Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM): Studi Quasi Eksperimen di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci

Morri Manik, Sehatta Saragih, Zulkarnain Zulkarnain

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1)  mengetahui  perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBM dengan pembelajaran konvensional; 2) mengetahui interaksi antara model  PBM dengan level kemampuan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; 3) mengetahui  perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model  PBM dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari level tinggi, sedang, dan rendah; dan 4) mengetahui  perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model  PBM ditinjau dari level tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Quasi Experimen Design pretest-post-test control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan komunikasi matematis (KKM) dengan analisis data digunakan yaitu uji-t, uji anova dua arah dan uji anova satu arah. Hasil analisis data menunjukkan : 1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model  PBM dengan pembelajaran konvensional; 2) terdapat interaksi antara model PBM dengan level kemampuan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; 3) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model  PBM dengan pembelajaran konvensional pada kemampuan level tinggi, sedang, dan rendah; dan 4) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis menggunakan model  PBM ditinjau dari level tinggi, sedang, dan rendah.

Full Text:

PDF

References


A. Jaya, S. B. Waluyo, B. S. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Semarang. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 410–415). Semarang: Jurusan Matematika, Universitas Negeri Semarang.

Adityawarman Hidayat. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 1 Rumbio Jaya. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 23–40.

Anugrah Mulia Tampubolon. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas X MAN 4 Martubung Medan. AXIOM, 7 (1), 1–9.

Asria Hirda Yanti. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2 (2), 118–129.

Bagus Santoso. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Kelas V Sd N 1 Kedungwinangun Tahun Ajaran 2015/2016. Kalam Cendekia, 4 (6. 1), 713–718.

Buhaerah. (2011). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah, 2 (2).

Christa Voni Roulina Sinaga, Bornok Sinaga, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 1 Gunung Malela. Paradikma, 10 (1), 11–31.

Esti Rahyu, S. F. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 1 (2), 147–152.

Fatia Fatimah. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Statistika Elementer Melalui Problem Based-Learning. Cakrawala Pendidikan, 31 (2), 267–277.

I. W. Sudiyasa. (2014). Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 157–160). Bandung: Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung.

In Hi Abdullah dan Joko Suratno. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 20 (2), 112–115.

Intan Fauziah, Samsul Maarif, T. R. P. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Regulated Learning Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Analisa, 4 (2), 90–98.

Lisna Siti Permana Sari, M. R. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mushorafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (3), 143–150.

Mikrayanti, Nur Baeti, I. W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 19–27.

Nur Izzati Abdullaha, Rohani Ahmad Tarmizia, R. A. (2010). The Effects of Problem Based Learning on Mathematics Performance and Affective Attributes in Learning Statistics at Form Four Secondary Level. In International Conference on Mathematics Education Research 2010 (pp. 370–376).

Oktaviana Nirmala Purba. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Matematics Paedagogic, 1 (1), 19–28.

Paul A. Kirschner, J. S. &Richard E. C. (2006). Why Minimal Guidance During Instruction Does Not Work: An Analysis of the Failure of Constructivist, Discovery, Problem-Based, Experiential, and Inquiry-Based Teaching. Journal Educational Psychologist, 41 (2), 75–86.

Rois Mahfud Setiawan, S. P. M. (2019). Experimentation the Influence of Problem-Based Learning Model on Critical Thinking Ability and Understanding the Mathematical Concept of Class VII MTs. Mathematics Education Journals, 3 (1), 1–8.

Sukanto Sukandar Madio. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa Smp Dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (2), 93–108.

Verra Novia Wardani, S. P. M. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 1 (2), 34–40.

Zulfa, W. R. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Bangkinang Dalam Menyelesaikan Soal PISA 2015. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 118–127. https://doi. org/http://doi. org/10. 31004/cendekia. v2i2. 56




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i1.8957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter