PEMBELAJARAN TOLERANSI DI MASA PANDEMI Studi di Madrasah Kota Pekanbaru

Sri Mawarti

Abstract


Tulisan ini mengkaji tentang pelaksanaan pembelajaran di tengah pandemic Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pada masa Covid-19 ini, dilaksanakan dengan pola; Pertama, pembelajaran virtual dengan mempenguat pada aspek kedamaian, menghargai perbedaan individu dan kesadaran bersama untuk membangun nilai-nilai damai; Kedua, Memberikan tugas-tugas yang memberikan ruang dan dukungan atas upaya pengembangan potensi peserta didik dalam aspek keterampilan sosial; dan Ketiga, pengelolaan pembelajaran yang mengakomodasikan tantangan dan peluang kondisi peserta didik saat ini dan masa yang akan datang.

Keywords


Pandemi, Pembelajaran, Madrasah

Full Text:

PDF

References


Chaidar, H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192.

Departemen Agama RI, Pedoman Khusus Aqidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2004.

Departemen Agama RI, Standar Kompetensi Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: 1994

Dwi Irmawati, Sriyono, A. B. S. (2012). Studi Eksperimen Pemanfaatan Blended Learning Model Berbasis Web Sebagai Sumber Belajar Geografi. Edu Geography, 1(2).

Karim, Bisyri Abdul (2020), Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis), Education and Learning Journal Vol. 1, No. 2, Juli 2020, pp. 102-112 http://jurnal.fai@umi.ac.id

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, Vol. 1, No. 2

Liu, Q., Geertshuis, S., & Grainger, R. (2020). Understanding academics’ adoption of learning technologies: A systematic review. Computers & Education, 151, 103857.

Madjid, Nurcholish., 1997, Masyarakat Religiuos, Paramadina, Jakarta

Romli Arief, tt., Kuliah Pendidikan Agama Islam, IKIP Surabaya, Surabaya

Napitupulu, R.M.,(2020), Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 7, No. 1, April 2020 (23-33),

Suhartono. (2017). Menggagas Penerapan Pendekatan Blended Learning Di Sekolah Dasar

Suhartono BLENDED LEARNING APPROACH INITIATING APPLICATION Instructional media such as books , globes , and other students are learning in Menggagas Penerapan Pendekatan Blended Learning Di.

Surahman, C. (2019). Tafsir Tarbawi in Indonesia: Efforts to Formulate Qur’anBased Islamic Education Concept. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 211-226.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/trs.v12i2.13558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: imam.hanafi@uin-suska.ac.id

Creative Commons LicenseToleransi by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats