Kajian Metode Muqaran: Adab Murid terhadap Guru Menurut Imam Ghazali dan Kontekstualisasinya dengan Kode Etik Guru Indonesia

Muhammad Faqih Mukaddam, Hairul Hudaya

Abstract


Guru dan murid sangat berperan penting dalam proses pendidikan. Peneliti mendapatkian permasalahan yaitu keprihatinan dan kegundahan peneliti terkait tentang menurunnya adab murid terhadap guru serta adanya guru yang tidak mematuhi kode etik sebagai seorang guru. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti berusaha menyadarkan tentang hubungan era tantara hak dan kewajiban yang saling mempengaruhi. Dalam hal ini adalah seorang guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan adab murid terhadap guru menurut Imam Ghazali dan kontekstualisasinya dengan kode etik guru Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi membaca literatur yang terkait dengan penelitian peneliti. Hasil penelitian berupa adanya hubungan yang sangat era tantara hak dan kewajiban. Dalam hal ini adalah seorang guru. Apabila seorang guru melaksanakan kewajibannya dengan baik maka seorang guru juga berhak mendapatkan haknya. Salah satu hak seorang guru adalah dihormati muridnya. Peneliti menganalisis bahwasanya ketika guru menjalankan kewajibannya dengan baik maka seorang guru juga mendapatkan haknya yaitu salah satunnya dihormati muridnya. Sebaliknya, jikalau murid yang tidak hormat kepada gurunya, maka kemungkinan ada sebagian kewajiban sebagai seorang guru yang belum terlaksanakan.


Keywords


Adab murid terhadap guru, kode etik guru Indonesia

References


Abnisa, Almaydza Pratama, “Adab Murid terhadap Guru dalam Perspektif Hadits,” Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (December 23, 2022): 93, https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i2.261.

Al-Mustadrak, no. 17.

Badrudin, “Urgensi Akhlak Hubungan Laki-Laki dan Perempuan Perspektif Syaikh Nawawi | Al-Fath,” 186, accessed December 20, 2024, http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alfath/article/view/5672.

Fauzi, Hairul, “Adab Murid Kepada Guru pada Proses Pembelajaran Menurut Imam Al-Ghazali dalam Kitab Bidayatul Hidayah,” At-Ta’lim : Kajian Pendidikan Agama Islam 5, no. I (April 28, 2023): 5, https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/Attalim/article/view/491.

Ferihana dan Azam Syukur Rahmatullah, “Pembentukan Adab Santri Berbasis Keteladanan Guru di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Yogyakarta | Ferihana | Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan,” 3628, accessed December 17, 2024, https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/2689.

Galih Permana, Hikmat Purnanama, dan M. Zani Dewajanti, “Analisis Perbandingan Pendidikan Adab Murid kepada Guru Perspektif Az-Zarnuji dan Al-Ghazali | Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam,” 190, accessed December 20, 2024, https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Tawazun/article/view/15784.

Hasbi, M. Zidny Nafi’, “Studi Analisis Keunggulan Dinar dan Dirham Sebagai Mata Uang Menurut Al - Ghazali dan Ibnu Taimiyah,” Tahkim 16, no. 2 (December 31, 2020): 292, https://doi.org/10.33477/thk.v16i2.727.

Jamaluddin dan Shabri Shaleh Anwar, Ilmu Kalam (Khazanah Intelektual Pemikiran dalam Islam) (Riau: PT. Indragiri Dot Com, 2020), 128–31.

Kholisotin, Lilik dan Lastaria, “Fungsi Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Guru dan Murid di Lingkungan MIS Al Jihad Palangka Raya | Anterior Jurnal,” 56, accessed December 20, 2024, https://journal.umpr.ac.id/index.php/anterior/article/view/27.

Lubis, MelliFera, Hemawati H, dan Rahmi Utami, “Relevansi Konsep Pendidikan Agama Islam Al-Ghazali terhadap Pendidikan Islam Kontemporer,” Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP 3, no. 2 (October 17, 2022): 158, https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11920.

Marjuni, Andi, “Peran dan Fungsi Kode Etik Kepribadian Guru dalam Pengembangan Pendidikan,” Jurnal Pendidikan Kreatif 1, no. 1 (June 17, 2020): 96, https://doi.org/10.24252/jpk.v1i1.14210.

Mukhtar, M. Zainul, “Akhlaq Pendidik dan Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam | Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam,” 14, accessed December 20, 2024, https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/188.

Mungaran, Muhammad Alif Anugrah, “Nilai-Nilai Ketawadhuan dalam Tradisi Pesantren Ar-Risalah Bandung untuk Pengembangan Kultur Religius Sekolah | Ma’alim: Jurnal Pendidikan Islam,” 173, accessed December 20, 2024, https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/maalim/article/view/7200.

