Pengembangan E-Learning berbasis Youtube yang Terintegrasi Google Classroom pada Perkuliahan Agama Islam
Abstract
Perkuliahan Agama Islam konvensional memiliki kendala dalam interaktivitas dan metode pengajaran yang dominan ceramah dan mengurangi keterlibatan mahasiswa. Sehingga diperlukan pendekatan E-Learning terintegrasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi mahasiswa dalam pembelajaran Agama Islam di perguruan tinggi. Penelitian ini menerapkan model Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi (ADDIE) dalam pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi YouTube untuk Mata Kuliah Agama Islam di Universitas Borneo Tarakan. Model ADDIE diadaptasi untuk merinci langkah-langkah pengembangan dan implementasi media pembelajaran dengan fokus pada interaktivitas dan metode pengajaran yang berbasis proyek. Pengujian konstruk dilakukan oleh peneliti sebagai dosen dan pengujian konten melibatkan 26 mahasiswa sebagai pengguna. Data kualitatif dalam penelitian ini dianalisis menggunakan langkah-langkah interatif yaitu membaca/mengingat, mendeskripsikan, dan mengklasifikasikan, kemudian data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Google Classroom terintegrasi YouTube telah dihasilkan dan diuji untuk mata pelajaran Studi Islam. Pengujian konstruk menunjukkan bahwa media pembelajaran ini "layak" berdasarkan penilaian Koordinator Tim Dosen serta ahli media pembelajaran, dan berdasarkan respons pengguna menunjukkan bahwa keandalan konstruknya "baik". Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi YouTube secara signifikan meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam konteks mata kuliah Agama Islam di Universitas Borneo Tarakan. Hal ini membuktikan bahwa integrasi E-Learning dengan model ADDIE dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pengajaran.
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBackKeywords
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah, A. “Youtube: Sebuah Kajian Demokratisasi Informasi Dan Hiburan.” Jurnal Politik Profetik 9, no. 1 (2021): 98–118.
Ariani, Meiliyah, Zulhawati, Haryani, Benny Novico Zani, Liza Husnita, Mochammad Bayu Firmansyah, Perdy Karuru, and Andi Hamsiah. Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Cahyadi, R. A. H. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model.” Halaqa: Islamic Education Journal 3, no. 1 (2019): 35–42.
Fitri, F. “Pendidikan Multikultural Dalam Mengantisipasi Problematika Sosial Di Era Digital.” AT-THARIQ: Jurnal Studi Islam Dan Budaya 3, no. 2 (2023): 67.
Hidayatullah, S. “Agama Dan Sains: Sebuah Kajian Tentang Relasi Dan Metodologi.” Jurnal Filsafat 29, no. 1 (2019): 102–33.
Maulani, Giandari, Untung Rahardja, and Lalita Tri Adila. “Video Sebagai E-Portfolio Mahasiswa Untuk Meningkatkan Performa Mahasiswa.” Creative Communication and Innovative Technology Journal 9, no. 2 (2016): 225–39. https://media.neliti.com/media/publications/296380-video-sebagai-e-portfolio-mahasiswauntuk-f722477c.pdf.
Mustikasari, R. “Pengembangan Instrumen Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Dalam Peningkatan Mutu Layanan Perguruan Tinggi.” Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (2019): 39–60.
Nafi, N. A., M. A. Mufid, A. Zainuddin, and W. A. Rohtih. “Konsep Berfikir Kritis Perspektif Imam Fakhruddin Ar-Razi (Interpretasi Qs. Ali Imran: 190-191 Dan Qs. Az-Zumar: 18).” Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial 1, no. 2 (2023).
Nugroho, W. “Pendekatan Problem Based Learning Model Diskusi Kelompok Berbantuan Video YouTube Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Statistika.” Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) 4, no. 2 (2021): 211–26.
Papadakis, S., M. Kalogiannakis, E. Sifaki, and N. Vidakis. “Evaluating Moodle Use via Smart Mobile Phones: A Case Study in a Greek University.” EAI Endorsed Trans. Creat. Technol 5, no. 16 (2018). https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.10-4-2018.156382.
Putra, I. N. T. A., K. S. Kartini, P. W. Aditama, and S. P Tahalea. “Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ).” International Journal of Natural Science and Engineering 5, no. 1 (2021): 25–29.
Retnanto, A., and B. Firdiansyah. “Praksis Pembelajaran Aktif Dalam Perspektif Islam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Islam Dalam Implementasi Penerapan Teknologi Pembelajaran Tahun 2022.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 02 (2022).
Sari, W. P., and D. R. Ma’rifah. “Pengembangan LKPD Mobile Learning Berbasis Android Dengan PBL Untuk Meningkatkan Critical Thinking Materi Lingkungan.” Jurnal Pendidikan Biologi 11, no. 2 (2020): 49–58.
Schrepp, Martin, and Jörg Hinderks, Andreas, Thomaschewski. “Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ).” International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence 4, no. 4 (2019): 1–19.
Sukmawati, E., H. Fitriadi, Y. Pradana, Dumiyati, and Kasmanto Rinaldi. Digitalisasi Sebagai Pengembangan Model Pembelajaran. Batam: Cendikia Mulia Mandiri, 2022.
Syakur, A., and Y. Sabat. “The Effectiveness of Coopertative Learning (STAD and PBL Type) on E-Learning Sustainable Development in Higher Education.” Journal of Development Research 4, no. 1 (2020): 53–61.
Umam, Chotibul. Inovasi Pendidikan Islam: Strategi Dan Metode Pembelajaran PAI Di Sekolah Umum. Riau: CV. Dotplus Publisher, 2020.
Yudihastira, R., and T. Mutia. “Penerapan Media Streaming Youtube Oleh Gemilang Tv Sebagai Wadah Informasi Di Indragiri Hilir.” Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi 2, no. 4 (2020): 191–207.
Z. Arifin, M. Nurtanto, A. Priatna, N. Kholifah, and M. Fawaid. “Technology Andragogy Work Content Knowledge Model as a New Framework in Vocational Education: Re-Vised Technology Pedagogy Content Knowledge Model.” TEM J 9, no. 2 (2020): 786–91. https://doi.org/10.18421/tem92-48.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v9i2.26464
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam
Potensia: Jurnal Kependidikan Islam
E-ISSN: 2442-5605
Published By:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id
Indexed By:
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.