Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Strategi Think-Talk-Write

Ade Irma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui strategi think-talk-write dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran matematika menggunakan strategi think-talk-write dan kelas kontrol mendapat pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan menggunakan teknik tes, teknik angket, dan teknik observasi. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan representasi matematis, angket skala sikap siswa untuk melihat sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan strategi think-talk-write, serta lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Data peningkatan kemampuan representasi matematis dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Penelitian ini dilakukan di  SMA Negeri 1 Bangkinang, dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas X. Dua kelas dipilih secara acak dari seluruh kelas X yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan strategi think-talk-write lebih baik daripada kemampuan siswa yang mendapat pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan jawaban-jawaban dari skala sikap siswa, siswa memiliki sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan strategi think-talk-write.

Full Text:

PDF

References


Ansari, B. I., Saminan, & Sulastri, R. (2018). Improving mathematical representation ability in solving word problems through the use of cognitive strategies: Orientation, organization, and elaboration. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012144

Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. jurnal e-DuMath. 2(1).

Elida, N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Infinity Journal. 1(2), 178-185, https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.17

Julyanti, E. (2019). Strategi Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Siswa VIII SMP Negeri 3 Kampung Rakyat. JURNAL EDUSCIENCE. 5(2), 21-26, https://doi.org/10.36987/jes.v5i2.930

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics. 70(12), 1259-1268, https://doi.org/10.1119/1.1514215

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In School Science and Mathematics.

Ramziah, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X2 SMAN 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2), 138-147, https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.269

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2), 33-44, https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Supandi, S., Waluya, S. B., Rochmad, R., Suyitno, H., & Dewi, K. (2018). Think-talk-write model for improving students’ abilities in mathematical representation. International Journal of Instruction. 11(3), 77-90, https://doi.org/10.12973/iji.2018.1136a

Syaiful Bahri Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i1.9351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter