Analisis Motivasi Belajar Siswa SMPN 8 Cimahi Menggunakan Media Visual Basic for Application Berbasis Microsoft Excel pada Materi Pecahan

Rani Oktaviani, Dara Puspita Dewi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah motivasi belajar siswa SMPN 8 Cimahi dalam pembelajaran materi pecahan berbantuan Visual Basic (VBA) for Excel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket motivasi belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media  VBA for Excel menunjukkan hasil yang positif. Rata-rata respon siswa termasuk kategori kuat, dengan persentase 69,52%. Penggunaan VBA for Excel dapat menjadi alternatif media pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pecahan.


Full Text:

PDF

References


Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran think pair share dan motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99-110. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.4778

Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. Forum Paedagogik, 6(1), 72–89.

Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Developing the Students’ ability in understanding mathematics and self-confidence with VBA for excel. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 4(1), 45–56.

Bernard, M., Sumarna, A., Rolina, R., & Akbar, P. (2019). Development of high school student work sheets using VBA for microsoft word trigonometry materials. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012031

Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018). Contextual approach using VBA learning media to improve students’ mathematical displacement and disposition ability. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012025

Hasana, S. N., & Maharany, E. R. (2017). Pengembangan multimedia menggunakan virtual basic for application (VBA) untuk meningkatkan profesionalisme guru matematika. JPM (Jurnal Pendidikan Matematika), 3(2), 30–40. https://dx.doi.org/10.33474/jpm.v3i2.648

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. PT Refika Aditama.

Ihsan, M. (2019). Pengembangan bahan ajar matematika realistik berbasis Alquran pokok bahasan pecahan. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 39–46. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6824

Junita, S., Rahmi, A., & Fitri, H. (2019). Pengaruh Motivasi belajar dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baso tahun pelajaran 2018/2019. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 088-098. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.6879

Mardiani, D. (2015). Eksplorasi kemampuan operasi bilangan pecahan pada anak-anak di rumah pintar bumi Cijambe cerdas berkarya (rumpin bccb). Mosharafa, 4(1), 22–28. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.537

Marwiyah, S. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran react terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 43–52. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Nur, A. S., & Massang, B. (2016). Pengaruh pola asuh orang tua, konsep diri, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri di kota Merauke. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 89-96. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2067

Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati, R., & Granita, G. (2019). Pengembangan Lembar kerja siswa berbasis pendekatan open-ended untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 21–31. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26486/jm.v4i1.500

Prayitno, A., & Wulandari, D. T. (2015). Meminimalkan kesalahan konsep pecahan melalui pembelajaran penemuan terbimbing dengan gesture produktif pada siswa SMP. JPM (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(2), 106–117.

Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Chotimah, S. (2018). Media pembelajaran matematika berbasis information communication and technology (alat peraga inovatif matematika) dengan VBA Microsoft Excel. PT Refika Aditama.

Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Primandhika, R. B. (2019). Developing interactive learning media for school level mathematics through open-ended approach aided by visual basic application for excel. Journal on Mathematics Education, 10(1), 59–68. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5391.59-68

Rohmah, Z. (2019). Penerapan pembelajaran matematika melalui model tutor sebaya dengan pendekatan saintifik sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa di kelas inklusif. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 149–158. https://dx.doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8171

Santi, L. M., & Sudihartinih, E. (2019). Analisis kesalahan siswa sekolah menengah pertama pada materi pecahan. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 04(02), 1–5.

Sugiyono. (2013). Penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dan r&d. Alfabeta.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 35–42.

Yunita, S., Andriani, L., & Irma, A. (2018). pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 11. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4700

Yusuf, S. (2009). Program bimbingan dan konseling di sekolah. Rizqi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i2.9433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter