Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa berdasarkan Self-Efficacy Siswa SMP/MTs
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran langsung. 2) Ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Group Investigation dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika berdasarkan self-efficacy tinggi, sedang dan rendah siswa. 3) Ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian The randomized posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluter random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 3 Tambang tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan VIII.6 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan peneliti uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran langsung; 2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Group Investigation dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika berdasarkan Self-Efficacy tinggi, sedang dan rendah siswa; dan 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan Self-Efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Full Text:
PDFReferences
Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 118–129. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7553
Dewi, A. P., Ardana, I. M., & Sueken, G. (2019). Pembelajaran Matematika Bermuatan Jengah dengan Setting Investigation untuk Pemahaman dan Keyakinan Diri. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(3), 1–9.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.
Hija, A., Nirawati, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas X MIPA. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 25–33. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.79
Johnson, R. B., & Christensen, L. (2014). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches 5th Edition. Sage Publication.
King, L. A. (2010). Psikologi Umum. Salemba Humanika.
Masnia, F., & Amir, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan SElf Efficacy Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 249–256. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7675
Misrayanti, M., & Amir, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 207–212. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.4761
Nahdi, D. S. (2018). Eksperimentasi Model Problem Based Learning dan Model Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 50–56.
Nufus, H., Ariawan, R., Nurdin, E., & Hasanuddin, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Berdasarkan Level Kemampuan Matematis. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 29–42.
Permendikbud. (2014). Permendikbud No. 58 Tahun 2014. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:6POCt5hpbeMJ:https://mintotulus.files.wordpress.com/2012/04/permendikbud-no-58-tahun-2014-tentang-kurikulum-smp.pdf+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-d
Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34–38. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80
Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Kencana Prenada Media Grup.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Grup.
Saraswati, A. M., & Saefudin, A. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Himpunan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 89–99. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.869
Sari, R., Suhandri, S., & Nufus, H. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teachingterhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 127–136. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5555
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tirta, G. A. R., Prabowo, P., & Kuntjoro, S. (2018). Development of Physics Teaching Instruments Belong to Cooperative Group Investigation Model to Improve Students’ Self-Efficacy and Learning Achievement. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(2), 1464–1471. https://doi.org/10.26740/jpps.v7n2.p1464-1471
Trisnawati, N. F. (2019). Efektifitas Model Group Investigation dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Efficacy. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 427–436.
Virgia, Z., Granita, G., & Zulkifli, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 371–379. https://doi.org/10.24014/juring.v2i4.8566
Yasin, A. (2016). Penerapan Metode Kooperatif Model Group Investigation sebagai Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Hubungan Antar Satuan Berat pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 3 Tlogosari Tahun Pelajaran 2014-2015. Pancaran Pendidikan, 5(4), 31–50.
Zubaidah Amir, & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Aswaja Pressindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i1.9013
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: