Media Pembelajaran Matematika berbasis Komputer pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan bagi Siswa SMP/MTs Kelas IX

Fitriyani Fitriyani, Sakur Sakur, Maimunah Maimunah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan  media pembelajaran berbasis komputer pada materi kesebangunan dan kekongruenan bagi siswa SMP/MTs Kelas IX yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Pengembangan mediamenggunakan model R&D oleh Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono.  Pengembangan dilakukan melalui tahapan: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data;(3) desain media; (4) validasi; (5) revisi; (6) uji coba; dan (7) revisi.Pada tahap potensi dan masalah, peneliti melakukan analisis kebutuhan dari hasil observasi di sekolah dan wawancara dengan guru Matematika.Berdasarkan analisis kebutuhan, media dikembangkan ke dalam empat kali pertemuan. Peneliti menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pembuatan media, menggambar rancangan media pada kertas, kemudian merealisasikannya pada komputer sesuai rancangan yang telah dibuat. Media pembelajaran divalidasi oleh tiga orang ahli atau validator  dan selanjutnya dilakukan revisi sesuai masukan validator. Media pembelajaran yang telah direvisi kemudian dilakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan di SMP N 4 Mandau. Hasil uji coba lapangan dilakukan untuk penyempurnaan media pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi untuk menilai kelayakan media pembelajaran dan instrumen kepraktisan berupa angket respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa media pembelajaran matematika berbasis komputer pada materi  kesebangunan dan kekongruenan bagi siswa SMP/MTs Kelas IX termasuk dalam kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 3,30 sehingga layak untuk diuji cobakan, dan memenuhi syarat kepraktisan yang bermakna mudah untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas IX.


Full Text:

PDF

References


Bardi, B., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Untuk Pe mbelajaran Matematika Bagi Siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 49–63. https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5203

B.Uno, H., & Lamatenggo, N. (2010). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Karuniakhalida, P., Maimunah, M., & Murni, A. (2019). Development of ICT-Based Mathematical Media on Linear Program Materials to Improve Motivation Learning Students. Journal of Educational Sciences, 3(2), 195. https://doi.org/10.31258/jes.3.2.p.195-204

Priyanda, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Cai Dengan Tipe Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 9 Medan. Jurnal Dimensi Matematika, 2(1). Diambil dari https://www.ejurnalunsam.id/index.php/JDM/article/view/1846/1365

Rais Shabri Yenita Roza, S. (2018). Interactive Computer-Based Learning Media for Teaching Transformation Topic at Mathematics Class of Senior High School. Proceeding of The 1st UR International Conference on Educational Sciences, 41–46. Riau.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Rusmana, I. M. (2012). Efektifitas Penggunaan Media ICT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.102

Sadiman, A. S., Raharjo, R., & Haryono, A. (2014). Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya (Cet.17). Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Sanjaya, W. (2011). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syamsurijal, Mulyadi, Syahrul, Mappaloteng, M., & Dirawan, G. D. (2016). Developing Computer Assisted Learning Media for Environment Education in Adiwiyata Elementary School. International Journal of Applied Environmental Sciences (IJAES), 11(4), 1055–1065.

Warsita, B. (2018). Teori Belajar Robert M. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, 12(1), 64. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i1.9006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter