Kolaborasi Inquiry Based Learning dengan Metode Hiwar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah

Nopi Risdiani, Syahidin Syahidin, Wawan Hermawan, Agus Fakhruddin

Abstract


Penelitian ini membahas pentingnya pendidikan dalam kemajuan bangsa dan menyoroti kebutuhan akan metode pengajaran yang efektif dalam pembelajaran, khususnya Pendidikan Agama Islam. Fenomena yang dihadapi adalah metode pembelajaran yang kurang fokus pada keterampilan berpikir kritis dan aplikatif, yang menyebabkan siswa memiliki pemahaman teoritis tetapi kurang mampu mengaplikasikan pengetahuan agama dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kolaborasi model Pembelajaran Inquiry Based Learning dan metode Hiwar untuk meningkatkan pemahaman dan aplikasi ajaran agama Islam di sekolah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui riset pustaka, penelitian ini mengevaluasi literatur yang relevan untuk menjelaskan konsep dan aplikasi praktis kedua metode tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi Inquiry Based Learning dan metode Hiwar dapat menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan komunikasi siswa, serta memotivasi mereka untuk lebih aktif dalam pembelajaran agama Islam, sehingga kualitas pendidikan agama Islam di sekolah dapat ditingkatkan secara signifikan.

 

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Japanese Translate to Indonesian    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Japanese to Indonesian
Never translate Japanese
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Keywords


Inquiry Based Learning, Hiwar, Pendidikan Agama Islam.

Full Text:

PDF

References


Abdusshomad, A. (2021). Metode Hiwar Sebagai Salah Satu Cara Mencegah Islamophobia. Jurnal Islam Nusantara, 05(02), 27–36. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v5i2.286

Ahmad, I. (2008). Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris. Humaniora.

Anam, K. (2017). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Pustaka Pelajar.

Arifin, N. (2020). Pemikiran Pendidikan John Dewey. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2(2), 168–183. https://doi.org/10.47467/assyari.v2i2.128

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Aris, A. (2022). Metode Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Quran. In Tsaqafatuna (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v4i1.163

Asror, F. M. (2022). Implementasi Metode Inquiry dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. DAYAH: Journal of Islamic Education, 5(1), 75. https://doi.org/10.22373/jie.v5i1.11230

Aziz, A. A., Hidayatullah, A. S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 63. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.542

Faizin, M., Aziz, Y., Putri, N. H., & Albab, A. U. (2023). Metode Hiwar Dalam Pendidikan Islam Perspektif Al Ghazali. Journal TA’LIMUNA, 12(1), 52–60. https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i1.1341

Fajri, H., & Charles, C. (2023). Pelaksanaan Model Pembelajaran Inquiry Learning dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran PAI di SDN 12 Koto Tangah. Tsaqofah, 3(6), 1317–1326. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i6.1945

Farias, R. L. S., Ramos, R. O., & da Silva, L. A. (2009). Numerical solutions for non-Markovian stochastic equations of motion. In Computer Physics Communications (Vol. 180, Issue 4). https://doi.org/10.1016/j.cpc.2008.12.005

Gunardi. (2020). Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. SHEs: Conference Series 3, 4(1), 2288–2294.

Hasria, H., Mujahid, M., & R, R. (2021). Efekivitas Penerapan Metode Hiwar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Hikmat Tuttula Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 57. https://doi.org/10.36915/la.v2i1.23

Imam Kurniawan, A. A. H. & A. H. A. K. (2021). Metode Pembelajaran Kreatif Mata Pelajaran Bahasa Arab Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar Islam. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(1), 13–20.

Kismatun. (2021). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode Inquiry. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 266–275. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i4.754

Ma’rifataini, L. (2018). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMA) 11 BANDUNG. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(1), 110–123.

Mariani. (2022). PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.18592/jt

Maryace. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran PAI Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di SMA Negeri 10 Palembang. TA’DIB, 6(2), 2–5.

Musriah, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inquiry-Based Learning (IBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran PAI di MI Raudhotul Mubarokah. SKULA : Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 3(5), 153–163.

Musthofa, M., & Illahi, N. (2023). Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 20–37. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v2i1.310

Naim, M., Rajab, A., & Alip, M. (2020). Esensi Metode Pembelajaran Perspektif Pendidikan Islam (Essence of Islamic Education Perspective Learning Method). ISTIQRA’: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(2), 74–88.

Ningke, R. W., & Subiantoro, E. (2022). Implementasi Metode Hiwar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 103–108. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1480

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. UM Press.

Nurshibah, N., Bariah, O., & Riana, N. (2022). Implementasi Metode Inquiry dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam guna Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 16058–16065.

Rosidin, D. (2017). Metode Hiwar. Jurnal Al Minhaj (Pendidikan), 2.

Santoso, A. D. (2023). Aplikasi Pembelajaran Pai (Pendidikan Agama Islam) Metode Ibl (Inquiry Based Learning) Berbasis Zone Activity Di Mts Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 238–248.

Sidik, F. (2016). Guru Berkualitas Untuk SDM Berkualitas. Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 109–114.

Srifitriani, A., Regita, S. M., & ... (2022). Implementasi Metode Inquiry Based Learning Dalam Meningkatkan Creative Thinking Skills. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu …, 7(02), 349–357.

Syafruddin, M. A., Idawati, & Safari. (2023). Metode Pembelajaran Inquiry dalam Perspektif Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 3(1), 103–113. https://doi.org/10.14421/hjie.2023.31-08

Syamsi, N., & Ngarifin, S. Al. (2019). Penerapan Metode Hiwar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Mts. Mamba’Ul Ulum Margoyoso Tanggamus. Prosiding At Ta’dib STIT, 7.

Wardoyo, S. M. (2015). Pembelajaran Konstruktivisme Teori dan Aplikasi. Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Alfabeta.

Yunus Abidin, T. M. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan. Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan menulis. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v11i1.32533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                   

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.