Munirah, Junaidin, Rohana Maryam, Yulianus Bani, Marhanani Tri Astuti, Pupu Saeful rahmat, Muhammad Subhan Iswahyudi, Oktavina Rizky Indrasari, Faqih Purnomosidi, dan Anugriaty Indah Asmarany, Model Pendidikan Etika pada Usia Dini, Batam: Cendikia Mulia Mandiri, 2023.

Muntakib, Ahmad, Fatah Syukur, Syamsul Ma’arif, dan Musthofa, “Aktualisasi Etika Guru dan Murid Al-‘Āmili di Era Disrupsi | Muntakhib | Jurnal Smart (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi),” 166, accessed December 17, 2024, https://journal.blasemarang.id/index.php/smart/article/view/1112.

Musnad Ahmad, no. 4142.

Muwatha' Malik, no. 1554.

Muzdalifah, Zahrotul dan Ali Mustofa, “Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Bidayatul Hidayah dan Implementasinya di Pondok Pesantren Darul Faqih Malang | Rabbayani: Jurnal Pendidikan Dan Peradaban Islami,” 3, accessed December 17, 2024, https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/rabbayani/article/view/2255.

Nasution, Syamruddin dan Khoiruddin Nasution, “Mengkaji Nilai Salam dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tematik) | Nasution | Jurnal Ushuluddin,” 67, accessed December 20, 2024, https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ushuludin/article/view/1984.

Qodir, Mamat Saeful, “Pemikiran Syaikh Az-Zarnuji Adab Murid terhadap Guru dalam Kitab Ta’lim Al Muta’allim,” As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 4, no. 2 (August 31, 2020): 5.

Radila, Fajri Pathurrahman dan Akmal Rizki Gunawan Hasibuan, “Figur Peserta Didik Ideal dalam Tafsir Al-Qur'an Surah Al-Kahfi Ayat 60-78,” Al-Manar : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam 12, no. 1 (May 31, 2023): 84, https://doi.org/10.36668/jal.v12i1.468.

Rusmin, Muhammad, Nurul Aynun Abidin dan Risna Mosiba, “Implementasi Kode Etik Guru Dalam Proses Pembelajaran dI MAN 1 Soppeng | Inspiratif Pendidikan,” 154–55, accessed January 1, 2025, https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/30089.

Sarkowi, “Pendidikan Anak dalam Islam Perspektif Imam Ghazali,” Qolamuna : Jurnal Studi Islam 3, no. 2 (October 7, 2018): 286.

Setiawan, Agus “Reorientasi Keutamaan Ilmu dalam Pendidikan Perspektif Al-Ghazali pada Kitab Ihya ‘Ulumuddin | Setiawan | Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan,” 32, accessed December 18, 2024, https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/18.

Shahih Muslim, no. 4019.

Siregar, Surya Kartini Indah Sari, Ira Suryani, Nurul Syakirah Siregar, Nurul Wardani Fadhilah Lubis, Aulia Mardiana dan Muhammad Torkis Lubis, “Etika Interaksi Guru dan Murid dalam Sopan dan Kepatuhan Kata dan Tingkahlaku,” Pendis (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) 2, no. 3 (December 20, 2023): 8, https://doi.org/10.61721/pendis.v2i2.230.

Sukamti, BPSC Modul PPKn SD/MI Kelas III: Buku Pendamping Siswa Cerdas Modul PPKn + Kunci Jawaban, Jakarta Timur: Bumi Aksara, 2021.

Sunan Abu Daud, no. 4011.

Sunan Abu Dawud, no. 4271.

Sunan Darimi, no.2.

Sunan Ibnu Majah, no.143.

Sunan Nasa'I, no. 7.

Sunan Tirmidzi, no. 2390.

Suriadi, “Etika Interaksi Edukatif Guru dan Murid Menurut Perspektif Syaikh ʻAbd Al-Ṣamad Al-Falimbānī,” Dayah: Journal of Islamic Education 1, no. 2 (January 19, 2019): 155, https://doi.org/10.22373/jie.v1i2.2928.

Ya’cub, Mihmidaty, “Pendidikan Akhlak dalam Pencapaian Ilmu Manfaat,” Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 18, no. 1 (March 1, 2022): 7, https://doi.org/10.54069/attaqwa.v18i1.203.

Yusuf, Muhammad Bahruddin, “Konsep Ilmu Menurut Pemikiran Al-Ghazali,” Berkala Ilmiah Pendidikan 4, no. 3 (December 11, 2024): 678, https://doi.org/10.51214/bip.v4i3.1213.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v11i1.35180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                   

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.