Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Terintegrasi Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekanbaru

Resti Zulinda, Syafruddin Syafruddin Nurdin, Martin Kustati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar modul Bahasa Inggris Terintegrasi Islam yang berkualitas serta layak untuk digunakan pada Madrasah tingkat Aliyah maupun SMA. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) membuat perencanaan (desain) produk, 3) mengembangkan produk, 4) melakukan uji coba awal, revisi produk dari hasil uji coba awal dan uji coba lapangan utama, dan 5) melalukan evaluasi dan revisi. Sample penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, validasi, angket, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Produk yang dikembangkan sudah melewati beberapa kali uji coba baik skala terbatas maupun skala luas. Uji coba terbatas dilakukan di MAN 1 Pekanbaru pada kelas X TA. 2023/2024 dengan subjek berjumlah 20 Siswa. Uji coba pada skala luas dilakukan di tiga madrasah yaitu MAN 1 Pekanbaru, MAN 2 Pekanbaru, dan MAN 3 Pekanbaru dengan jumlah subjek 60 Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid berdasarkan kriteria kevalidan dari validator yaitu ahli materi, ahli integrasi Islam, ahli bahasa, dan ahli media. Respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan sangat baik. Modul yang dihasilkan memenuhi kategori sangat efektif baik dalam meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dan sangat praktis dilihat dari keterlaksanaannya dalam pembelajaran, penilaian guru, dan siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk modul Bahasa Inggris Terintegrasi Islam untuk kelas X Madrasah Aliyah ini memiliki kualitas yang sangat baik ditinjau dari aspek validitas, praktikalitas, dan efektivitas sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran

Keywords


Development, Learning Module, English, Islamic Integration

References


Alfian, Alfian, Muhammad Yusuf, dan Uyun Nafiah, “Integrating Islamic Values in Teaching English: Lessons Learned from an Integrated Islamic School,” Elsya : Journal of English Language Studies, 4.1 (2021), 1–11

Amelia, Riza, “Merancang Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Islami,” Jurnal Pemikiran Islam, 37.1 (2012)

Darmayenti, Darmayenti, Besral Besral, dan Luli Sari Yustina, “Developing efl religious characters and local wisdom based efl textbook for islamic higher education,” Studies in English Language and Education, 8.1 (2021), 157–80

Deswila, Nurhamsi, Martin Kustati, Besral Besral, dan Syayid Sandi Sukandi, “Content and Language Integrated Learning (CLIL) Approach across Curriculum in Science Classrooms: Are the English Language Use and Learning Reveal?,” Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1.1 (2020), 15–21

Irawan, Yoki, “Situating Islamic Values in English Language Teaching,” Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 20.01 (2020), 95–103

Madkur, Ahmad, dan Azkia Muharom Albantani, “Instilling Islamic Values in Foreign Language Teaching: An Indonesian Context,” 115.Icems 2017 (2018), 97–103

Mulkhan, Abdul Munir, “Filsafat Tarbiyah berbasis kecerdasan makrifat,” Jurnal Pendidikan Islam, 2.2 (2013), 219–39

Naja, Hilmiyatu, Alfiyana Nurul Rizqi, Risa Dhotus Zahroh, Andika Agusti Mahardika, dan A F Hidayatullah, “Integrasi Sains dan Agama (Unity of Science) dan Pengaplikasiannya terhadap Penerapan Materi Reproduksi dan Embriologi,” Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 13.2 (2021), 70

Nasekun, Muh, “Integrasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembelajaran IPS Sejarah di Kelas VIII MTs Ma’arif Wadas Kandangan Temanggung Tahun Pelajaran 2014/2015” (IAIN Salatiga, 2014)

Nasional, Departemen Pendidikan, “Undang-Undang Republik Indonesia,” No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), 2003

Nizaar, Muhammad, Haifaturrahmah Haifaturrahmah, Abdillah Abdillah, Nursina Sari, dan Sirajuddin Sirajuddin, “Pengembangan Modul Tematik Berbasis Model Direct Intruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, 5.6 (2021), 6150–57

Prastowo, Andi, “Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan,” 2019

RI, Kementerian Agama, “Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah,” Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2015, 2004–6

Sabarudin, Sabarudin, “Materi Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013,” Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-ilmu Pendidikan dan Keislaman, 4.01 (2018), 1–18

Setiyawan, Agung, “Konsep Pendidikan Menurut Al-Ghazali dan Al-Farabi (Studi Komparasi Pemikiran),” Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13.01 (2016), 51–71

Sugiarti, Letna, “Pengaruh bahan ajar terhadap kualitas hasil belajar materi konstruksi pola pada prodi pkk tata busana,” Fashion and Fashion Education Journal, 2.1 (2013)

Zuliati Rohmah IAIN Sunan Ampel Surabaya, By, “Incorporating Islamic Messages in the English Teaching in the Indonesian Context,” International J. Soc. Sci. & Education, 2.2 (2012), 2223–4934

Alfian, Alfian, Muhammad Yusuf, dan Uyun Nafiah, “Integrating Islamic Values in Teaching English: Lessons Learned from an Integrated Islamic School,” Elsya : Journal of English Language Studies, 4.1 (2021), 1–11

Amelia, Riza, “Merancang Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Islami,” Jurnal Pemikiran Islam, 37.1 (2012)

Darmayenti, Darmayenti, Besral Besral, dan Luli Sari Yustina, “Developing efl religious characters and local wisdom based efl textbook for islamic higher education,” Studies in English Language and Education, 8.1 (2021), 157–80

Deswila, Nurhamsi, Martin Kustati, Besral Besral, dan Syayid Sandi Sukandi, “Content and Language Integrated Learning (CLIL) Approach across Curriculum in Science Classrooms: Are the English Language Use and Learning Reveal?,” Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1.1 (2020), 15–21

Irawan, Yoki, “Situating Islamic Values in English Language Teaching,” Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 20.01 (2020), 95–103

Madkur, Ahmad, dan Azkia Muharom Albantani, “Instilling Islamic Values in Foreign Language Teaching: An Indonesian Context,” 115.Icems 2017 (2018), 97–103

Mulkhan, Abdul Munir, “Filsafat Tarbiyah berbasis kecerdasan makrifat,” Jurnal Pendidikan Islam, 2.2 (2013), 219–39

Naja, Hilmiyatu, Alfiyana Nurul Rizqi, Risa Dhotus Zahroh, Andika Agusti Mahardika, dan A F Hidayatullah, “Integrasi Sains dan Agama (Unity of Science) dan Pengaplikasiannya terhadap Penerapan Materi Reproduksi dan Embriologi,” Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 13.2 (2021), 70

Nasekun, Muh, “Integrasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembelajaran IPS Sejarah di Kelas VIII MTs Ma’arif Wadas Kandangan Temanggung Tahun Pelajaran 2014/2015” (IAIN Salatiga, 2014)

Nasional, Departemen Pendidikan, “Undang-Undang Republik Indonesia,” No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), 2003

Nizaar, Muhammad, Haifaturrahmah Haifaturrahmah, Abdillah Abdillah, Nursina Sari, dan Sirajuddin Sirajuddin, “Pengembangan Modul Tematik Berbasis Model Direct Intruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, 5.6 (2021), 6150–57

Prastowo, Andi, “Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan,” 2019

RI, Kementerian Agama, “Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah,” Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2015, 2004–6

Sabarudin, Sabarudin, “Materi Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013,” Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-ilmu Pendidikan dan Keislaman, 4.01 (2018), 1–18

Setiyawan, Agung, “Konsep Pendidikan Menurut Al-Ghazali dan Al-Farabi (Studi Komparasi Pemikiran),” Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13.01 (2016), 51–71

Sugiarti, Letna, “Pengaruh bahan ajar terhadap kualitas hasil belajar materi konstruksi pola pada prodi pkk tata busana,” Fashion and Fashion Education Journal, 2.1 (2013)

Zuliati Rohmah IAIN Sunan Ampel Surabaya, By, “Incorporating Islamic Messages in the English Teaching in the Indonesian Context,” International J. Soc. Sci. & Education, 2.2 (2012), 2223–4934




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v11i1.37908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                   

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.