Pendidikan Keluarga dalam Islam: Strategi dan Implementasinya dalam Kehidupan Modern
Abstract
Sebuah bstrak
Pendidikan keluarga dalam Islam memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan moral individu. Dalam konteks kehidupan modern yang penuh dengan tantangan dan perubahan sosial, strategi yang tepat diperlukan untuk menyelenggarakan pendidikan keluarga yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan implementasi pendidikan keluarga dalam Islam dalam menghadapi kehidupan modern. Penelitian ini berjenis studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang melibatkan studi terhadap berbagai penelitian dan literatur terkait dengan pendidikan keluarga dalam Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang efektif dalam pendidikan keluarga dalam Islam meliputi pendekatan komunikasi yang baik antara anggota keluarga, penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan teknologi dengan bijak, serta peran orang tua sebagai contoh teladan yang baik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Islam, pendidikan keluarga merupakan salah satu aspek terpenting dalam membentuk individu dan masyarakat yang kuat. Dengan pendidikan keluarga yang baik, individu muslim dapat tumbuh menjadi individu yang bertakwa, memiliki etika yang baik dan mampu memberikan kontribusi positif dalam masyarakat.
Kata Kunci: Implementasi; Islam; Kehidupan Modern; Pendidikan Keluarga
Abstrak _
Pendidikan keluarga dalam Islam memegang peranan penting dalam membentuk karakter dan akhlak individu. Dalam konteks kehidupan modern yang penuh tantangan dan perubahan sosial, diperlukan strategi yang tepat untuk memberikan pendidikan keluarga yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan implementasi pendidikan keluarga dalam Islam menghadapi kehidupan modern. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang melibatkan kajian berbagai penelitian dan literatur yang berkaitan dengan pendidikan keluarga dalam Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan keluarga Islam yang efektif meliputi pendekatan komunikasi yang baik antar anggota keluarga, penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, pemanfaatan teknologi secara bijak dan peran orang tua sebagai teladan yang baik. Dalam Islam, pendidikan keluarga merupakan salah satu aspek terpenting dalam membentuk individu dan masyarakat yang kuat. Dengan pendidikan keluarga yang baik, individu muslim dapat tumbuh menjadi individu yang bertakwa, beretika baik, dan dapat berkontribusi positif kepada masyarakat.
Kata Kunci : Implementasi, Islam, Pendidikan Keluarga, Kehidupan Modern
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBackKeywords
Full Text:
PDFReferences
Afiqoh, Noviana. “Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Perkembangan Islam Di Indonesia Pada Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Pamotan Tahun Ajaran 2017/2018.” Indonesian Journal of History Education 6, no. 1 (2018): 43–50.
Ashoumi, Hilyah, and M. Muhtarom Ilyas. Desain Materi Agama Islam Dalam Bingkai Media Google Classroom. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, 2019.
Astari, Renita Yuli. “Pengaruh Keharmonisan Keluarga Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Siswa Kelas IV MI Ma’arif Singosaren Jenengan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2020.
Basri, Hasan. “Disorientasi Pendidikan Madrasah Di Indonesia.” 2Potensia: Jurnal Kependidikan Islam 3, no. 1 (2017): 61–81. doi:10.24014/potensia.v3i1.3470.
Djaelani, Moh. Solikodin. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat.” Jurnal Ilmiah Widya 1, no. 2 (2013): 100–105.
Erhansyah, Erhansyah. “Pengaruh Pendidikan Agama Dalam Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Budaya Religius Siswa SMA Se-Kecamatan Muara Muntai Kutai Kartanegara.” Syamil: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 6, no. 1 (2018): 89–108. doi:10.21093/sy.v6i1.1329.
Haderani, Haderani. “Perananan Keluarga Dalam Pendidikan Islam.” Ilmu Kependidikan Dan Kedakwaan 12, no. 24 (2019): 21–37. doi:10.11378/Ipk.v12i24.4221.
Herlina, Herlina, Syarifuddin Syarifuddin, and Susiba Susiba. “Perspektif Al-Qur’an Dan Fikih Dalam Membangun Pendidikan Keluarga Yang Berkualitas.” Instructional Development Journal (IDJ) 6, no. 1 (2023): 27–37. doi:http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i1.24429.
