Menguak Potensi Pengembangan Kurikulum Melalui Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an

Elok Aulia Bilawatin Nufus, Warih Handayaningrum

Abstract


Artikel ini mengeksplorasi potensi pengembangan kurikulum melalui metode Ummi di MI Islamiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Ummi memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas sistem pendidikan, pembentukan karakter anak-anak, dan lingkungan belajar yang kondusif. Potensi metode Ummi dalam pengembangan kurikulum di MI Islamiyah mencakup: pendekatan berbasis pemahaman dan interaktif yang mendalam dan kontekstual terhadap ajaran Al-Qur'an. Integrasi elemen interaktif yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik, dinamis, dan memotivasi. Dorongan terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak, terutama dalam konteks pembelajaran Al-Qur'an. Melalui penelitian ini, lembaga pendidikan Islam dapat memperoleh manfaat maksimal dari metode pembelajaran Al-Qur'an metode Ummi yang holistik, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan siswaTRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Kurikulum; Pendidikan; Metode Ummi

Full Text:

PDF

References


Andiyanto, T. (2017). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013: Studi Pada Tk Mentari Kec. Abung Selatan Kab. Lampung Utara. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 73. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.790

Firdausi, Anita Rahmawati. (2012). Profesionalisme Pendidik Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Mutu Baca Al-Qur’an (Studi Kasus Al-Ma’had Al-Islami As-Salafi Al-Adnan Desa Pucangsongo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang). Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang.

Fitriana, A. (2023). Peran guru tahfiẓh dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di SDIT Ar-Rahman Jakarta Selatan. Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ).

Islam, Syaiful. (2017). Karakteristik Pendidikan Karakter; MenjawabTantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013. Edureligia, 1(1), 89–101. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1606

Lubis, Amrul Aziz., M. P. (2024). Manajemen Program Hafalan Quran di Pondok MAS Subulussalam Madina. Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 1–18.

Munawaroh, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Darussalam Sangatta Kutai Timur. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 4(1), 1–26. https://doi.org/10.21093/sy.v4i1.538

Musthafa, I., & Meliani, F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji di Era Revolusi Industri 4.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 664–667. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.329

Muzakky, A. (2016). Standarisasi Mutu Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Kresna Mlilir Dolopo Madiun Dengan Metode Ummi. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo.

Oviyanti, F. (2016). Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 267–282. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.562

Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19

Permata, I. D., Ibrahim, D., & Hawi, A. (2021). Karakteristik Budaya Sekolah Islam Terpadu: Studi Kasus Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia. As-Shuffah Journal of Islamic Studies, 67–95. http://repository.radenfatah.ac.id/27028/1/document %285%29.pdf

Syahroni, S. (2017). Peranan Orang Tua dan Sekolah dalam Pengembangan Karakter Anak Didik. Intelektualita, 6(1), 13. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v6i1.1298

Susanto, Toni Dwi. (2020). Metode Penelitian Studi Kasus (Case Study). Https://Notes.Its.Ac.Id/. https://notes.its.ac.id/tonydwisusanto/2020/08/30/metode-penelitian-studi-kasus-case-study/

Walidin, H. W., Saifullah, & ZA, T. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory (Masbur (ed.); Cetakan Pe). FTK Ar-Raniry Press.

Winando, Y. (2023). Metode Penelitian. Https://Www.Gurupendidikan.Co.Id/. https://www.gurupendidikan.co.id/metodologi-penelitian/

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v9i2.27570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.