dan memiliki implikasi praktis dalam merancang pendekatan pendidikan serta program pelatihan untuk mempromosikan toleransi dan pemahaman antar budaya, dengan tujuan membangun masyarakat yang inklusif dan harmonis

Keywords


Grounded Theory, toleransi

Full Text:

PDF

References


Abror, M. 2020. “Moderasi beragama dalam bingkai toleransi”, Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 143-155.

Bakar, A. 2016. “Konsep toleransi dan kebebasan beragama”, Toleransi: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 7(2), 123-131. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/trs.v7i2.1426

Cerqueti, R., Correani, L., & Garofalo, G. 2013. “Economic interactions and social tolerance: A dynamic perspective”, Economics Letters, 120(3), 458-463. https://doi.org/10.1016/j.econlet.2013.05.032

Devellennes, C., & Loveless, P. M. 2022. “The tolerance of the despised: Atheists, the non-religious, and the value of pluralism”, International Political Science Review, 43(4), 580-594. https://doi.org/10.1177/01925121211034148

Dunn, K., & Singh, S. P. 2014. “Pluralistic conditioning: Social tolerance and effective democracy”, Democratization, 21(1), 1-28. https://doi.org/10.1080/13510347.2012.697056

Fitriani, S. 2020. “Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama”, Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 20(2), 179-192.

Fuadi, A. 2020. Keragaman Dalam Dinamika Sosial Budaya Kompetensi Sosial Kultural Perekat Bangsa. Sleman: Deepublish.

Hadler, M. 2012. “The influence of world societal forces on social tolerance. A time comparative study of prejudices in 32 countries”, The Sociological Quarterly, 53(2), 211-237. https://doi.org/10.1111/j.1533-8525.2012.01232.x

Hanafi, I. 2017. “Rekonstruksi Makna Toleransi”. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 9(1), 40-51. https://doi.org10.24014/trs.v9i1.4322

Hjerm, M., Eger, M. A., Bohman, A., & Fors Connolly, F. 2020. “A new approach to the study of tolerance: Conceptualizing and measuring acceptance, respect, and appreciation of difference”, Social Indicators Research, 147(3), 897-919.

Hogg, M. A. 2014. “The Dark Side of Tolerance: How Tolerance Can Increase Conflict”, Social and Personality Psychology Compass, 8(6), 327-337. doi:10.1111/spc3.12121

Japar, M., Irawaty, I., & Fadhillah, D. N. 2019. “Peran Pelatihan Penguatan Toleransi Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama”, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 94-104.

Johnson, B. G. 2016. “Networked communication and the reprise of tolerance theory: Civic education for extreme speech and private governance online”, First Amendment Studies, 50(1), 14-31. http://doi.org/10.1080/21689725.2016.1154478

Müller-Bloch, C., & Kranz, J. 2015. “A framework for rigorously identifying research gaps in qualitative literature reviews”.

Nagovitsyn, Roam S., Dana K., Ratsimor, Aleksandr Y., Maksimov, & Yuri G. 2018. “Fromation of Social Tolerance among Future Teachers”, European Journal of Contemporary Education. 7(4), 754-763.

Pasaribu, M. S., Manurung, R. L., Farasi, D. R. D. S., & Panjaitan, S. 2023. “Eksplorasi Ragam Budaya dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka Guna Mempertebal Toleransi”, Journal on Education, 5(4), 14804-14812.

Permana, M. Z. 2020. “Pengembangan Identitas Baru: Konsep Perluasan Diri dalam Relasi Interpersonal”, Psikologi untuk Indonesia: Isu isu terkini relasi sosial dari intrapersonal hingga interorganisasi, 43.

Permana, Z., & Fatwa, A. 2023. “Trengginas: Sebuah Konsep Psikologi”, Psycho Idea, 21(2), 119-132.

Permana, Z., Koentjoro, K., & Azca, M. N. 2023. “Toxic Relationship in Emerging Adulthood”, Jurnal Wanita dan Keluarga, 4(1), 88-105.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. 2021. “Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696-1705.

Simon, B., Eschert, S., Schaefer, C. D., Reininger, K. M., Zitzmann, S., & Smith, H. J. 2019. “Disapproved, but tolerated: The role of respect in outgroup tolerance”, Personality and Social Psychology Bulletin, 45(3), 406-415. https://doi.org/10.1177/0146167218787810

Strauss, A., & Corbin, J. M. 1997. Grounded theory in practice. Sage.

Susanto, E. F., & Kumala, A. 2019. “Sikap Toleransi Antaretnis”, Tazkiya Journal of Psychology, 7(2), 105-111. http://dx.doi.org/10.15408/tazkiya.v7i2.13462

Supriyanto, S. 2018. “Memahami dan mengukur toleransi dari perspektif psikologi sosial”, Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 15(1), 23-28. https://doi.org/10.18860/psi.v15i1.6659

Verkuyten, M., & Killen, M. 2021. “Tolerance, dissenting beliefs, and cultural diversity”, Child Development Perspectives, 15(1), 51-56.

Verkuyten, M., & Yogeeswaran, K. 2017. “The social psychology of intergroup toleration: A roadmap for theory and research”, Personality and Social Psychology Review, 21(1), 72-96. https://doi.org/10.1177/1088868316640974

Velthuis, E., Verkuyten, M., & Smeekes, A. 2021. “The different faces of social tolerance: Conceptualizing and measuring respect and coexistence tolerance”, Social Indicators Research, 158(3), 1105-1125.

Yasir, M. 2014. “Makna Toleransi dalam al-Qur’an”, Jurnal Ushuluddin, 22(2), 170-180. http://dx.doi.org/10.24014/jush.v22i2.734

Zitzmann, S., Loreth, L., Reininger, K. M., & Simon, B. 2022. “Does respect foster tolerance?(Re) analyzing and synthesizing data from a large research project using meta-analytic techniques”, Personality and Social Psychology Bulletin, 48(6), 823-843. https://doi.org/10.1177/01461672211024422




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/trs.v15i2.28280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: imam.hanafi@uin-suska.ac.id

Creative Commons LicenseToleransi by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats