Indexing metadata

Internalisasi Nilai Akhlak Karimah pada Peserta Didik melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan di Madrasah Ibtidaiyah


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Internalisasi Nilai Akhlak Karimah pada Peserta Didik melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan di Madrasah Ibtidaiyah
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Nurjanatim Muslimah; Universitas Islam Bandung; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Dedih Surana; Universitas Islam Bandung; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Huriah Rachmah; Universitas Islam Bandung; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) Kata kunci: Internalisasi Nilai Akhlak Karimah, Keteladanan dan Pembiasaan
 
4. Description Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya prioritas tujuan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera yaitu pada pembentukan karakter dan pembiasaan pada praktek ibadah. Pada pembelajaran tatap muka saat ini terdeteksi adanya kehilangan pengetahuan pada peserta didik sebagai dampak dari pembelajaran jarak jauh pada masa Covid 19, pembelajaran hanya berupa transfer ilmu tanpa adanya penguatan dan sentuhan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program, proses, hasil, serta  faktor pendukung dan penghambat program internalisasi nilai akhlak karimah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan tingkat eksplanasi deskriptif. Adapun data yang dikumpulkan diantaranya melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan program internalisasi nilai akhlak karimah peserta didik; program adab yaitu pembiasaan datang tepat waktu, mengucapkan salam, berdo’a, Asah Budi (Babakti ka Sepuh), sopan santun, berpakaian islami, menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Pembiasaaan ta’at beribadah seperti; muroja’ah surat, hadits, dan do’a, wudlu, shalat dhuha, shidiq, dan shalat dzuhur berjama’ah. Kegiatan mingguan diantaranya; upacara, Pekan Apresiasi Siswa, shalat Jum’at dan keputrian, kgiatan ekstrakurikuler, Taklif dan Tamyiz, senam pagi serta pojok baca. Internalisasi nilai akhlak karimah peserta didik melalui metode keteladanan dan pembiasaan ini merupakan penerapan program pembiasaan yang terus ditanamkan dengan mengedepankan keteladanan. Semuanya dilaksanakan dengan bimbingan. Pimpinan dan guru berlaku sebagai contoh utama dari pembiasaan yang dijalankan. Terjadi perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik dikarenakan kedua metode tersebut, dan tentunya juga didukung oleh faktor lingkungan yang kondusif.

 

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 31-12-2024
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/34923
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i2.34923
 
11. Source Title; vol., no. (year) POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam; Vol 10, No 2 (2024): Desember
 
12. Language English=en id
 
13. Relation Supp. Files INTERNALISASI NILAI AKHLAK KARIMAH PADA PESERTA DIDIK MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ASIH PUTERA KOTA CIMAHI (84KB)
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2025 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam