Kontribusi Gaya Mengajar Expert Guru terhadap Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mengajar guru terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negri 1 Benkalis. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 43 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan. Observasi, angket, dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data. Metode analisis data menggunakan korelasi produk Pearson.Hasil penelitian menerima nilai rhitung> rtabel 0,535> 0,301 pada tingkat nilai 5%. Oleh karena itu Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya gaya mengajar guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas siswa belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negri 1 Benkalis. Besarnya kontribusi gaya mengajar guru terhadap aktivitas siswa sebesar 28,6% dan sisanya sebesar 71,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Penelitian ini merupakan kajian tentang kekuatan instrument angket pada penelitian kuantitatif dalam pengukuran Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bengkalis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
ALdhi Kusumalstuti, Dkk., Metode Penelitialn Kualntitaltif, Yogyalkalrtal (Yogyalkalrtal: CV Budi Utalmal, 2020)
ALkbalr, Mohalmmald Rezalndy, daln Yaldi Suprialdi, “Hubungaln Medial Malssal Online dengaln Pemenuhaln Kebutuhaln Informalsi Malhalsiswal,” Jurnall Riset Jurnallistik daln Medial Digitall, 1.1 (2021), hall. 35–44, doi:10.29313/jrjmd.v1i1.171
ALnwalr, Muslem Dalud, ALbubalkalr, Zalinuddin, daln Faldhilal Fonnal, “ALnallisis Pengalruh Galyal Mengaljalr Guru Terhaldalp Prestalsi Belaljalr Siswal,” Jurnall Seralmbi Ilmu Journall of Scientific Informaltion alnd Educaltionall Crealtifity, 21 (2020), hall. 64–85
ALpriyalnti, Yoki, Evi Lorital, daln Yusualrsono Yusualrsono, “Kuallitals Pelalyalnaln Kesehaltaln Di Pusalt Kesehaltaln Malsyalralkalt Kembalng Seri Kecalmaltaln Tallalng Empalt Kalbupalten Bengkulu Tengalh,” Profesionall: Jurnall Komunikalsi daln ALdministralsi Publik, 6.1 (2019), doi:10.37676/professionall.v6i1.839
ALsuke, Sofyaln, Rusli Isal, Meyko Palnigoro, Lisdal L. ALsi, daln Melizubalidal Malhmud, “Pengalruh Galyal Mengaljalr Guru Terhaldalp ALktivitals Belaljalr Siswal,” Journall of Economic alnd Business Educaltion, 1.1 (2023), hall. 134–39, doi:10.37479/jebe.v1i1.18689
Dalrwis, ALmri, Teknik Penulisaln Skripsi Pendidikaln ALgalmal Islalm (Pekalnbalru: Calhalyal Firdalus, 2021)
Geal, Yupital Herni Yalnti, daln Rinal ALri Rohmalh, “Pengalruh Galyal Mengaljalr Guru Terhaldalp Kealktifaln Siswal Dallalm Pembelaljalraln Ips Di Kelals VIII SMP Muhalmmaldiyalh Ralmbalh,” Balkobal: Jurnall Pendidikaln IPS, 01.01 (2020), hall. 34–43, doi:10.30606/bjpi.v01i01.xxx
Gralshal, ALnthony F, daln Naltallial Yalngalrber-Hicks, “Integralting Tealching Styles alnd Lealrning Styles with Instructionall Technology,” College Tealching, 48.1 (2000), hall. 2–10, doi:10.1080/87567550009596080
Gralshal, F., “Tealching with Style,” ALngewalndte Chemie Internaltionall Edition, 6(11), 951–952., 2002, hall. 10–27
Gralshal, F, “The Maltter als of Expert , Style : Formall alnd ALuthority , Delegaltor Tealcher Personall Model , Falcilitaltor ,” Tealcher, 42.4 (2010), hall. 142–49
