MEMPERKUAT TOLERANSI MELALUI PEMBELAJARAN DI MADRASAH

Sri Mawarti

Abstract


Lembaga Pendidikan merupakan miniature paling strategis bagi penanaman nilai-nalai Toleransi. Oleh kaena itu, tulisan ini mengkaji tentang pandangan siswa tentang toleransi. Siswa yang saat ini, sering disebut dengan generasi milenial, merupakan siswa-siswi yang ada saat ini. Pertanyaan yang diajukan adalah bagaimana persepsi siswa terhadap agama lain; dan bagaimana kerjasama yang dilakukan dalam kerjasama dengan agama lain. Tulisan ini, kemudian berkesimpulan bahwa sikap  memberikan  hak  menjalankan ibadah kepada setiap orang yang berbeda agama, sikap saling menjaga dan tidak menganggu satu sama lain dalam menjalankan ibadah agama, sikap berpandangan positif terhadap suatu perbedaan,  sikap  saling  menghargai  dan  saling  membantu  antar warga  sekolah  berbeda agama. Selain itu, terdapat pula bentuk-bentuk toleransi antarwarga sekolah berbeda agama yaitu  kesepakatan  mematuhi  aturan  tentang  toleransi  yang  terdapat  pada  aturan  tata  tertib sekolah  dan  di  selipkan  pada  kegiatan  imtaq  di  sekolah,  menghargai  adanya  suatu perbedaan, memberikan kedamaian, dengan berdiskusi dan berkomunikasi secara baik-baik dalam menyelesaikan suatu perbedaan pendapat.

Keywords


Toleransi Beragama, Kerjasama, Sekolah.

Full Text:

PDF

References


Hasyim, Umar. 1979. Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam Sebagai Dasar Menuju Dialog dan Kerukunan Antar Umat Beragama. Surabaya: Bina Ilmu.

Hidayat, H. Syarif. 2013. Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Ihsan, A. Bakir. 2009. Menebar Toleransi Menyemai Harmoni (SBY dalam Wacana Perdamaian, Moderatisme, dan Keadilan). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Imron, Ali. 2013. Proses Manajemen Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Imron, Ali. 2012. Kebijakan Pendidikan di Indonesia Proses, Produk, dan Masa Depannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamisa. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Terbaru). Surabaya: CV. Cahaya Agency.

Kementerian Agama RI. 2016. Toleransi Beragama di Daerah Rawan Konflik. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Kehidupan Beragama.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kelima). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Munawir, Ahmad Warson. t.th. Kamus Arab Indonesia al-Munawir. Yogyakarta: Balai Pustaka Progresif.

Poerwadarminto. 1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sonhadji, A. 2012. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: UM PRESS.

Sarwono, Sarlito W. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/trs.v13i2.16095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: imam.hanafi@uin-suska.ac.id

Creative Commons LicenseToleransi by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats