Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Analisis Pengaruh Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Peserta Didik

Moh. Irfan sulthoni, Mukhoiyaroh ., Muhammad Fahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap perkembangan sosial-emosional peserta didik di Madrasah Aliyah Mathlabul Huda Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah desain regresi linier sederhana. Data diperoleh melalui penggunaan instrumen kuesioner yang mengukur tingkat penguatan profil pelajar Pancasila dan perkembangan sosial-emosional peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara penguatan profil pelajar Pancasila dan perkembangan sosial-emosional peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat penguatan profil pelajar Pancasila, semakin tinggi pula perkembangan sosial-emosional peserta didik. Temuan ini memiliki implikasi penting dalam konteks pendidikan di Madrasah Aliyah. Menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan perkembangan sosial-emosional peserta didik.

 

Kata Kunci: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, perkembangan sosial-emosional, Madrasah Aliyah

 


Keywords


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, perkembangan sosial-emosional, Madrasah Aliyah

Full Text:

PDF

References


Alimni, A., Amin, A., & Faaris, M. (2021). Pengaruh sistem Full Day school terhadap pembentukan karakter toleransi di MI PLUS Nur Rahman Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan" EDUKASIA MULTIKULTURA, 3(1), 52–64.

Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. PANDAWA, 2(2), 180–193.

Aswat, H., Sari, E. R., Aprilia, R., Fadli, A., & Milda, M. (2021). Implikasi distance learning di masa pandemi COVID 19 terhadap kecerdasan emosional anak di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 761–771.

Darmiyati Zuchdi, E. D. (2023). Humanisasi pendidikan: menemukan kembali pendidikan yang manusiawi. In Bumi Aksara. Bumi Aksara.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Istiqomah, N., Shaleh, S., & Hamzah, A. (2023). Strategi Pembelajaran PPKn dalam Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 627–637.

Kemendikbud. (2022). pembelajaran sosial emosional - Sekolah Penggerak. Kemdikbud.Go.Id. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/catatan-gp/pembelajaran-sosial-emosional-2/

Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Maulani, S. (2018). Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1 ( 2 ) ( 2018 ) 24-39 Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1 ( 2 ) ( 2018 ) 24-39. 1, 24–39.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan profil pelajar pancasila ditinjau dari konsep kurikulum merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (Dikd As), 5, 1–8.

Nasution, F. N., Syahrin, N. H. A., Hasibuan, N. F., Tanjung, Z. F. U., & Al-Hadid, N. H. (2023). Peran Bimbingan Konseling Dalam Perkembangan Sosial-Emosional Anak. ANTHOR: Education and Learning Journal, 1(5), 668–675.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya MembentukKarakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 33–41.

Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2022). Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka: Peran dan Tantangan dalam Lembaga Pendidikan. Gunung Djati Conference Series, 10, 105–115.

Rizal, Y., Deovany, M., & Andini, A. S. (2022). Kepercayaan Diri Siswa Pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), 46–57. https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3699

Shofia Hattarina, Nurul Saila, Adenta Faradila, Dita Refani Putri, & RR.Ghina Ayu Putri. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Syah, A. D. M., Sholikhudin, M. A., & Yusuf, A. (2023). Konsep Pendidikan Karakter Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya’Ulumuddin dan Relevansinya Terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 118–135.

Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. REFEREN.

Yusri, N. A., Kibtiyah, M., & Hamim, T. (2020). Emotional Intelligence with Learning Achievements Reviewed from Islamic Education. International Journal of Islamic Educational Psychology, 1(2), 112–125. https://doi.org/10.18196/ijiep.v1i2.9672

Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). Kontruksi Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Panduan Guru Ppkn di Sekolah Dasar. Civic Hukum, 7(1), 71–87.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i1.24585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.