Menguak Potensi Pengembangan Kurikulum Melalui Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andiyanto, T. (2017). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013: Studi Pada Tk Mentari Kec. Abung Selatan Kab. Lampung Utara. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 73. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.790
Firdausi, Anita Rahmawati. (2012). Profesionalisme Pendidik Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Mutu Baca Al-Qur’an (Studi Kasus Al-Ma’had Al-Islami As-Salafi Al-Adnan Desa Pucangsongo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang). Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang.
Fitriana, A. (2023). Peran guru tahfiẓh dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di SDIT Ar-Rahman Jakarta Selatan. Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ).
Islam, Syaiful. (2017). Karakteristik Pendidikan Karakter; MenjawabTantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013. Edureligia, 1(1), 89–101. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1606
Lubis, Amrul Aziz., M. P. (2024). Manajemen Program Hafalan Quran di Pondok MAS Subulussalam Madina. Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 1–18.
Munawaroh, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Darussalam Sangatta Kutai Timur. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 4(1), 1–26. https://doi.org/10.21093/sy.v4i1.538
Musthafa, I., & Meliani, F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji di Era Revolusi Industri 4.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 664–667. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.329
Muzakky, A. (2016). Standarisasi Mutu Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Kresna Mlilir Dolopo Madiun Dengan Metode Ummi. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo.
Oviyanti, F. (2016). Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 267–282. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.562
Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19
Permata, I. D., Ibrahim, D., & Hawi, A. (2021). Karakteristik Budaya Sekolah Islam Terpadu: Studi Kasus Sekolah Islam Terpadu Harapan Mulia. As-Shuffah Journal of Islamic Studies, 67–95. http://repository.radenfatah.ac.id/27028/1/document %285%29.pdf
Syahroni, S. (2017). Peranan Orang Tua dan Sekolah dalam Pengembangan Karakter Anak Didik. Intelektualita, 6(1), 13. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v6i1.1298
Susanto, Toni Dwi. (2020). Metode Penelitian Studi Kasus (Case Study). Https://Notes.Its.Ac.Id/. https://notes.its.ac.id/tonydwisusanto/2020/08/30/metode-penelitian-studi-kasus-case-study/
Walidin, H. W., Saifullah, & ZA, T. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory (Masbur (ed.); Cetakan Pe). FTK Ar-Raniry Press.
Winando, Y. (2023). Metode Penelitian. Https://Www.Gurupendidikan.Co.Id/. https://www.gurupendidikan.co.id/metodologi-penelitian/
Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.
Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.
Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.
Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.
Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.
Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.
Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v9i2.27570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam
Potensia: Jurnal Kependidikan Islam
E-ISSN: 2442-5605
Published By:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id
Indexed By:
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.