Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif-Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Regulated Learning Siswa
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Biryukov, P. (2004). Metacognitive aspects of solving combinatorics problems.
Fatimah, S. S. F. dan S. (2013). Self Regulated Learning (SRL) dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 145–155. https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1364
Flavel, J. H. (1979). Metacognitive and Cognitive Monitoring: A New Area of Cognitive and Developmental Inquiry. American Journal Assosiation, 3(10), 906–911.
Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(01), 44–54. https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i01.3874
Inayah, E. R. (2013). Motivasi Berprestasi dan Self Regulated Learning. Cognicia, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.22219/COGNICIA.Vol1.No2.%p
Kusworo, P., & Hardinto, P. (2009). Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scaffolding dalam Ketuntasan Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Labortorium Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 74–89.
Mansyur, M. Z., & Sunendar, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Metacognitive Guidence. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 19–27.
Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236–241. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668
Masitoh, U., Suganda, O., & Widiantie, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Alat Peraga Sederhana terhadap Kemampuan Metakognitif. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(1), 27–33.
Muhandaz, R., Trisnawita, O., & Risnawati, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 137–146. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.6552
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Theacers of Mathematics, Inc.
Nindiasari, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif [PhD Thesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.
Nomansyah, D., & Turmudzi, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berfikir Kreatif Terhadap Self Regulated Learning Siswa SMP [Masters, UNPAS]. http://repository.unpas.ac.id/32527/
Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 31 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 199–210. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7730
Pate, M. L., & Miller, G. (2011). Effects of Regulatory Self-Questioning on Secondary-Level Students’ Problem-Solving Performance. Journal of Agricultural Education, 52(1), 72–84.
Santoso, S. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Elex Media Komputindo.
Shadiq, F. (2009). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Departemen Pendidikan Nasional.
Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. FPMIPA UPI Bandung.
Suratmi, S., & Purnami, A. S. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30738/.v5i2.1241
Sutiarso, S. (2009). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pe-nelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 16.
Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2012). Self-regulated learning and academic achievement: Theory, research, and practice. Springer Science & Business Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i4.9454
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: