Persoalan Daya Saing Pendidikan Islam ditinjau dari Analisis Kebijakan Pendidikan

Sakolan Sakolan

Abstract


Tulisan ini menguraikan kebijakan pendidikan di Indonesia dan menjelaskan pentingnya kebijakan, fungsi kebijakan, arah dan karakteristik kebijakan dalam pelaksanaan otonomi daerah. Pendekatan yang digunakan dalam presentasi ini bersifat deskriptif, dengan mengacu pada situasi hukum saat ini, tulisan-tulisan para profesional pendidikan, dan teori-teori terkait. Presentasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran singkat tentang kebijakan pendidikan Indonesia dan dapat digunakan sebagai dasar untuk penelitian yang lebih mendalam dan komprehensif tentang penyesuaian dan perubahan seiring dengan meningkatnya Age of Society 5.0. Hal ini menjadi keharusan bagi manajemen pendidikan untuk meningkatkan kualitas lulusan. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan upaya penguatan dan peningkatan peran sekolah.

Keywords


daya saing, pendidikan Islam, kebijakan pendidikan

Full Text:

PDF

References


Akmalia, A. R., Adnan, M., & Taufiq, A. (2013). Evaluasi Kebijakan Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pemalang Pada Periode 2006-2010. Journal of Politic and Government Studies, 3(1), 51-65.

Anwar, M. E. (2017). Menelusuri Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 3(05).

Arief, M. (2022). Pendidikan Islam di Indonesia (Kajian Upaya Pemberdayaan Dan Rekonstruksi). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(4), 1377-1384.

Aziz, G. A., Rochaida, E., & Warsilan, W. (2016). Faktor faktor yang mempengaruhi kemiskinan di kabupaten kutai kartanegara. INOVASI, 12(1), 29-48.

Azra, A. (2002). Pardigma Baru Pendidikan Nasional: rekontruksi dan demokratisasi. Jakarta: Kompas.

Bana, K. L., & Pantur, F. (2013). Ande Agas: Si Bocah Nasi Kaget. Absolute Media.

De Winter, J. C., Happee, R., Martens, M. H., & Stanton, N. A. (2014). Effects of adaptive cruise control and highly automated driving on workload and situation awareness: A review of the empirical evidence. Transportation research part F: traffic psychology and behaviour, 27, 196-217.

Djadjuli, D. (2018). Peran pemerintah dalam pembangunan ekonomi daerah. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(2), 8-21.

Fitrah, M. (2018). Urgensi sistem penjaminan mutu internal terhadap peningkatan mutu perguruan tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(01), 76-86.

Hadi, S., & Pianto, H. A. Menggali Peluang Usaha dengan Modal Kecil di Pedesaan. PROSIDING, 65.

Hakim, L. (2017). Penataan Pendidikan Islam Bermutu. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 15(1), 17-27.

Halimah, S. (2018). integrasi nilai-nilai agama dan karakter Dalam kurikulum pendidikan guru Mengacu KKNI dan SNPT. Jurnal Tarbiyah, 24(2).

Heryanto, H. (2018). Pendidikan nasional di dalam abad globalisasi. Generasi kampus, 7(2).

Karo, T. K. (2019). Pemetaan Permasalahan Pendidikan Islam Di Indonesia Dan Langkah-Langkah Mengatasinya. WARAQAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 18-18.

Ma’arif, A. S., & di Indonesia, P. I. (1991). Antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Muhaemin, B. (2017). Kebijakan Pengembangan Pendidikan. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 1-14.

Permadi, Y. A., Purba, R. A., Saputro, A. N. C., Panggabean, S., Herlina, E. S., Kholifah, N., ... & Fauzi, A. (2021). Pengantar Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Purnamasari, D. (2017). Pendidikan karakter berbasis al-quran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(1), 1-24.

Safira, N., & Wibowo, Y. H. (2021). Angka partisipasi kasar dan angka partisipasi murni sebagai indikator keberhasilan pendidikan indonesia. PAKAR Pendidikan, 19(2), 101-115.

Sanaky, H. A. (2006). Paradigma Pembangunan Pendidikan di Indonesia Pasca Reformasi antara Mitos dan Realitas. Dalam Jurnal Ilmuilmu Sosial Unisia, 62.

Sanaky, H. A. (2008). Permasalahan dan Penataan Pendidikan Islam Menuju Pendidikan yang Bermutu. el-Tarbawi, 1(1), 83-97.

Santriati, A. T. (2022). Kebijakan Pemerintah terhadap Perlindungan Hak Pekerja Freelance (Harian Lepas) di Indonesia. Opinia de Journal, 2(1), 46-69.

Silitonga, D. (2010). Aspek-aspek Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya dalam Pendidikan: Pendidikan dalam Perspektif Politik di Indonesia. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 13(3), 62-82.

Sintong, M. (2013). Kebijakan Berwawasan Kependudukan dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Geografi, 5(1), 17-30.

Sirojudin, A. (2019). Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 204-219.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(1).

Usa, Muslih, 1991, Pendidikan Islam di Indonesia, Antara Cita danFakta [Suatu Pengantar],Tiara Wacana, Yogyakarta

Yanuarti, E. (2016). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Idealisme. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v5i2.18972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.