Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar?

Junika Hermaini, Erdawati Nurdin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa ditinjau dari minat belajar dengan fokus materi pada Trigonometri (Sudut Ganda). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI MIA SMAN 1 Pekanbaru. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket untuk mengidentifikasi kategori minat belajar siswa. Hasil penelitian dan analisis data menyimpulkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tergolong pada kategori cukup, (2) rata-rata minat belajar matematika siswa termasuk kategori sedang, (3) jika ditinjau dari minat belajar, maka kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di ketiga kategori tidak jauh berbeda. Untuk itu, masih perlu dilakukan berbagai upaya untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi perbaikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Beberapa rekomendasi diberikan guna memfasilitasi penguasaan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Full Text:

PDF

References


Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika .....pdf. (n.d.). Retrieved June 12, 2020, from http://p4tkmatematika.org/file/Bermutu%202011/SMP/4.Instrumen%20penilaian%20hasil%20belajar%20matematika%20.....pdf

Aftriyati, L. W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Minat Belajar Matematika Siswa Sma Pekanbaru Pada Materi Spltv. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 16(2), 226–240. https://doi.org/10.20956/jmsk.v16i2.8515

Darojat, L., & Kartono, K. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan Aq Dengan Learning Cycle 7e. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 1–8.

Hendriana, H., Eti Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Intaros, P., Inprasitha, M., & Srisawadi, N. (2014). Students’ Problem Solving Strategies in Problem Solving-mathematics Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 4119–4123. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.901

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian pendidikan matematika. Refika Aditama.

Marleni, L. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11.

Mulyani, N. S., & Sulistiani, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Minat Belajar Siswa SMA di Bandung Barat. Journal on Education, 1(4), 634–643.

Nurdin, E., Nayan, D. D., & Risnawati, R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Gantang, 5(1), 39–49. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.2151

OECD iLibrary | PISA. (n.d.). Retrieved June 12, 2020, from https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa_19963777

Prastiwi, M. D., & Nurita, T. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas VII SMP. 06, 6.

PSSM_ExecutiveSummary.pdf. (n.d.). Retrieved June 12, 2020, from https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 188–201. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Suska Press.

Rohmah, L., Sri Handono B, P., & Yushardi, Y. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah fisika berdasarkan polya pada pokok bahasan fluida statis di sman jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(4), 328–333. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i4.9653

Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1028

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Skor PISA 2018: Peringkat Lengkap Sains Siswa di 78 Negara, Ini Posisi Indonesia. (n.d.). Retrieved June 12, 2020, from https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/07/10225401/skor-pisa-2018-peringkat-lengkap-sains-siswa-di-78-negara-ini-posisi

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sutanti, T. (n.d.). Dra. Th Widyantini, M.Si. 56.

Ulya, H. (2015). Hubungan gaya kognitif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.410




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i2.9597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter