Internalisasi Nilai Akhlak Karimah pada Peserta Didik melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan di Madrasah Ibtidaiyah
Dublin Core | PKP Metadata Items | Metadata for this Document | |
1. | Title | Title of document | Internalisasi Nilai Akhlak Karimah pada Peserta Didik melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan di Madrasah Ibtidaiyah |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Nurjanatim Muslimah; Universitas Islam Bandung; Indonesia |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Dedih Surana; Universitas Islam Bandung; Indonesia |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Huriah Rachmah; Universitas Islam Bandung; Indonesia |
3. | Subject | Discipline(s) | |
3. | Subject | Keyword(s) | Kata kunci: Internalisasi Nilai Akhlak Karimah, Keteladanan dan Pembiasaan |
4. | Description | Abstract | Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi adanya prioritas tujuan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera yaitu pada pembentukan karakter dan pembiasaan pada praktek ibadah. Pada pembelajaran tatap muka saat ini terdeteksi adanya kehilangan pengetahuan pada peserta didik sebagai dampak dari pembelajaran jarak jauh pada masa Covid 19, pembelajaran hanya berupa transfer ilmu tanpa adanya penguatan dan sentuhan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program, proses, hasil, serta faktor pendukung dan penghambat program internalisasi nilai akhlak karimah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan tingkat eksplanasi deskriptif. Adapun data yang dikumpulkan diantaranya melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan program internalisasi nilai akhlak karimah peserta didik; program adab yaitu pembiasaan datang tepat waktu, mengucapkan salam, berdo’a, Asah Budi (Babakti ka Sepuh), sopan santun, berpakaian islami, menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Pembiasaaan ta’at beribadah seperti; muroja’ah surat, hadits, dan do’a, wudlu, shalat dhuha, shidiq, dan shalat dzuhur berjama’ah. Kegiatan mingguan diantaranya; upacara, Pekan Apresiasi Siswa, shalat Jum’at dan keputrian, kgiatan ekstrakurikuler, Taklif dan Tamyiz, senam pagi serta pojok baca. Internalisasi nilai akhlak karimah peserta didik melalui metode keteladanan dan pembiasaan ini merupakan penerapan program pembiasaan yang terus ditanamkan dengan mengedepankan keteladanan. Semuanya dilaksanakan dengan bimbingan. Pimpinan dan guru berlaku sebagai contoh utama dari pembiasaan yang dijalankan. Terjadi perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik dikarenakan kedua metode tersebut, dan tentunya juga didukung oleh faktor lingkungan yang kondusif.
|
5. | Publisher | Organizing agency, location | Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
6. | Contributor | Sponsor(s) | |
7. | Date | (YYYY-MM-DD) | 31-12-2024 |
8. | Type | Status & genre | Peer-reviewed Article |
8. | Type | Type | |
9. | Format | File format | |
10. | Identifier | Uniform Resource Identifier | https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/34923 |
10. | Identifier | Digital Object Identifier (DOI) | http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i2.34923 |
11. | Source | Title; vol., no. (year) | POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam; Vol 10, No 2 (2024): Desember |
12. | Language | English=en | id |
13. | Relation | Supp. Files |
INTERNALISASI NILAI AKHLAK KARIMAH PADA PESERTA DIDIK MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ASIH PUTERA KOTA CIMAHI (84KB) |
14. | Coverage | Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.) | |
15. | Rights | Copyright and permissions |
Copyright (c) 2025 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam |