Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Self Confidence Siswa Madrasah Aliyah Kampar
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Febrinal, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Contextual Teaching Learning (CTL) di Kelas VIII SMP 44 Sijunjung. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 1(2), 181–192. http://dx.doi.org/10.34125/kp.v1i2.10
Handayani, I. (2018). Pengaruh Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, 1(2), 24–32.
Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Zanafa Publishing.
Hendriana, H., Eti Rohaeti, E., & Soemarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (1 ed.). Refika Aditama.
Istarani, I., & Ridwan, M. (2015). 50 Tipe,Strategi dan Teknik Pembelajaran Kooperatif. Media Persada.
Koriyah, V. nur, & Harta, I. (2015). Pengaruh Open-Ended terhadap Prestasi Belajar, Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–105. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9113
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Media Persada.
Lutfianannisak, & Sholihah, U. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Komposisi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. JTM : Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.1.1-8
Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence | PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. PRISMA : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 704–709. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29241
Nurjannah, Fitriani, & Nani. (2013). Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Melalui Lesson Study Berbasis MGMP Jalancagak. JPMIPA : Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 9–15. http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v18i1.206
Permendikbud. (2016). Permendikbud No 21 Tahun 2016 (KI KD Khusus Matematika). https://erikvalentinomath.wordpress.com/2017/04/21/permendikbud-no-24-tahun-2006-ki-kd-khusus-matematika/
Rahmi, A., & Rahmi, D. (2015). Pengaruh Penerapan Model Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 28–34. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1333
Satriawati, G. (2016). Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Algoritma : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1).
Siddik, A., Ramlah, & Utami, M. R. (2017). Hubungan Antara Self-Confidence dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 222–226. https://docplayer.info/60360937-Hubungan-antara-self-confidence-dengan-kemampuan-komunikasi-matematis-siswa-smp.html
Ulyati, N. (2003). Hubungan Antara Kecemasan Dan Kepercayaan Diri Dengan Motivasi Untuk Sembuh Pada Penderita Kanker Di RSUD Dr. Soetomo Surabaya (2 ed.). Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. https://onesearch.id/Record/IOS4933.JATIM000000000026583
Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.p1-9
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i1.8796
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: