Pengembangan Media Pembelajaran Fikih berbasis Pop Up Book untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik

Mahmudah Mahmudah, Zarkasi Zarkasi, Abdul Munip, Sigit Purnama

Abstract


Media pembelajaran haji saat ini sudah berkembang pesat, seperti media berbasis android, audio visual di youtube, bermacam-macam buku manasik haji, dan lain-lain. Akan tetapi, media tersebut masih belum bisa diterapkan di MI Yaumi dan sekitarnya, dikarenakan minimnya fasilitas dan belum sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Maka dari itu, penting kiranya untuk dilakukan sebuah pengembangan media pembelajaran materi haji yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru, yaitu media pembelajaran yang efektif, praktis, dan menarik, seperti sebuah pop up book. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan media pembelajaran berbasis pop up book pada materi haji untuk siswa kelas V MI dengan model pengembangan ADDIE. Adapun desain penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D). Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V MI Yaumi, serta para validator yang sesuai dengan bidangnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran pop up book telah berhasil dikembangkan dengan materi haji untuk siswa kelas V MI Yaumi. Prototipe media pop up book teridiri atas 9 slide atau 18 halaman. 4 slide pertama berisi pembukaan dan materi dasar mengenai ibadah haji, sedangkan 4 slide selanjutnya berisi kegiatan ibadah haji seperti ihram, wukuf, mabit, thawaf & sa’i, dan slide terakhir berisi latihan soal, daftar pustaka dan tentang penulis. Adapun hasil validasi dari berbagai aspek penilaian telah menunjukkan nilai sangat baik/layak. Hasil uji coba menyatakan hasil pemahaman siswa yang meningkat, dengan rincian nilai pre test yang menunjukkan nilai rata-rata  47 dan pos test memiliki nilai rata-rata 78. Hasil signifikansi sebesar 0.000 yang artinya jika nilai signifikan menunjukkan < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran pop up book ini efektif untuk meningkatkan pemahaman materi haji siswa kelas V MI Yaumi.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Fikih, Materi Haji Media Pembelajaran, Pop Up Book

Full Text:

PDF

References


Anshory, U. Al. (2018). Aplikasi Argumented Reality untuk Pembelajaran Haji di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar. Komunikasi dan Informatika.

Bernadette Puleo. (2011). Next Stop: Pop Up (The influence of paper engineering on visual Media).

Cordray, H., Patel, C., & Prickett, K. K. (2022). Reducing Children’s Preoperative Fear with an Educational Pop-up Book: A Randomized Controlled Trial. Otolaryngology - Head and Neck Surgery (United States), 167(2). https://doi.org/10.1177/01945998211053197

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Iizuka, S., Endo, Y., & Mitani, J. (2011). An interactive design system for pop-up cards with a physical simulation An interactive design system for pop-up cards with a physical. June. https://doi.org/10.1007/s00371-011-0564-0

Masna, A. A. (2014). Fun Story Pop Up Media Mendongeng Berbasis Tematik Integratif Guna Membangun Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan.

Mu’minatin, N., & Zarkasi, Z. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Madrasah Aliyah. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 15(1), 66–79. https://doi.org/https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i1.2013

Muhammad Fatchul Mubarok Febrianto. (2014). Penerapan Media dalam bentuk Pop Up Book pada Pembelajaran Unsu-unsur Rupa untuk Siswa Kelas 2 SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu. 2, 146–153.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan (bidang pendidikan dan teknik) (A. Nuryanto (ed.); 1st ed.). UNY Press.

Mustafid, A. S., Marhumah, M., & Zarkasi, Z. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Al- Qur ’an Hadits Menggunakan Pendekatan Tahapan Perkembangan Anak untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 16–44. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v8i1.14322

Nugraheni, S. O. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Memahami Legenda dengan Buku Pop Up untuk Siswa SMP Kelas VIII. Universitas Negeri Semarang.

Okamura, S., & Igarashi, T. (2010). An Assistant Interface to Design and Produce a Pop-up Card. 1(December), 40–42. https://doi.org/10.4018/jcicg.2010070104

Puspitaningrum, D. A., Fitriyah, C. Z., Ningsih, Y. F., & Wardani, R. P. (2023). The Effect of Pop Up Book Learning Media on Student’s Understanding About Multicultural Education in Growing Tolerance Value. AIP Conference Proceedings, 2679. https://doi.org/10.1063/5.0111290

Rayandra Asyhar. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada.

Rosada, L. N., & Sulistiowati. (2018). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Videoscribe Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Tata Cara Haji Untuk Siswa Kelas V Di Mi Al-Hidayah Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2).

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta.

Sejati, A. K., Yuniawatika, & Sutansi. (2021). Development of pop-up book based on QR code solid figure material with character strengthening curiosity in 5th-grade elementary school. Proceedings - 2021 7th International Conference on Education and Technology, ICET 2021. https://doi.org/10.1109/ICET53279.2021.9575086

Snaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Aktif-Inovatif. Kaukaba Diigantara.

Sudjana, N. (2002). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sunarti, Anggraini, D., Sarie, D. P., & Jana, P. (2023). The effectiveness of pop-up book media in learning reading skills of grade II elementary school. Cakrawala Pendidikan, 42(2). https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.50381

Talango, S. R. (2020). John W. Santrock. Life-Span Development, Perkembangan Masa Hidup Edisi Ketigabelas , (Jakarta: Erlangga PT. Gelora Aksara Pratama, 2012)., h.7. ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1).

Zarkasi, Z., & Taufik, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enabled untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2). https://doi.org/10.21093/sy.v7i2.1787




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v9i2.25104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.