Tantangan dan Strategi Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Integritas Moral Pemuda Muslim di Era Globalisasi

Yelly Anisa, Pristian Hadi Putra

Abstract


Di era globalisasi, moralitas pemuda muslim terancam oleh berbagai pengaruh buruk seperti media sosial, budaya asing, dan nilai-nilai yang bertentangan dengan ajaran Islam. Sayangnya, pendidikan agama Islam yang seharusnya menjadi benteng moral justru menghadapi berbagai tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan strategi pendidikan agama Islam dalam membangun integritas moral pemuda muslim di era globalisasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (Library Research), teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dimana peneliti mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam menghadapi beberapa tantangan utama, yaitu pengaruh budaya asing, perkembangan teknologi dan media sosial yang sangat cepat, serta krisis identitas pada diri pemuda Muslim. Untuk mengatasi tantangan tersebut, pendidikan agama Islam perlu melakukan beberapa hal, seperti membuat kurikulum yang sesuai dengan zaman namun tetap berpegang pada nilai-nilai Islam, meningkatkan kualitas para guru agama, serta bekerja sama dengan orang tua dan masyarakat. Jika strategi-strategi tersebut diterapkan dengan baik, diharapkan pendidikan agama Islam dapat mencetak pemuda Muslim yang memiliki karakter kuat dan mampu menghadapi tantangan zaman. Pemuda Muslim yang berkarakter baik akan menjadi pemimpin masa depan yang membawa perubahan positif bagi umat Islam.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in English Translate to Indonesian    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate English to Indonesian
Never translate English
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Keywords


Tantangan, Strategi, Integritas Moral, Globalisasi

Full Text:

PDF

References


Alfian, R. N., & Ilma, M. (2023). Menakar Peluang dan Tantangan dalam Membidik Strategi Pendidikan Islam di Era Globalisasi. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 71–83. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i1.7108

Ardiansyah, D., & Iswahyudi. (2023). Peran Pendidikan Pesantren dalam Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter Integritas. INTEGRATIA: Journal of Education, Human Development, and Community Engagement, 1(2), 143–156. https://ojisnu.isnuponorogo.org/index.php/integratia/article/view/46/24

Aziz, A. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Memerangi Radikalisme Dan Ekstremisme Agama Dikalangan Pemuda. GUAN: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(3), 43–46. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/922/836

Bakhri, A. (2015). Tantangan Pendidikan Agama Islam dI Madrasah Pada Era Globalisasi. Jurnal Madaniyah, 8, 63–86. https://www.neliti.com/id/publications/195118/tantangan-pendidikan-agama-islam-di-madrasah-pada-era-globalisasi

Basri, H., & Arifin, Z. (2021). Otonomi Pendidikan Islam: Tantanagan dan Harapan. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 136–151. https://doi.org/10.24014/potensia.v7i2.13315

Bayuseto, A., Yaasin, A., & Riyan, A. (2023). Upaya Menanggulangi Dampak Negatif Globalisasi Terhadap Generasi Muda di Indonesia. Integritas Terbuka: Peace and Interfaith Studies, 2(1), 59–68. https://doi.org/10.59029/int.v2i1.10

Hernawati, H., & Mulyani, D. (2023). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam dalam menyiapkan Generasi Tangguh di Era 5.0. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.30659/jspi.6.1.1-17

Hidayat, M. A., Syahid Kalijogo, T., Munawaroh, S., Handayani, S., Saputri, E. I., & Apriliana, N. A. (2023). Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Degradasi Moral. Journal of Multidisciplinary Studies, 7(1), 24–40. https://doi.org/10.22515/academica.v7i7417

kemas mas’ud ali. (2016). Integritas Pendidikan Agama Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, II(1), 1–14. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1158

Mardiah Astuti, Herlina Herlina, Ibrahim Ibrahim, Yusniasari Yusniasari, Selpita Selpita, Mia Anisa, & Indah Purnamasari. (2023). Pendidikan Islam Dalam Menangani Tantangan Global. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat, 2(1), 201–208. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v2i1.1306

Muliansyah, B. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Krisis Identitas Pada Remaja Muslim Di Era Globalisasi. GUAN: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(3), 105–108. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/920/843

Nasiri. (2020). Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Era Globalisasi. Juernal Keislaman, 03(1), 54–71. https://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/JK/article/view/3117/2249

Ningsih, W., & Zalisman, Z. (2024). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Konteks Global (E. Efitra, N. Dihniah, & S. Sepriano (eds.); 1st ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Pewangi, M. (2016). Tantangan Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Jurnal Tarbawi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.347

Primayanti, A. I. (2015). Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Problematika Globalisasi. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 46–60. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1447

Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI PILAR PEMBENTUKAN MORAL DAN ETIKA. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249

Roni, E., Supriawan, & Suparni. (2024). Tantangan Pendidikan Masa Kini Dalam Perspektif Islam Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7837–7847. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13570

Suriana. (2014). Pendidikan Islam Di Era Globalisasi: Menggapai Peluang, Menuai Tantangan. Jurnal Mudarrisuna, 4(2), 356–365. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/294




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v11i1.32311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                   

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.