Interaksi Edukatif Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membangun Sikap Kesalehan Sosial Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas

Rima Yuni Saputri, Joni Putra

Abstract


Penelitian ini memfokuskan kepada interaksi edukatif guru PAI dan implikasinya terhadap sikap kesalehan sosial peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi pendidikan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, verivikasi, dan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi data, yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi edukatif guru PAI SMA Negeri 3 Martapura diimplementasikan melalui proses KBM PAI dan di luar KBM PAI yaitu membiasakan nilai-nilai ajaran Islam kepada peserta didik melalui kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di sekolah, seperti shalat dhuha, shalat dzuhur dan ashar berjama’ah, Mabit, dan mar’atus shalihah, serta pembiasaan berupa sikap positif dan kedisiplinan dalam hal ibadah, dan memberikan nasihat dan motivasi kepada peserta didik agar menyeimbangkan antara urusan dunia dan akhirat. Kedua, interaksi edukatif guru PAI memberikan implikasi terhadap pembangunan sikap kesalehan sosial peserta didik yang tercermin dalam sikap saling menyayangi, dermawan, saling menghormati, adil, menjaga persaudaraan, menegakkan kebenaran, tolong-menolong, dan musyawarah. Ketiga, faktor pendukung proses interaksi edukatif guru PAI dalam membangun sikap kesalehan sosial peserta didik meliputi kegiatan keagamaan di SMA Negeri 3 Martapura, organisai penggerak (Rohis), kerjasama yang baik antara guru PAI dan seluruh stakeholder sekolah, serta dukungan sarana dan prasarana yang baik. Adapun faktor penghambat yang mempengaruhi yaitu kurangnya dukungan orang tua dan latar belakang peserta didik yang berbeda-beda. Kata kunci: Interaksi Edukatif, Kesalehan Sosial

Keywords


Interaksi Edukatif, Kesalehan Sosial

References


Anhar, Harizal. Interaksi Edukatif Menurut Pemikiran Al-Ghazali. Jurnal Ilmiah Islam Futura. Vol. 13, No. 1, Agustus 2013.

Bali, Muhammad Mushfi El Iq dan Chairunniza. Interaksi Edukatif Pendidikan Islam Perspektif Buya Hamka dalam Menghadapi Society Era. Jurnal Managere: Indonesian Journal of Educational Management. Vol. 2, No. 1, 2020.

Djamarah, Bahri. Syaiful. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2015

Fahlevi, Fahdi. JPPI: Tahun 2019 Masih Banyak Kasus Penyebaran Radikalisme di Sekolah. https://www.tribunnews.com/nasional/2019/12/30/jppi-tahun-2019-masih-banyak-kasus-penyebaran-radikalisme-di-sekolah. diakses pada tanggal 23 November 2020

Fahmi, Muh. Nahdi dan Sofyan Susanto, Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Jurnal: Pedagogia, Vol. 7, No. 2. Tahun 2018

Fu’ad bin Abdul Aziz Asy-Syalhab. Begini Seharusnya Menjadi Guru: Panduan Lengkap Metodelogi Pengajaran Cara Rasulullah, Jakarta: Darul Haq, 2011

Hakim, Lutfi. Pola Interaksi Edukatif Pelajar dan Mahasiswa Santri di Pondok Pesantren Al-Barokah dan Ali Maksum Yogyakarta. Tesis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.

Hamimah. Budaya Sekolah dalam Membentuk Sikap Kesalehan Sosial Siswa (Studi Multi Kasus di MTs (Darussalam Ketapang Sampang dan MTs Al-Falah Al Islami Jengrik Sampang Madura), Tesis, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya. 2019

Hamruni. Konsep Edutainment dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sukses Offset. 2008

Harun, Cut Zahri. Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, Vo. III, No. 3. Oktober 2013

KBBI. https://kbbi.kemdikbud.go.id/. diakses Pada Tanggal 4 April 2021

Licona, Thomas. Educating For Character, Penerjemah: Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara. 2013

Manan, Syaepul. Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Pembiasaan dan Keteladanan, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Ta’lim. Vol. 15, No. 1, 2017

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2004

Nofiaturrahmah, Fifi. Metode Pendidikan Karakter di Pesantren, Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. XI, No. 2. Desember 2014

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada. 2000

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Cet. Ke-24. Bandung: Alfabeta, 2016

Taubah, Mafatihatut. Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol.3, No. 1, Mei 2015

Tim KPAI. Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal Tahun 2020. https://www.kpai.go.id/berita/sejumlah-kasus-bullying. diakses pada tanggal 10 Desember 2020

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Pasal 1 Ayat (1). (2005)

Wahid, A.H, dkk. Pengembangan Karakter Guru dalam Menghadapi Demoralisasi Siswa Perspektif Dramaturgi, Jurnal Mudarissuna, Vol. 8, No. 1. 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v8i1.14942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.