MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM TYLER DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Idi. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Prakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Agus, Widodo, and Syahrir Syam. “Pengembangan Kurikulum Program Studi Bahasa Dan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.” Parole 2, no. 1 (2011): 83–100.
Ansyar, Mohd, and Nurtain. Pengembangan Dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan, 1993.
Arifin, Zainal. “Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum.” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Arlee, Yeehad. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMK Negeri 13 Kota Malang (Skripsi). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Tidak dipublikasikan), 2015.
Blum, Abraham, and Moshe Azencot. “Adaptation of the Tyler-Schwab Curriculum Model to the Training of Agricultural Advisers.” Agricultural Administration and Extension 25, no. 1 (1987): 37–47. https://doi.org/10.1016/0269-7475(87)90056-0.
Budi Sanjaya, and Maimun Aqsha Lubis. “Penilaian Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) Berdasarkan Stake ’ s Countenance Model Bagi Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah GUPPI , Kota Jambi 2012 / 2013.” International Journal of Islamic Thought 4 (2013): 14–21.
Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Hasan, Hamid. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Hidayat, Sholeh. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Hidayat, Tatang, and Abas Asyafah. “Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10, No. I (2019): 159–81.
Hidayat, Tatang, and Aceng Kosasih. “Analisis Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah serta Implikasinya dalam Pembelajaran PAI di Sekolah.” Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 1 (2019): 45–69.
Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, and Fahrudin. “Pendidikan dalam Perspektif Islam dan Peranannya dalam Membina Kepribadian Islami.” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, Vol. 8, No. 2 (2018): 218–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397 0 Ta.
Hidayat, Tatang, and Toto Suryana. “Menggagas Pendidikan Islam : Meluruskan Paradigma Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 3, no. 1 (2018): 75–91. http://ojs.pps-ibrahimy.ac.id/index.php/jpii/article/view/133/93.
Hidayat, Tatang, and Makhmud Syafe’i. “Filsafat Perencanaan dan Implikasinya dalam Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah.” Lentera Pendidikan, Vol. 21, No. 2 (2018): 188–205. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i5.
Hidayat, Tatang. “Peran Guru dalam Mewujudkan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah.” Rayah Al-Islam: Jurnal Ilmu Islam, Vol. 2, No. 1 (2018): 101–11.
Hidayat, Tatang, and Syahidin. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Contextual Teaching And Learning dalam Meningkatkan Taraf Berfikir Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Islam XVI, No. 2 (2019): 115. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-01.
Hidayat, Tatang, Syahidin, and Ahmad Syamsu Rizal. “Prinsip Dasar Falsafah Akhlak Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Kajian Peradaban Islam, Vol. 2, No. 1 (2019): 10–17. http://www.jkpis.com/index.php/jkpis/article/view/13/10.
Maryanto. Kurikulum Lintas Bidang Studi. Jakarta: Rasindo Gramedia Widiasarana Indonesia, 1994.
McDermott, Joanne. “Looking Back to Move Forward: A View of Nursing Education through the Theoretical Lens of Dewey, James and Tyler.” Nurse Education Today, Vol. 32, No. 8 (2012): 839–41. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2012.06.020.
Moqhadam, Hossein Ghasempour, Moosa Piri, and Galavij Vafayi far. “Curriculum Assessment Need of Language Learning Skills in Pre Primary Schools in Order to Enter the First Grade of Elementary School Based on Tyler’s Four Elements.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 89 (2013): 425–35. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.872.
Mudlofir, Ali. “Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam.” Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011.
Nasution, S. Asas-Asas Kurikulum. Bandung: Jemmars, 1982.
Nasution, S. Kurikulum Dan Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara, 1989.
Nugraha, Muhamad Tisna. “Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Menuju Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA ).” Jurnal Al-Turats, Vol. 10, No. 1 (2016): 13–21.
Pangarsa, Abd Aziz Tata. “Pengembangan Kurikulum Terpadu Dengan Pendekatan Moral Values Of Islamic History.” Jurnal Review Pendidikan Islam, Vol. 01, No. 01 (2014): 29–40.
Putra, Aris Try Andreas. “Evaluasi Program Pendidikan: Pendekatan Evaluasi Program Berorientasi Tujuan (Goal-Oriented Evaluation Approach : Ralph W . Tyler),” n.d., 55–68.
Rusman. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.
Sa’ud, Udin Syaefudin. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2014.
Sagala, Syaiful. Memahami Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sudjana, Nana. Pembinaan Dan Pengembangan Kurikulum Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1996.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Suparlan. Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum & Materi Pembelajaran (Curriculum and Learning Material Development). Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Suryosubroto. Tata Laksana Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Usmar, Ali. “Model-Model Pengembangan Kurikulum dan Proses Kegiatan Belajar.” Jurnal An-Nahdhah, Vol. 11, No. 2 (2017): 1–12.
Wahyudin, Dinn. Manajemen Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Widianingsih, E Sri. “Majamenen Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah (Sebuah Kajian Literatur).” Jurnal Ilman, Vol. 1, No. 2 (2014): 160–72.
Yamin, Moh. Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan : Panduan Menciptakan Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis Kurikulum Yang Progresif Dan Inspiratif. Yogyakarta: Diva Press, 2009.
Zubaidi, Ahmad. “Model-Model Pengembangan Kurikulum Dan Silabus Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Cendekia, Vol. 13, No. 1 (2015): 107–21.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v5i2.6698
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam
Potensia: Jurnal Kependidikan Islam
E-ISSN: 2442-5605
Published By:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id
Indexed By:
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.