Husamah, Restian Arina, and Widodo Rahmad. Pengantar Pendidikan. Malang: UMM Press, 2019.
Ida, Rachmah. Budaya Populer Indonesia Diskursus Global Lokal Dalam Budaya Populer Indonesia. Surabaya: Airlangga University Press, 2017.
Jawawi, Abdullah. “Hadits Perintah Shalat Pada Anak Usia 7-10 Tahun Dalam Perspektif Psikologi Perkembangan.” An-Nisa’ 13, no. 1 (2020): 777–84.
Labaso’, Syahrial. “Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis.” Jurnal Pendidikan Agama Islam XV, no. 1 (2018): 52–69. doi:10.14421/jpai.2018.151-04.
Lusitania, Nikita, Abdurrazzaq Abdurrazzaq, and Alimron Alimron. “Pengorganisasian Dalam Pendidikan Perspektif Alqur’an.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023): 22498–504.
Maalah, Muhammad Nur, and Jasriana. “Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak.” Jurnal Al-Ibrah VI, no. 02 (2017): 111–24.
Mahmud. Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga. Jakarta: Akademia Permata, 2013.
Mardeli, Mardeli. “Konsep Al-Qur’an Tentang Metode Pendidikan Islam.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 1 (2011): 137–54. doi:10.19109/td.v16i1.58.
———. “Konsep Al-Qur’an Tentang Metode Pendidikan Islam.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 1 (2011): 137–54. doi:10.19109/td.v16i01.58.
Mulyaningsih, Indrati Endang. “Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnar Pendidikan Dan Kebudayaan 20, no. 4 (2014): 441–51. doi:10.24832/jpnk.v20i4.156.
Nurlaila. Pengelolaan Pembelajaran. Palembang: Noerfikri, 2017.
Padjrin, Padjrin. “Pola Asuh Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Intelektualita 5, no. 1 (2016): 1–21. doi:10.19109/intelektualita.v5i1.720.
Peraturan Pemerintah RI. Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 1994 Bab I Pasal 1 Ayat 2. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia, 2009.
Purwati, Purwati. “Penguatan Karakter Melalui Optimalisasi Perkembangan Anak Guna Menyosong Indonesia Emas.” Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan Edisi Khus (2018). doi:https://doi.org/10.31603/edukasi.v0i0.2354.
Rahmawati, Nurul, and Muhammad Munadi. “Pembentukan Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas X Di SMK N 1 Sragen Tahun Ajaran 2017/2018.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2019): 57–68. doi:10.30868/ei.v8i01.309.
Sajadi, Dahrun. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): 16–34. doi:10.34005/tahdzib.v2i2.510.
Sarosa, Samiaji. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Kanisius, 2021.
Srifariyati, Srifariyati. “Pendidikan Keluarga Dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tematik).” Jurnal Mudaniyah 2, no. XI (2016): 226–48.
Srijatun. “Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di RA Perwanisa Slawi Kaabupaten Tegal.” Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2017): 25.
Sulasmi, Emilda. Buku Ajar Kebijakan Dan Permasalahan Pendidikan. Medan: Umsu Press, 2021.
Syaribini, Amirulloh. Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga: Studi Tentang Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga Perspektif Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Syarnubi, Syarnubi. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV Di SDN 2 Pengarayan.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (2019): 87–103. doi:10.19109/tadrib.v5i1.3230.
Syukur, Taufik Abduillah, Gemar Al Hadder, Istiqamah, Ade Ismail Fahmi, Haridah, Rahmad Risan, Sugisman, et al. Pendidikan Anak Dalam Keluarga. Padang: Global Eksekutif Teknologi, 2023.
Tohrin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Toyyib, Moh., Ishaq Syahid, and Nurul Qomariyah. “Pembentukan Kemampuan Menghafal Surah Al-Fatihah Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Dalam Keluarga Hafidzul Qur’an Di Desa Tlagah).” Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam 6, no. 2 (2021): 22–37.
Ubabuddin. “Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam.” Edupedia 2 (2019): 37–48.
Yohana, Neni. “Konsep Pendidikan Dalam Keluarga.” Oasis 2, no. 1 (2017): 1–10.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.
Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.
Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.
Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.
Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.
Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.
Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v9i2.27673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam
Potensia: Jurnal Kependidikan Islam
E-ISSN: 2442-5605
Published By:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id
Indexed By:
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.