Sa’adah dan Pendidikan: Telaah Filosofis tentang Aproach Kependidikan Menurut Ibn Miskawaih pada Masa Kekinian
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Persprektif Islam, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1991, h. 144
Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 11-21.
Ayob, M. A. S., Soh, N. S. M., & Zaini, M. N. M. (2021). Perspektif Ibn Miskawayh dan al-Ghazali Mengenai Kebahagiaan (Perspective of Ibn Miskawayh and al-Ghazali on Happiness). UMRAN-International Journal of Islamic and Civilizational Studies, 8(1), 39-53.
Busthomi, Y. (2018). Macam-Macam Bentuk Kecerdasan Spiritual Dalam Konsep Pendidikan Luqman Al-Hakim. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah, 6(1), 79-105.
Dalai Lama dan Howard C. Cutler, The Art of Happines, terj. Alex Tri Kantjono Widodo, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2001, h. 19-21
Hilman, D. P., & Indrawati, E. S. (2018). Pengalaman menjadi narapidana remaja di Lapas Klas I Semarang. Jurnal Empati, 6(3), 189-203.
Ibn Miskawaih, Tahzib al-Akhlaq, Ed. Syekh Hasan Tamim, Intisyarat Mahdawy, Bairut, 1398 H h. 96
Ma'ruf, M. W., & Syaifin, R. A. (2021). Strategi Pengembangan Profesi Guru dalam Mewujudkan Suasana Pembelajaran yang Efektif. Al-Musannif, 3(1), 27-44.
Melia, N. (2018). Kebahagiaan dalam Perspektif Tasawuf (Analisis Perbandingan Antara Al-Ghazali dan Buya Hamka) (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
Mohammad, Q. (2019). From Ottoman to Turk: The Transition from Caliphate to Secular Republic in Turkey. Cambridge Scholars Publishing.
Munib, A. (2017). Konsep Fitrah Dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 5(2), 223-241.
Nurdin, N., Samad, I. S., & Sardia, S. (2020). Logical Reasoning Analysis Based On Hippocrates Personality Types. Aksioma, 9(2), 57-73.
Nursikin, M. (2018). Eksistensi Madrasah dan sekolah Islam sebagai lembaga pendidikan islam dalam sistem pendidikan Nasional (studi kasus di MAN Yogyakarta III dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta). Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 27-58.
Pamela, I. S., Chan, F., Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan guru dalam mengelola kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23-30.
Ramli, M. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 208-220.
Safari, M. (2021). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. CV. DOTPLUS Publisher.
Sunhaji, S. (2018). Mendidik Melalui Hati Sebagai Strategi Membentuk Karakter Bangsa. Jurnal Lingua Idea, 9(2), 165-178.
Tyng, C. M., Amin, H. U., Saad, M. N., & Malik, A. S. (2017). The influences of emotion on learning and memory. Frontiers in psychology, 8, 1454.
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri Cipta Media.
Yelfi Dewi, S. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran Berdasarkan Taxonomy Bloom. Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi pada OBE (Outcome-Based Education) di Pendidikan Tinggi, 35.
Yusuf, M., & Handriadi, H. (2022). Mengidentifikasikan Pembelajaran Inovatif. Mau'izhah, 12(1), 38-48.
Zulqarnain, S. A., Al-Faruq, M. S. S., & Sukatin, S. P. I. (2021). Psikologi Pendidikan. Deepublish
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v8i2.21423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam
Potensia: Jurnal Kependidikan Islam
E-ISSN: 2442-5605
Published By:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id
Indexed By:
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.