Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif-Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Regulated Learning Siswa

Sutiha Kamelia, Heni Pujiastuti

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa, namun saat ini kemampuan tersebut masih terbilang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi metakognitif-scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan self regulated learning siswa. Desain penelitian ini adalah nonequivalentposttest only control group design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP negeri 1 Bojonegara dengan sampel yaitu kelas VIII C dan VIII D. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket, yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan teknik angket. Data dianalisis menggunakan test-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh strategi metakognitif-scaffolding terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran metakognitif-scaffolding dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensial,(3) siswa yang mendapat perlakuan pembelajaran metakognitif-scaffolding memiliki nilai rata-rata lebih tinggi, dan (4) terdapat perbedaan kemampuan self regulated learning siswa yang mendapatkan perlakuan strategi metakognitif-scaffolding.

Full Text:

PDF

References


Biryukov, P. (2004). Metacognitive aspects of solving combinatorics problems.

Fatimah, S. S. F. dan S. (2013). Self Regulated Learning (SRL) dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 145–155. https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1364

Flavel, J. H. (1979). Metacognitive and Cognitive Monitoring: A New Area of Cognitive and Developmental Inquiry. American Journal Assosiation, 3(10), 906–911.

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(01), 44–54. https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i01.3874

Inayah, E. R. (2013). Motivasi Berprestasi dan Self Regulated Learning. Cognicia, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.22219/COGNICIA.Vol1.No2.%p

Kusworo, P., & Hardinto, P. (2009). Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scaffolding dalam Ketuntasan Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Labortorium Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 74–89.

Mansyur, M. Z., & Sunendar, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Metacognitive Guidence. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 19–27.

Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236–241. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668

Masitoh, U., Suganda, O., & Widiantie, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Alat Peraga Sederhana terhadap Kemampuan Metakognitif. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(1), 27–33.

Muhandaz, R., Trisnawita, O., & Risnawati, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 137–146. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.6552

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Theacers of Mathematics, Inc.

Nindiasari, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif [PhD Thesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nomansyah, D., & Turmudzi, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berfikir Kreatif Terhadap Self Regulated Learning Siswa SMP [Masters, UNPAS]. http://repository.unpas.ac.id/32527/

Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 31 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 199–210. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7730

Pate, M. L., & Miller, G. (2011). Effects of Regulatory Self-Questioning on Secondary-Level Students’ Problem-Solving Performance. Journal of Agricultural Education, 52(1), 72–84.

Santoso, S. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Elex Media Komputindo.

Shadiq, F. (2009). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Departemen Pendidikan Nasional.

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. FPMIPA UPI Bandung.

Suratmi, S., & Purnami, A. S. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30738/.v5i2.1241

Sutiarso, S. (2009). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pe-nelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 16.

Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2012). Self-regulated learning and academic achievement: Theory, research, and practice. Springer Science & Business Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i4.9454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter