Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Self Confidence Siswa Madrasah Aliyah Kampar

Nur Fadillah, Depi Fitraini

Abstract


Matematis siswa yang belajar dengan kontribusi Terbuka-berakhir dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, untuk belajar tentang kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki Keyakinan Diri tinggi, sedang, rendah, dan sesuai untuk membantu perubahan. Belajar dalam Pembelajaran dengan Keyakinan Diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimental Faktorial . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil MAS Anshor Al-Sunnah tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknikCluster Random Sampling terpilih kelas XB 1 sebagai kelas eksperimen dan XB 2 sebagai kelas kontrol. Teknik mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes, dan nontes. Instrumen Data pengumpulan Yang digunakan Adalah lembar soal pretest Dan postest kemampuan communication matematis, angket Kepercayaan Diri Dan lembar pengamatan AKTIVITAS Guru dan Siswa. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Berbasis kompetensi komunikasi matematis antara siswa yang mengambil pembelajaran menggunakan Open-endeddengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; 2) Memiliki perbedaan kemampuan komunikasi antara siswa yang memiliki Percaya Diri tinggi, sedang, dan rendah; 3) Tidak perlu interaksi antara penerapan disarankan dalam pembelajaran dengan Keyakinan Diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Febrinal, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Contextual Teaching Learning (CTL) di Kelas VIII SMP 44 Sijunjung. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 1(2), 181–192. http://dx.doi.org/10.34125/kp.v1i2.10

Handayani, I. (2018). Pengaruh Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, 1(2), 24–32.

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Zanafa Publishing.

Hendriana, H., Eti Rohaeti, E., & Soemarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (1 ed.). Refika Aditama.

Istarani, I., & Ridwan, M. (2015). 50 Tipe,Strategi dan Teknik Pembelajaran Kooperatif. Media Persada.

Koriyah, V. nur, & Harta, I. (2015). Pengaruh Open-Ended terhadap Prestasi Belajar, Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–105. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9113

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Media Persada.

Lutfianannisak, & Sholihah, U. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Komposisi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. JTM : Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.1.1-8

Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence | PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. PRISMA : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 704–709. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29241

Nurjannah, Fitriani, & Nani. (2013). Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Melalui Lesson Study Berbasis MGMP Jalancagak. JPMIPA : Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 9–15. http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v18i1.206

Permendikbud. (2016). Permendikbud No 21 Tahun 2016 (KI KD Khusus Matematika). https://erikvalentinomath.wordpress.com/2017/04/21/permendikbud-no-24-tahun-2006-ki-kd-khusus-matematika/

Rahmi, A., & Rahmi, D. (2015). Pengaruh Penerapan Model Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 28–34. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1333

Satriawati, G. (2016). Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Algoritma : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1).

Siddik, A., Ramlah, & Utami, M. R. (2017). Hubungan Antara Self-Confidence dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 222–226. https://docplayer.info/60360937-Hubungan-antara-self-confidence-dengan-kemampuan-komunikasi-matematis-siswa-smp.html

Ulyati, N. (2003). Hubungan Antara Kecemasan Dan Kepercayaan Diri Dengan Motivasi Untuk Sembuh Pada Penderita Kanker Di RSUD Dr. Soetomo Surabaya (2 ed.). Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. https://onesearch.id/Record/IOS4933.JATIM000000000026583

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.p1-9




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i1.8796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter