Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Peserta Didik SMP/MTs Pekanbaru

Karlina Karlina, Depi Fitraini, Arnida Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada atau tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang diterapkan model pembelajaran Quantum Learning dengan peserta didik yang diterapkan pembelajaran tanpa model Quantum Learning. 2) Ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran Quantum Learning dan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester ganjil SMP Islam Abdurrab Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.C sebagai kelas kontrol dan VII.B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang diterapkan model Quantum Learning dengan peserta didik yang diterapkan pembelajaran tanpa model Quantum Learning. 2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Quantum Learning dan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik

Full Text:

PDF

References


Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99–110. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.4778

Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Azwaja Pressindo.

Azmi, M. P. (2017). PENERAPAN PENDEKATAN CONCRETE-REPRESENTATIONAL-ABSTRACT (CRA) BERBASIS INTUISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 68–80. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.798

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/1336

Deporter, B., & Hernacki, M. (2009). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa.

Deporter, B., Reardon, M., & Singer, S. (2010). . Quantum Teaching: Mempraktekkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. PT Mizan Pustaka.

Firmansyah, A., Hasanuddin, H., & Nelson, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Pengetahuan Awal Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 01–10. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4772

Lusiana, R. (2013). Efektivitas Pendekatan Quantum Learning Dan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tuasiswa SMP Di Kabupaten Magetantahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(2), 32–41.

Permendikbud_Tahun2016_Nomor021.pdf. (n.d.). Retrieved June 24, 2020, from https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor021.pdf

PSSM_ExecutiveSummary.pdf. (n.d.). Retrieved June 24, 2020, from https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf

Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–282. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.42

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Alfabeta.

Umar, W. (2012). MEMBANGUN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Infinity Journal, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.p1-9

Wahyuni, T. S., Amelia, R., & Maya, R. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i2.9508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter