Sa’adah dan Pendidikan: Telaah Filosofis tentang Aproach Kependidikan Menurut Ibn Miskawaih pada Masa Kekinian

Syafrida Syafrida

Abstract


Pemikiran Pendidikan Ibnu Miskawah yang merupakan salah satu pemikir muslim klasik kita punya, kebanyakan populer sebagai filosof mengkhususkan diri dalam filsafat moral. Tulisan-tulisannya telah menarik banyak sarjana dan memprakarsai debat yang hidup di antara para siswa. Penulis kami sekarang membuat yang baru mendorong pemikiran Ibn Miskawayh dalam kajian sa’adah dan pendidikan, dengan alasan bahwa sebenarnya dia juga maju pemikiran pendidikan yang hebat dalam magnum opus-nya. Sebagai tambahannya menguraikan pemikirannya, penulis juga mencoba untuk menjelaskan relevansi ini pemikiran untuk beberapa pendekatan pendidikan saat ini.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Sa’adah, Pendidikan, Filosofis, Ibn Miskawaih

Full Text:

PDF

References


Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Persprektif Islam, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1991, h. 144

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 11-21.

Ayob, M. A. S., Soh, N. S. M., & Zaini, M. N. M. (2021). Perspektif Ibn Miskawayh dan al-Ghazali Mengenai Kebahagiaan (Perspective of Ibn Miskawayh and al-Ghazali on Happiness). UMRAN-International Journal of Islamic and Civilizational Studies, 8(1), 39-53.

Busthomi, Y. (2018). Macam-Macam Bentuk Kecerdasan Spiritual Dalam Konsep Pendidikan Luqman Al-Hakim. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah, 6(1), 79-105.

Dalai Lama dan Howard C. Cutler, The Art of Happines, terj. Alex Tri Kantjono Widodo, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2001, h. 19-21

Hilman, D. P., & Indrawati, E. S. (2018). Pengalaman menjadi narapidana remaja di Lapas Klas I Semarang. Jurnal Empati, 6(3), 189-203.

Ibn Miskawaih, Tahzib al-Akhlaq, Ed. Syekh Hasan Tamim, Intisyarat Mahdawy, Bairut, 1398 H h. 96

Ma'ruf, M. W., & Syaifin, R. A. (2021). Strategi Pengembangan Profesi Guru dalam Mewujudkan Suasana Pembelajaran yang Efektif. Al-Musannif, 3(1), 27-44.

Melia, N. (2018). Kebahagiaan dalam Perspektif Tasawuf (Analisis Perbandingan Antara Al-Ghazali dan Buya Hamka) (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Mohammad, Q. (2019). From Ottoman to Turk: The Transition from Caliphate to Secular Republic in Turkey. Cambridge Scholars Publishing.

Munib, A. (2017). Konsep Fitrah Dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 5(2), 223-241.

Nurdin, N., Samad, I. S., & Sardia, S. (2020). Logical Reasoning Analysis Based On Hippocrates Personality Types. Aksioma, 9(2), 57-73.

Nursikin, M. (2018). Eksistensi Madrasah dan sekolah Islam sebagai lembaga pendidikan islam dalam sistem pendidikan Nasional (studi kasus di MAN Yogyakarta III dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta). Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 27-58.

Pamela, I. S., Chan, F., Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan guru dalam mengelola kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23-30.

Ramli, M. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 208-220.

Safari, M. (2021). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. CV. DOTPLUS Publisher.

Sunhaji, S. (2018). Mendidik Melalui Hati Sebagai Strategi Membentuk Karakter Bangsa. Jurnal Lingua Idea, 9(2), 165-178.

Tyng, C. M., Amin, H. U., Saad, M. N., & Malik, A. S. (2017). The influences of emotion on learning and memory. Frontiers in psychology, 8, 1454.

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri Cipta Media.

Yelfi Dewi, S. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran Berdasarkan Taxonomy Bloom. Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi pada OBE (Outcome-Based Education) di Pendidikan Tinggi, 35.

Yusuf, M., & Handriadi, H. (2022). Mengidentifikasikan Pembelajaran Inovatif. Mau'izhah, 12(1), 38-48.

Zulqarnain, S. A., Al-Faruq, M. S. S., & Sukatin, S. P. I. (2021). Psikologi Pendidikan. Deepublish




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v8i2.21423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.