Internalisasi Nilai Akhlak Karimah pada Peserta Didik melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya prioritas tujuan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera yaitu pada pembentukan karakter dan pembiasaan pada praktek ibadah. Pada pembelajaran tatap muka saat ini terdeteksi adanya kehilangan pengetahuan pada peserta didik sebagai dampak dari pembelajaran jarak jauh pada masa Covid 19, pembelajaran hanya berupa transfer ilmu tanpa adanya penguatan dan sentuhan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program, proses, hasil, serta faktor pendukung dan penghambat program internalisasi nilai akhlak karimah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan tingkat eksplanasi deskriptif. Adapun data yang dikumpulkan diantaranya melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan program internalisasi nilai akhlak karimah peserta didik; program adab yaitu pembiasaan datang tepat waktu, mengucapkan salam, berdo’a, Asah Budi (Babakti ka Sepuh), sopan santun, berpakaian islami, menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Pembiasaaan ta’at beribadah seperti; muroja’ah surat, hadits, dan do’a, wudlu, shalat dhuha, shidiq, dan shalat dzuhur berjama’ah. Kegiatan mingguan diantaranya; upacara, Pekan Apresiasi Siswa, shalat Jum’at dan keputrian, kgiatan ekstrakurikuler, Taklif dan Tamyiz, senam pagi serta pojok baca. Internalisasi nilai akhlak karimah peserta didik melalui metode keteladanan dan pembiasaan ini merupakan penerapan program pembiasaan yang terus ditanamkan dengan mengedepankan keteladanan. Semuanya dilaksanakan dengan bimbingan. Pimpinan dan guru berlaku sebagai contoh utama dari pembiasaan yang dijalankan. Terjadi perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik dikarenakan kedua metode tersebut, dan tentunya juga didukung oleh faktor lingkungan yang kondusif.
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, F. (2014). Pendidikan Madrasah di Indonesia. ASPIRASI: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 5(1), 51-58.
Albab, U. (2021). Perencanaan dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam, PANCAR: Pendidikan Anak Cerdas dan Pintar,5 (1), 119-126.
Alwi, H. R. (2020). Pendidikan Agama islam dalam Era Globalisasi. Jurnal pendidikan Islam, 7 (2), 1-12.
Badruddin, M., Shidiq, S. (2022). Inetrnaisasi nilai-nilai Akhlak Karimah Siswa melalui Keteladan Guru di MTsN 1 Bogor, QIRO’AH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12 (2), 84-96.
Luthfi, E. F. A., Noor, L. S., Salimatus, M.S., Nuryana, S., Nahar, T. Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Aktivitas Sholat dan Tahfidz Qur’an di SD Al-Ma’soem Bandung. ARZUSIN:Jurnal Manajemen dan Pendidikan dasar, 2 (1), 54-69.
Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia melalui Keteladanan dan Pembiasan. TA’LIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15 (1), 49-65.
Margono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Noer, A. A., Nurjanah, E., Ridwan, M. E. (2021). Strategi dan Implementasi Nilai-nilai Akhlak dalam Integrasi Pendidikan di SDS Inklusi Azaddy Jatinangor. PAEDAGOGIE: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2 (1), 32-45.
Purwanto. (2011) Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Qonita, A. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia Untuk Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Indah Jaya.
Rahmi, A., Januar. (2019). Pengokohan Fungsi Keluarga Sebagai Upaya Preventif Terjadinya Degradasi Moral Pada Remaja, Jurnal Al Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islam, 62-68.
Sartika., Khatimah, H., Karoma, Ismail, F. Tinajauan Konseptual Inovasi Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi tantangn Globalisasi. BEDELAU: Journal of Education and Learning, 10 (10), 1-4.
Saepudin, J. (2014). Pendidikan Karakter pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Usmaniyah Bagan Batu Provinsi Riau. PENAMAS, 27 (2), 189-203.
Siregar, I. (2016). Mendidik dengan Sepenuh Hati: Model Madrasah Ibtidaiyah Unggul Asih Putera Kota Cimahi. EDUKASI: Jurnal Penelitian Agama dan Keagamaan Kementerian Agama, 14 (2), 223-240.
Siswanto., Susanti, E. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Islam. PARAMUROBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2, (1), 66-74.
Sudarsono. (2005). Etika Islam tentang Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiharto, R.. (2017) Pembentukan Nilai-nilai Karakter Islami Sisiwa Melalui Metode Pembiasaan (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Terpadu Ar-roudloh Cileunyi Jawa Barat). EDUCAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1 (1), 90-109.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syahputra, A., Sukmawati, E., & Syafitri, R. (2023). Dampak Buruk Era Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Remaja Usia Sekolah (dalam Perspektif Pendidikan Islam ). Journal of Education Research, 4 (3), 1265-1271.
Warisno, A. (2021). Standar Pengelolaan Pendidikan dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam, An Nida, 1 (1), 1-8.
Widodo, H. P. (2014) Methodological considerations in interview data transcription. International Journal of Innovation in English Language Teaching and Research. 3 (1) 102-107.
Zahrudin AR, Sinaga, H. (2004) Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i2.34923
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam
Potensia: Jurnal Kependidikan Islam
E-ISSN: 2442-5605
Published By:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id
Indexed By:
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.