Halsalnalh, Halsyim, “TEKNIK-TEKNIK OBSERVALSI (Sebualh ALlternaltif Metode Pengumpulaln Daltal Kuallitaltif Ilmu-ilmu Sosiall),” ALt-Talqalddum, 8.1 (2017), hall. 21, doi:10.21580/alt.v8i1.1163
Indralwaln, Bismal, daln Rinal Kalnialwalti Dewi, “Pengalruh Net Interest Malrgin (NIM) Terhaldalp Return on ALsset (ROAL) Paldal PT Balnk Pembalngunaln Daleralh Jalwal Balralt Daln Balnten Tbk Periode 2013-2017,” Jurnall E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4.1 (2020), hall. 78–87, doi:10.37339/e-bis.v4i1.239
Mulyalsal, Menjaldi Guru Profesionall Menciptalkaln Pembelaljalraln Krealtif daln Menyenalngkaln (PT Remaljal Rosdalkalryal, 2015)
Nurutalmi, Rizkialnal, daln ALdmaln, “Kompetensi Profesionall Guru sebalgali Determinaln terhaldalp Minalt Belaljalr Siswal (Tealchers’ Professionall Competence als Determinalnt of Student Lealrning Interest),” Jurnall Pendidikaln Malnaljemen Perkalntoraln, 1.1 (2016), hall. 121–22
Pralwiyogi, ALnggy Giri, Tial Laltifaltu Saldialh, ALndri Purwalnugralhal, daln Popy Nur Elisal, “Penggunalaln Medial Big Book untuk Menumbuhkaln Minalt Membalcal di Sekolalh Dalsalr,” Jurnall Balsicedu, 5.1 (2021), hall. 446–52, doi:10.31004/balsicedu.v5i1.787
Salnalky, Musrifalh Malrdialni, “ALnallisis Falktor-Falktor Keterlalmbaltaln Paldal Proyek Pembalngunaln Gedung ALsralmal Maln 1 Tulehu Malluku Tengalh,” Jurnall Simetrik, 11.1 (2021), hall. 432–39, doi:10.31959/js.v11i1.615
Setialwaln, Eni, Walwalncalral bersalmal Eni Setialwaln selalku guru PALI di SMAL Negeri 1 Bengkallis, 2023
Sintial, Ineu, Muhalmmald Dalnil Palsalrellal, daln Dalrnalh ALndi Nohe, “Perbalndingaln Tingkalt Konsistensi Uji Distribusi Normallitals Paldal Kalsus Tingkalt Pengalngguraln di Jalwal,” Prosiding Seminalr Nalsionall Maltemaltikal, Staltistikal, daln ALplikalsinyal, 2.2 (2022), hall. 322–33
Slalmet, Rokhmald, daln Sri Walhyuningsih, “Valliditals Daln Relialbilitals Terhaldalp Instrumen Kepualsaln Ker,” ALlialnsi : Jurnall Malnaljemen daln Bisnis, 17.2 (2022), hall. 51–58, doi:10.46975/allialnsi.v17i2.428
Sugiono, Noerdjalnalh, daln ALfrialnti Walhyu, “Uji Valliditals daln Relialbilitals ALlalt Ukur SG Posture Evallualtion,” Jurnall Keteralpialn Fisik, 5.1 (2020), hall. 55–61, doi:10.37341/jkf.v5i1.167
Sukalcal, Dival Intaln Puteri, daln Mohalmmald Zalkki ALzalni, “Straltegi pembelaljalraln problem balsed lealrning paldal maltal pelaljalraln pendidikaln algalmal Islalm temal zalkalt di kelals X SMAL Muhalmmaldiyalh 1 Klalten,” ALt Turots: Jurnall Pendidikaln Islalm, 5.2 (2023), hall. 862–71, doi:10.51468/jpi.v5i2.245
Sukalrdi, Metodologi Penelitialn Pendidikaln Kompetensi daln Pralktiknyal (Jalkalrtal : Bumi ALksalral, 2015)
Suprialdi, Gito, Staltistik Penelitialn Pendidikaln (Yogyalkalrtal : UNY Press, 2021)
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i2.34855
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam
Potensia: Jurnal Kependidikan Islam
E-ISSN: 2442-5605
Published By:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id
Indexed By:
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.