Peta Perkembangan Metode Pengajaran Al-Qur'an dan Hadist untuk Anak Sekolah Dasar: Analisis Bibliometrik
Abstract
Pembelajaran Al-Qur'an dan Hadist di sekolah dasar (SD) memiliki peranan penting dalam membentuk dasar-dasar keagamaan anak-anak sejak usia dini. Kualitas dan efektivitas rancangan pembelajaran ini menjadi krusial mengingat pengaruhnya terhadap pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Seiring dengan perkembangan teknologi dan metode pembelajaran, perlu adanya evaluasi dan analisis mendalam mengenai tren dan pola penelitian dalam bidang ini untuk memastikan pendekatan yang digunakan relevan dan efektif. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi literatur yang relevan terkait rancangan pembelajaran Al-Qur'an Hadist di SD. Melalui analisis bibliometrik, kami berusaha menjawab pertanyaan penelitian: Apa saja tren penelitian yang ada terkait rancangan pembelajaran Al-Qur'an Hadist di SD? Bagaimana pola kolaborasi penulis dan institusi dalam topik ini? Untuk mencapai tujuan tersebut, kami menggunakan aplikasi Publish or Perish untuk mengumpulkan data dari Google Scholar dan aplikasi VOSviewer untuk menganalisis dan memvisualisasikan data tersebut. Pendekatan ini memungkinkan kami untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang perkembangan penelitian, mengidentifikasi peneliti terkemuka, serta jaringan kolaborasi antar institusi dalam bidang ini. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan landasan yang kuat bagi peneliti dan praktisi pendidikan dalam mengembangkan dan menerapkan rancangan pembelajaran Al-Qur'an Hadist yang lebih baik di masa depan.
Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur'an dan Hadist; Sekolah Dasar; Analisis Bibliometrik; VOSviewer
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, A. N. (2017). Hifdz Al-Quran: Program Unggulan Full Day School dalam Membentuk Karakter Qurani Siswa SD. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 4(1), Art. 1. https://doi.org/10.17509/t.v4i1.6990
Akbar, F. H., Fasha, F. L., & Abdullah, F. (2024). The Concept of Religious Moderation in a Review of the Qur’an and Hadith: Konsep Moderasi Beragama dalam Tinjauan Qur’an Hadis. Bulletin of Islamic Research, 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.69526/bir.v2i1.21
Alfi, A. M., Febriasari, A., & Azka, J. N. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam melalui Teknologi. Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(4), 511–522. https://doi.org/10.55606/religion.v1i4.249
Ali, S. M., & Ponengoh, K. (2020). Optimalisasi Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tafhim Al-’Ilmi, 11(2), 201–222. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i2.3750
Anam, N. (2017). Respon Pendidik Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Mata PelajaranAl-Qur`an Hadist di MTs Al-Qodiri Jember | Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan. https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/531
Anas, A. D. S., & Sigid, S. E. P. (2024). Global Trends in Sharia Audit Practice: An In-depth Bibliometric Exploration. Review on Islamic Accounting, 4(1). https://doi.org/10.58968/ria.v4i1.499
Bulan, S., & Wahyudi, W. E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Terintegrasi Seni Melalui Narasi Berbasis Gambar Bercerita Surat Al-Fil Untuk Membangun Kemampuan Berpikir Siswa | Journal of Instructional and Development Researches. https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIDeR/article/view/18
Dananier, N., Hadi, S., Dwisatria, R. M. D. A., Ibrahim, M. Y., Amali, S. R. M., & Maulida, S. D. (2024). A Review of the Research in Islamic Education in Indonesia Through the Vosviewer Application. International Journal of Economics (IJEC), 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.55299/ijec.v3i1.825
Fauziah, C., Taufiqulloh, T., & Sudibyo, H. (2020). Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning Selama Pandemi Covid-19. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.24905/psej.v5i2.46
Fauzieyah, L. U., & Suyatno, S. (2024). Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu, 8(1), Art. 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7092
Felsenthal, I., & Agbaria, A. (2023). How to Read the Quran in Religious Islamic Education: What Educators Can Learn from the Work of Mohammed Arkoun. Religions, 14(1), Art. 1. https://doi.org/10.3390/rel14010129
Ghozali, I. (2018). Al-Qur’an Dalam Prespektif Muhammed Arqoun (An analysis of Tafsir Arqoun’s thought) (An analysis of Tafsir Arqoun’s thought). Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan, 14(1), Art. 1. https://doi.org/10.56633/jkp.v14i1.40
Hakim, R., Ritonga, M., Khodijah, K., Zulmuqim, Z., Remiswal, R., & Jamalyar, A. R. (2022). Learning Strategies for Reading and Writing the Quran: Improving Student Competence as Preservice Teachers at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training. Education Research International, 2022, e3464265. https://doi.org/10.1155/2022/3464265
Hariyanto, I. (2018). HERMENEUTIKA AL-QUR’AN MUHAMMED ARKOUN. El-Umdah, 1(2), Art. 2. https://doi.org/10.20414/elumdah.v1i2.549
Julfiyah, S., Aisida, S., & Badriyah, L. (2023). Pengaruh Pelaksanaan Program Tahfidzul Quran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Alquran Hadits Di MA Banu Hasyim Waru Sidoarjo. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(5), Art. 5. https://doi.org/10.572349/cendikia.v1i5.612
Khoiriyah, D. A., Sutomo, M., & Suhardi, A. A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist dalam Pembelajaran Online di SD NU Grenden Kecamatan Puger. PESAT, 7(4), Art. 4. http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/65
Kholis, N. (2021). The Role Of Teachers in Islamic Education. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), Art. 1. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v5i1.3156
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1526–1539. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.618
Mutmainnah, M. (2024). Epistemology of Thought Study of Muhammad Imarah View On Th Presence Of Hermeneutics As A Methiode Of Interpretation. Jurnal Ushuluddin, 32(1), Art. 1. https://doi.org/10.24014/jush.v32i1.29073
Novianti, N., Amelia, M., Wahyuni, M. S., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran: Aplikasi Fun Edu’kids Islamic Berbasis Ibuildapp Pada Materi Kisah Keteladanan Para Nabi di Kelas V SD | JURNAL JENDELA PENDIDIKAN. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/198
Nurhasan, N., Hidayat, Y., Hadiat, H., Dini, A., & Fauzian, R. (2023). Keefektifan Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1075–1085. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4840
Oktaviani, E., & Husin, H. (2022). Implementasi Pembelajaran Tahsin Al-Qurâ€TM an dan Amaliyah Keagamaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5063–5075. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3025
Rahman, A. (2022). Pengaruh Tahfidz Al-Qur’an Dan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist Di Ma Unwanul Falah Nw. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i2.5002
Said, S. M., Seppewali, A., Yanti, R. W., Aisyah, N., & Susanti, S. (2023). Pembinaan Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Interaktif di Sekolah Dasar Islam Terpadu Tahfidzul Qur’an Majene. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 4(2), Art. 2. https://doi.org/10.36590/jagri.v4i2.702
Salafudin, S., & Darwis, D. (2023). Implementasi Metode Talqin Dalam Pembelajaran Tahfizhul Qur’an Di Sekolah Dasar Al Hanief Kota Bekasi. Turabian: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.33558/turabian.v1i1.7950
Satriani, S. (2022). Rancangan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Berbasis Project Based Learning Pada Madrasah Ibtidaiyah. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), Art. 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2503
Sharafat, A. K. (2023, September 6). The Importance of Education in Islam: From the Perspective of Quran and Sunnah. https://themuslimvibe.com/muslim-lifestyle-matters/the-importance-of-education-in-islam-from-the-perspective-of-quran-and-sunnah
Syaifullah, M., Siregar, H., Mawaddah, M., Dita, R., & Siregar, S. R. A. (2022). Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Kelas V MI/SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11413–11417. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4256
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i1.30207
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam
Potensia: Jurnal Kependidikan Islam
E-ISSN: 2442-5605
Published By:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id
Indexed By:
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.