Author Guidlines and Submission

Syarat Acuan Naskah Jurnal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada  Masyarat (LPPM) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

  • Melampirkan Surat Permohonan ke LPPM
  • Tulisan berupa hasil penelitian atau kajian yang belum pernah dipublikasikan.
  • Panjang naskah berkisar antara 20-25 halaman kwarto dengan spasi rapat (single),  jenis font Book Antiqua 11.
  • Teknik penyajian artikel: judul, nama penulis (tanpa gelar akademik), abstrak (100-150 kata masing-masing dalam bahasa Indonesia dan Inggris), kata kunci (4-5 kata), pendahuluan, pembahasan (terdiri dari sub-sub bahasan), simpulan, endnote, dan daftar pustaka.
  • Teknik penyajian artikel hasil penelitian adalah: judul, nama penulis, abstrak (berisi tujuan, metode, hasil penelitian dalam bahasa Indonesia dan Inggris); kata kunci; pendahuluan (berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, tujuan penelitian); metode; hasil penelitian dan pembahasan; simpulan dan saran; endnote; daftar pustaka.
  • Singkatan, ketika pertama kali muncul dalam teks harus diikuti dengan kepanjangannya.
  • Jika penulis terdiri dari 4 orang atau lebih, nama yang dicantumkan di bawah judul adalah nama penulis utama, nama-nama penulis lainnya dicantumkan pada catatan kaki. Penulis diharapkan mencantumkan identitas (pekerjaan, alamat, telp./HP, E-mail) untuk memudahkan komunikasi.

          Misalnya :       

          Hasbulah, Dosen Fakultas Ushuludin UIN Suska Riau, melayu77@ymail.com

  • Rujukan diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa hasil penelitian yang diterbitkan (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.
  • Endnote harus dicantumkan dengan singkat dan jelas. Tidak memuat keterangan dan penjabaran lebih lanjut dari naskah, namun hanya memuat nama penulis (tanpa gelar), judul buku, (cetak miring), nama penerbit, tempat, tahun terbit serta halaman disingkat hlm. 
  • Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.

Buku:

Anderson, D.W., Vault, V.D. & Dickson, C.E. 1999. Problem and Prospects for the Decades Ahead:    Competency Based Teachher Education. Berkeley: McCutchan Publishing co.

Buku kumpulan artikel:

Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press

Artikel dalam buku kumpulan artikel:

Russel, T. 1998. An Alternative Conception: Representing Representation. Dalam P.J. Black & A. Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science. London: Routledge.

Artikel dalam jurnal atau majalah:

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX

Artikel dalam koran:

Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos

Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang):

Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri

Dokumen resmi:

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT. Armas Duta Jaya

  • Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.
  • Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut.
  • Naskah dan surat permohon terbit dapat diantar langsung disertai dengan soft file ke alamat redaksi atau melalui e-mail: lp2muinsuska@yahoo.com
  • Penulis yang naskahnya dimuat akan mendapatkan 4 (empat) eksemplar jurnal dan imbalan sesuai dengan peraturan yang berlaku dilingkup UIN Suska Riau. Artikel dalam berbentuk hard copy dapat diantar langsung ke LPPM UIN Suska Riau sebanyak 2 (dua) eksemplar, dan artikel dalam berbentuk soft copy dikirim melalui e-mail: lp2muinsuska@yahoo.com